Tips

Anda Rindu Keluarga di Kampung Halaman? Coba 5 Jurus Jitu Mempersiapkan Mudik Lebaran yang Hemat Ini Saja!

Banyak orang lebih memilih mudik dengan menggunakan mobil pribadi untuk mengantarnya hingga ke tempat tujuan. Bahkan, kendaraan pribadi menjadi pilihan favorit sebagian warga terutama di DKI Jakarta. Hasil survei yang dilakukan oleh Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia pun menyatakan bahwa 40,4 persen warga Jakarta lebih berminat menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik. Namun, hal ini memang akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Jika Anda adalah salah satu orang yang lebih memilih mobil sebagai sarana transportasi untuk mudik tersebut, maka ada baiknya untuk memperhatikan beberapa jurus jitu mempersiapkan mudik lebaran agar lebih nyaman dan hemat tentunya. Berikut ulasan yang bisa Anda simak, sekaligus memanfaatkan langkah-langkahnya.

  1. Buatlah Rincian Biaya untuk Perjalanan Mudik Anda

Pertama, buatlah rincian biaya untuk perjalanan mudik Anda. Karena, mudik tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit bukan? Apalagi jika Anda akan berangkat dengan menggunakan jalur kendaraan pribadi, sebaiknya perhatikan dan atur rincian biaya agar keuangan Anda tetap terkontrol dengan aman. Salah satu alternatifnya, yaitu dengan menyisihkan uang sebesar 5 hingga 20 persen dari pendapatan Anda selama sebulan. Namun jika Anda akan berangkat bersama keluarga, maka Anda bisa meminimalisir anggaran tersebut dengan merencanakan kira-kira berapa orang keluarga yang akan ikut serta. Selain itu, Anda juga bisa mengaturnya dengan memesan kendaraan yang murah tapi cukup untuk Anda sekeluarga. Anda pun perlu merencanakan hal lainnya seperti biaya makan, uang tip, biaya transportasi lain dan masih banyak lagi. Dengan melakukan langkah ini, maka keuangan pun akan terkelola dengan aman sejahtera.

  1. Memilih Waktu Mudik yang Tepat

Selanjutnya, agar bisa lebih menghemat lagi pengeluaran maka pilihlah waktu mudik yang tepat. Memang, memilih waktu yang tepat untuk perjalanan mudik akan sangat membantu Anda untuk menghemat biaya dan tenaga lho. Oleh karena itu, pilih estimasi waktu yang tepat dan hindari mudik di hari ke 3 hingga hari ke 1 lebaran.

  1. Persiapkanlah Kendaraan dan Kondisi Fisik yang Prima

Jika hendak menggunakan kendaraan berupa mobil pribadi saat mudik, sebaiknya Anda harus dalam kondisi yang prima. Sebelum melakukan perjalanan mudik dan meminimalisir mogok atau masalah apapun di perjalanan, maka Anda juga harus melakukan servis terlebih dahulu. Jangan sampai performa mesin kendaraan mobil yang Anda tumpangi turun, sehingga konsumsi bahan bakar pun jadi lebih tinggi. Apalagi, kalau kendaraan tersebut malah mogok diperjalanan. Otomatis, uang yang harus dikeluarkan bisa lebih membengkak lagi. Namun tidak usah khawatir, jika memang hal tersebut adalah bencana yang bisa saja terjadi pada Anda. Maka Anda bisa cari solusinya, yaitu dengan memanfaatkan promo service mobil yang biasa diberikan oleh beberapa bengkel tertentu dalam menyambut lebaran. Salah satunya pemilik mobil KIA, di sini Anda bisa memanfaatkan penawaran menarik bagi yang ingin melakukan service mobil menjelang lebaran.

  1. Lihat Situasi Jalur Mudik Terkini dan Pilih Rute Tercepat

Tidak hanya satu rute yang bisa ditempuh untuk mencapai satu wilayah, namun ada beberapa rute lainnya yang bisa dilalui. Sebelum Anda berangkat, sebaiknya buka aplikasi peta di ponsel untuk menentukan rute tercepat dan menghindari rute yang macet. Apabila Anda salah memilih rute tersebut, maka perjalanan Anda akan terjebak macet parah dan ini menyebabkan konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Daripada Anda terus berada di jalur yang macet seperti ini, sebaiknya ambil jalur memutar saja. Sebab, bisa jadi dengan jalur memutar akan lebih cepat sampai dibandingkan jalur yang lurus tapi macet.

  1. Gunakan Kartu Kredit untuk Menghemat Bahan Bakar

Selain meminimalisir pemborosan bahan bakar karena kemacetan, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar yaitu menggunakan kartu kredit. Ada beberapa kartu kredit yang memberikan penawaran hemat pengisian bahan bakar, tapi harus dilakukan di SPBU yang sudah bekerjasama dengan kartu kredit tersebut. Jika menggunakan beberapa kartu kredit untuk mengisi BBM, berdasarkan rata-rata Anda bisa menghemat hingga sebesar Rp. 4,2 juta per-tahunnya. Salah satunya adalah Danamon yang memberikan 5 persen cashback untuk setiap pembelian bensin yaitu setiap 5 kali pengisian retail dalam sebulan dengan total transaksi minimal Rp. 100 ribu. Dengan memanfaatkannya, tentu Anda akan bisa lebih menghemat pengeluaran bukan?

Itu dia 5 jurus jitu mempersiapkan mudik lebaran yang hemat. Kelima tips di atas, tentu bisa Anda terapkan dengan mudah guna untuk merencanakan mudik bersama keluarga di tahun ini. Selamat mencoba!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top