Peluang Usaha

5 Pertanyaan yang Harus Anda Jawab Sebelum Menjalankan Bisnis Berdasarkan Hobi

bisnis-hobi

Menjalankan bisnis berdasarkan hobi yang kita jalani memang akan sangat menyenangkan. Ini karena bisnis yang dijalankan berdasarkan hobi atau kegemaran akan memunculkan gairah dan semangat tersendiri. Gairah dan semangat dalam dunia entrepreneur sendiri disebut dengan passion. Ketika bisnis dijalankan dengan passion dan penuh semangat maka hasilnya akan lebih maksimal. Tapi supaya bisnis berdasarkan hobi ini benar-benar sukses dijalankan maka Anda perlu melakukan tahap-tahap sebelum memulainya. Sebab memulai usaha apapun termasuk bisnis berdasarkan hobi akan lebih mantap bila direncanakan dengan langkah-langkah yang tepat. Dalam tahapan dan langkah memulai bisnis berdasarkan hobi  sendiri ada beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab dengan baik. Berikut ulasannya.

  1. Apa Saja Hobi Anda Saat Ini?

Pertanyaan pertama yang perlu Anda jawab ketika akan menjalankan bisnis berdasarkan hobi adalah apa saja hobi Anda? Tentu saja ini adalah pertanyaan mendasar yang memang wajib dijawab oleh siapa pun yang akan menjalankan bisnis berdasarkan hobi. Akan sangat tidak masuk akal bila kemudian Anda tidak memiliki hobi apapun lalu kemudian menjalankan jenis bisnis ini. Jadi pastikan Anda memiliki hobi dan mendaftar beberapa hobi jika ada beberapa hal yang Anda gemari. Tulis saja pada sebuah kertas apa saja hobi yang Anda gemari tersebut.

  1. Apa Hobi yang Paling Menjual?

Setelah menulis dan mendaftar hobi yang dimiliki, pertanyaan selanjutnya yang harus Anda jawab adalah apa hobi yang paling menjual dari diri Anda? Nah dari sekian hobi atau kegemaran yang Anda miliki, Anda memang harus memilih satu untuk kemudian dijadikan bisnis. Karena dalam bisnis ini Anda mencari keuntungan maka Anda harus memilih satu hobi yang benar-benar menjual ketika dihadirkan di masyarakat. Lalu seperti apakah hobi yang paling menjual tersebut? Hobi yang paling menjual adalah hobi yang memiliki pasar yang besar dan peminat yang banyak. Telusuri saja satu per-satu bisnis yang telah Anda tulis tadi dan lakukan riset serta temukan manakah bisnis yang paling bisa menguntungkan bila dijual.

  1. Apakah Ide Bisnis Anda?

Sudah punya satu hobi yang Anda anggap paling menjual? Nah bila sudah Anda harus berlanjut ke pertanyaan berikutnya yaitu apakah ide bisnis Anda. Hobi yang Anda pilih memang harus Anda eksekusi menjadi bisnis. Mungkin saat mengubah hobi menjadi bisnis ini Anda akan menemukan banyak pilihan. Nah dari sinilah Anda sebelumnya harus merancang ide bisnis terbaik agar bila kemudian dijual ke masyarakat akan lebih menguntungkan. Untuk menemukan ide bisnis yang paling menguntungkan ini maka Anda tidak bisa berdiam diri. Anda harus meng-eksplore dan melakukan riset pada hal-hal di sekitar Anda. Bila belum maksimal, lakukan eksplorasi di dunia maya untuk mendapatkan ide terbaik untuk bisnis berdasarkan hobi Anda tersebut.

  1. Apakah Orang Lain Tertarik?

Selanjutnya, pertanyaan yang perlu Anda jawab sebelum menjalankan bisnis berdasarkan hobi adalah apakah orang lain tertarik? Percuma saja bila Anda menganggap ide bisnis hobi ini brilian tapi ternyata tidak ada yang meminatinya. Maka dari itu setelah mendapatkan ide bisnis yang diyakini, Anda harus mencari tahu peminatan dari orang lain atau publik. Bagaimana caranya? Anda bisa melakukan tester atau juga melakukan semacam riset tertentu. Bila memang ada banyak orang lain yang tertarik maka Anda bisa menjalankan bisnis tersebut. Tapi bila hasil tester atau riset tersebut menunjukkan hasil ketertarikan yang sedikit maka lebih baik Anda mencari ide bisnis hobi lainnya.

  1. Apakah Anda Yakin dengan Bisnis Anda?

Terakhir, pernyataan yang harus Anda jawab ketika akan menjalankan bisnis berdasarkan hobi yaitu apakah Anda yakin dengan bisnis tersebut? Untuk meraih pencapaian yang gemilang dalam berbisnis memang dibutuhkan kepercayaan diri dan keyakinan yang besar dalam diri. Logikanya, bagaimana mungkin bisnis akan berhasil bila yang menjalankannya sendiri tidak yakin. Maka dari itu keyakinan ini adalah sesuatu yang sangat diperlukan bagi Anda yang akan menjalankan bisnis apapun, termasuk bisnis berdasarkan hobi. Jika memang Anda telah menjawab beberapa pertanyaan sebelumnya dengan baik, seharusnya Anda sudah memiliki keyakinan yang cukup besar untuk menjalankan bisnis berdasarkan hobi tersebut.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top