Lainnya

6 Keputusan Terbaik yang Bisa Kamu Lakukan di Usia 20-an

keputusan-terbaik-usia-20-an

Usia 20-an merupakan sebuah periode perjalanan manusia yang penting untuk mempersiapkan diri untuk membangun kesuksesan. Tapi sayangnya tidak semua orang yang menyadari hal ini untuk kemudian mempersiapkan dirinya di usia muda tersebut. Beberapa kalangan kaum muda bahkan menganggap usia 20-an sebagai ajang untuk bersenang-senang. Tentu anggapan seperti ini tidaklah benar, sebab di usia ini sebenarnya ada banyak hal penting yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri menjemput kesuksesan. Bahkan di usia 20-an ini Anda dituntut untuk bisa mengambil beberapa keputusan terbaik yang nantinya akan membantu Anda untuk lebih mudah meraih sukses dikemudian hari. Nah berikut ini adalah beberapa keputusan terbaik yang seharusnya Anda lakukan saat usia 20-an.

  1. Hindari Hutang

Keputusan terbaik pertama yang perlu Anda ambil di usia 20-an adalah menghindari hutang. Untuk menjalankan hal ini Anda perlu mengawalinya dengan sikap menghindari konsumerisme. Sifat konsumerisme memang hal yang memicu seseorang untuk berhutang. Sebab dari sifat ini seseorang akan terus didorong membeli sesuatu atau berbelanja bahkan untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan. Dorongan besar untuk berbelanja ini pada akhirnya membuat dirinya berhutang bila uangnya sudah habis. Dari adanya hutang demi hutang yang ada tersebut bukan tidak mungkin mereka akan mendapati kesulitan untuk membangun masa depannya. Karena begitu buruknya dampak hutang, maka Anda yang ingin mempersiapkan kesuksesan di usia-20, wajib menghindari hutang sebisa mungkin.

  1. Coba Hal Baru

Berikutnya, keputusan yang tepat yang bisa Anda lakukan diusia 20 tahun-an adalah mencoba hal baru. Karena Anda masih muda, maka Anda punya kesempatan yang banyak untuk mencoba hal-hal baru. Ini adalah sebuah kesempatan yang mungkin tidak akan bisa Anda dapatkan saat sudah memasuki masa tua. Jadi dari sini selagi masih muda cobalah untuk menggunakan waktu yang banyak untuk mencoba melakukan beberapa hal baru agar semakin banyak pengalaman yang Anda dapatkan guna meraih impian di masa depan.

  1. Mulai Bisnis

Kebanyakan anak muda di usia 20-an menggunakan waktunya untuk mencari kerja. Keadaan ini sebenarnya tidak ada salahnya bila tidak ditetapkan sebagai tujuan utama. Sebab bila Anda berpikir hanya untuk bekerja pada orang lain, tentu hal ini akan membuat Anda menutup diri untuk mencapai pencapaian yang lebih besar lagi. Seharusnya Anda juga harus memikirkan bagaimana sesegera mungkin untuk memulai bisnis. Sebab dengan segera memulai bisnis di usia muda maka Anda akan bisa segera membuka peluang untuk meraih tujuan dan impian yang lebih besar lagi.

  1. Ambil peluang yang Datang

Ada yang bilang bahwa kesempatan atau peluang itu bisa jadi tidak akan datang untuk kedua atau ketiga kalinya. Maka dari itu bila Anda masih muda di usia 20 tahun-an jangan sampai membuang-buang kesempatan yang datang. Bila ada peluang datang kepada Anda, pastikan Anda langsung mengambilnya. Jangan sampai melewatkan peluang tersebut yang bisa berujung penyesalan di akhir nanti. Peluang yang ada sendiri bisa jadi belum terlihat langsung hasilnya. Namun dengan mengambil peluang tersebut, hasil besarnya akan Anda peroleh di masa depan.

  1. Investasi

Dengan uang yang Anda miliki jangan hanya menggunakannya untuk jajan saja, tapi cobalah juga menggunakanya untuk investasi. Kegiatan investasi ini memang harus dilakukan sedini mungkin meski dimulai dari usia 20 tahun-an. Walaupun dengan dana yang tidak terlalu besar, investasi yang Anda lakukan di usia belia ini bisa menjadi modal dasar untuk membuat kehidupan lebih baik di masa depan. Mulailah dengan investasi yang mudah dan membutuhkan dana kecil untuk seusia Anda. Setelah dana berkembang, Anda bisa mengembangkan investasi ke jenis lainnya yang lebih besar dan menguntungkan.

  1. Pelajari Kesalahan Orangtua

Terakhir, keputusan terbaik yang dapat Anda lakukan di usia 20 tahun-an yakni mempelajari kesalahan orangtua. Pengalaman memang menjadi hal yang berharga bagi siapa pun yang mau belajar darinya. Untuk bisa mendapatkan pengalaman orang lain ini maka Anda harus belajar pada kehidupan orangtua. Dalam kehidupan orangtua memang Anda bisa mendapatkan hal-hal berharga. Pelajaran berharga tersebut dapat Anda peroleh dengan mempelajari kesalahan orangtua. Jadi ambil sesuatu yang baik dari mereka dan jangan lakukan kesalahan yang pernah dibuatnya. Dari sini maka Anda pun akan bisa menghadirkan masa depan yang lebih baik.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top