Keuangan

4 Hal yang Perlu Anda Cermati Sebelum Menggunakan Kartu Kredit untuk Modal Usaha

kartu kredit

kartu kredit/https://awardwallet.com/

Untuk berbisnis pastinya Anda akan membutuhkan modal. Apalagi bila Anda merencanakan membangun bisnis dalam skala besar, maka akan semakin banyak pula modal yang dibutuhkan. Dari sinilah tak jarang para pengusaha yang kemudian mencari jalan bagaimana untuk mendapatkan modal untuk usaha tersebut. Selain meminjam dari lembaga keuangan, cara lain yang juga sering dilakukan para pengusaha untuk memperoleh modal yaitu menggunakan kartu kredit. Bila Anda salah seorang yang sedang merencanakan penggunaan kartu kredit untuk modal usaha, maka Anda perlu berhati-hati dan cermat. Mengapa? Sebab penggunaan kartu kredit ini memang memiliki bunga yang terbilang tinggi dan juga risiko bila Anda gagal melunasinya. Maka dari itu untuk menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha, Anda perlu mencermati hal-hal yang penting berikut ini.

  1. Ketahui Risiko Mengalami Gagal Bayar

Hal pertama yang perlu Anda cermati saat akan menggunakan kartu kredit untuk modal usaha adalah dengan mengetahui risiko mengalami gagal bayar. Sesuai namanya maka kartu kredit ini sejatinya adalah hutang yang perlu Anda lunasi tepat waktu. Bila Anda gagal melunasi atau tidak tepat waktu membayar hutang maka ada bunga yang tinggi dari kartu kredit yang akan membebani keuangan Anda. Sementara itu bicara bisnis maka kepastiannya tidak bisa dijamin. Dari sinilah maka Anda yang akan merencanakan untuk menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha perlu memperhitungkan dengan baik. Pastikan Anda untuk bisa membayarnya tepat waktu untuk menghindari bunga tinggi yang bisa semakin membebani keuangan Anda.

  1. Kenali Potensi Memperburuk Kondisi Keuangan

Sebelum menggunakan kartu kredit untuk kepentingan modal usaha, cobalah lihat dulu kondisi keuangan pribadi Anda. Apakah keadaan keuangan pribadi Anda sudah sehat atau malah belum. Bila Anda merasa bahwa keuangan pribadi Anda kurang baik, maka lebih baik Anda menghindari dulu penggunaan kartu kredit. Ini disebabkan bila Anda menggunakannya maka beban atau hutang dari kartu kredit yang harus ditanggung dapat membuat kondisi keuangan Anda semakin buruk. Kondisi seperti ini terjadi karena adanya rasio hutang Anda yang begitu besar dan bahkan melampaui batas kemampuan keuangan Anda. Jadi cobalah menahan diri untuk tidak menggunakan kartu kredit untuk keperluan apapun, termasuk modal usaha, bila memang keadaan keuangan pribadi Anda sedang tidak  baik.

  1. Salah Mengartikan dan Memanfaatkan Kartu Kredit

Berikutnya, hal yang perlu Anda cemarti dan perhatikan saat akan menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha adalah tidak salah memanfaatkannya. Seperti yang dinyatakan sebelumnya bahwa kartu kredit ini bukanlah sebuah dana yang bersifat tabungan, tapi merupakan fasilitas hutang. Dari sinilah maka memang banyak orang yang salah mengartikan kartu kredit yang dianggapnya adalah dana pribadi. Tentu saat Anda membelanjakannya, Anda tidak merasakan beban. Tapi karena ini adalah hutang, maka saat akan jatuh tempo, akan muncul tagihan untuk Anda agar melunasinya. Dari sini maka fasilitas kartu kredit ini memang harus dimanfaatkan untuk sesuatu yang tepat. Penggunaan kartu kredit untuk modal usaha ini memang tidak ada salahnya bila memang pemanfaatannya tepat dan bisa membuat bisnis cepat kembali modal sehingga Anda mampu melunasinya tepat waktu.

  1. Sistem Tak Sesuai dengan Bisnis yang Dirintis

Terakhir, hal yang perlu Anda cermati dan perhatikan sebelum menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha adalah mengetahui sistem yang dirintis bisnis. Sebenarnya pada beberapa kartu kredit, Anda bisa terbebas dari bunga bila mampu melunasi tagihan sebelum jatuh tempo. Nah dari sinilah maka bila Anda bisa melunasi tagihan secara displin, maka ada keuntungan yang bisa didapatkan. Tapi bila Anda merasa bisnis Anda tidak menjamin bisa mendapatkan keuntungan untuk balik modal, maka itu artinya sistem bisnis Anda tidak sesuai. Untuk bisa membuat keuangan tetap sehat meski berhutang dengan kartu kredit, Anda memang harus bisa memastikan sistem bisnis yang sesuai dengan kartu kredit. Sebab, bila Anda tidak bisa memastikan sistem bisnis yang mampu mengakomodir kewajiban melunasi tagihan kartu kredit maka Anda akan mendapati beban bunga yang tinggi dan dapat menggoyahkan keuangan bisnis Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: