Tips

5 Hal Kecil Yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Stress Bekerja

5 Hal Kecil Yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Stress Bekerja – Bekerja memang melelahkan namun apabila tidak melakukannya tentu kebutuhan hidup tak akan tercukupi. Setiap pekerjaan memang memiliki resikonya masing – masing dan anda tentu tak bisa menghindarinya terus menerus. Terkadang pekerjaan tersebut malah semakin banyak dan menumpuk dari hari ke hari. Tidak hanya menguras tenaga namun juga pikiran anda sehingga tak heran banyak pula yang mengalami stress.

Hal seperti ini memang wajar dialami pekerja kantoran di masa serba teknologi saat ini. Semua pekerjaan dituntut untuk cepat selesai sehingga memforsir diri sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Factor bosan dan konflik dengan atasan atau teman kerja juga ikut menjadi salah satu penyebab stress di kantor. Apapun penyebabnya anda sebenarnya mampu menghilangkan stress dengan hal – hal kecil berikut ini:

  • Olahraga Ringan

Hal kecil pertama yang bisa membantu mengurangi stress anda ialah dengan melakukan olahraga kecil. Anda tidak perlu pergi ke gym untuk berolahraga. Bila anda biasa duduk di depan computer dalam waktu yang lama bisa juga dengan melakukan peregangan tangan. Atur nafas anda dengan menghela nafas panjang. Anda juga bisa berjogging di sekitar area kantor atau naik turun tangga agar badan anda tidak kaku dan mudal pegal.

  • Mendengarkan Music

Apabila berolahraga terasa berat bisa anda gantikan dengan mendengarkan music. Anda bisa mendengarkan lagu – lagu bertema beat untuk memicu semangat anda bekerja. Anda bisa mendengarkan lewat headset dari playlist lagu di computer maupun handphone anda namun anda harus ingat untuk tidak mensetting volumenya terlalu kencang.

  • Menonton Video

Bagi yang gemar sekali menonton film bisa juga menonton video singkat yang lucu atau menginspirasi. Anda bisa menemukan puluhan bahkan ratusan video kocak di jejaring berbagi video youtube. Tertawa sangat ampuh untuk mengubah mood yang semula buruk menjadi baik kembali. Dengan tertawa anda bisa memberikan kebahagian kecil ditengah masalah yang kini sedang dihadapi.

  • Beribadah

Kegiatan lain yang bisa mengurangi stress anda ialah dengan beribadah. Anda bisa melakukan sholat bagi pemeluk agama islam atau membaca injil untuk pemeluk agama Kristen maupun katolik. Banyak berdoa akan membuat anda sadar akan kenikmatan yang telah diberikan. Hal ini juga dapat mengajarkan anda untuk lebih banyak bersyukur.

  • Tidur atau Makan

Bila di kantor anda terdapat ruangan bersantai untuk karyawan jangan sampai anda melewatkan istirahat siang walau hanya untuk 30 menit saja. Tidur di siang hari diketahui sangat efektif untuk menyegarkan tubuh dan pikiran bahkan sama dengan tidur beberapa jam di malam hari. Anda juga bisa makan makanan yang anda sukai saat sedang stress asal tidak berlebihan. Cobalah untuk makan satu es krim atau sebatang coklat saat anda merasa sangat stress untuk menenangkan pikiran.

Mudah dan banyak cara bukan untuk mengurangi stress di kantor anda? Selain tindakan kecil di atas anda juga bisa membaca buku atau artikel online untuk menambah wawasan dan menyenangkan diri. Mengambil cuti sebentar untuk berekreasi bersama teman atau keluarga juga sangat berguna mengusir segala penat yang ada di hati.  Jaga pula pola makan dan perbaiki gaya hidup anda menjadi lebih sehat. Apa yang anda konsumsi juga berpengaruh dalam bagaimana anda beraktivitas dan pola piker.  Tak ada salahnya pula bila anda bercerita kepada teman sejawat atas masalah yang sedang dihadapi agar anda dapat menerima saran ataupun solusi atas masalah yang dihadapi.

 

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: