Keuangan

Wajarkah Penggunaan Kartu Kredit Anda? Ketahui dari 4 Tanda Ini

kartu-kredit

kartu kredit/https://awardwallet.com/

Sebagai salah satu metode pembayaran, kartu kredit seringkali menjadi sesuatu yang menarik untuk dimiliki. Selain adanya kemudahan pembayaran dikemudian hari, adanya beragam promo atau reward menjadikan kartu kredit memiliki daya tarik tersendiri. Dari sinilah maka kartu kredit ini bisa menghadirkan keuntungan bagi yang memilikinya bila bijak dalam penggunaannya. Sayangnya tidak semua orang bisa menggunakan kartu kredit ini dengan bijaksana sehingga membuat keuangan mereka menjadi kacau balau. Salah satu penyebab kacaunya keuangan dari penggunaan kartu kredit ini tentu dikarenakan pemakaiannya yang tidak wajar. Nah berikut ini adalah beberapa tanda wajar dan tidaknya penggunaan kartu kredit Anda.

  1. Belanja untuk Kebutuhan atau Hilangkan Kesedihan?

Tanda pertama wajar tidaknya penggunaan kartu kredit Anda bisa diketahui dari apakah Anda berbelanja untuk kebutuhan atau untuk hilangkan kesedihan. Tak jarang memang orang-orang yang memiliki mental belanja untuk menghilangkan kesedihan. Dan bila hal ini Anda lakukan, tentu ada muncul akibat buruk dari penggunaan kartu kredit tersebut. Sebab, penggunaan kartu kredit untuk menghilangkan kesedihan dapat membuat Anda terjebak dalam kegiatan belanja yang tak karuan atau berlebihan. Bila hal ini memang terjadi, Anda harus bersiap dengan tagihan kartu kredit yang besar bahkan melebihi limit. Saat tagihan kartu kredit Anda sudah sangat besar atau melebihi limit, maka hal ini akan membuat finansial Anda jadi terguncang.

  1. Menggunakan untuk Kebutuhan Tertentu atau untuk Semua Barang?

Apakah Anda menggunakan kartu kredit ini untuk membeli kebutuhan tertentu atau semua kebutuhan? Dengan adanya bunga yang ada pada kartu kredit, tentu Anda harus bisa lebih bijak dalam penggunaannya. Semakin banyak barang yang Anda beli dengan kartu kredit maka akan semakin besar bunga yang harus Anda tanggung. Dari sini maka bila hal tersebut terjadi, jelas tagihan bulanan kartu kredit Anda akan menjadi sangat besar. Lalu bagaimana seharusnya penggunaan kartu kredit yang wajar? Penggunaan kartu kredit yang wajar tentu yang digunakan untuk pembelian barang tertentu saja. Dengan menggunakan kartu kredit hanya untuk keperluan pembelian barang tertentu saja, maka Anda tidak akan terjebak pada tagihan bulanan yang besar.

  1. Ingat atau Lupa Barang yang Telah Dibeli?

Berikutnya, tanda wajar tidaknya penggunaan kartu kredit Anda bisa dilihat dari ingat-tidaknya Anda terhadap barang-barang yang telah dibeli. Jika Anda selama ini selalu lupa pada barang-barang yang Ada beli menggunakan kartu kredit, maka biasanya akan membuat tagihannya membengkak di akhir bulan. Sebab, seseorang yang lupa pada apa-apa yang telah dibelanjakan biasanya dikarenakan banyaknya barang yang telah dibeli. Penyebab lain yang seseorang yang lupa adalah ketidakpeduliannya pada apa-apa yang telah dibelanjakan. Ketidakpedulian seseorang ini tentu bisa berakibat pada hal yang sama buruknya dengan orang yang lupa karena banyaknya barang yang dibeli.

  1. Mamakai Kartu Kredit untuk Keperluan atau Hanya untuk Mengejar Reward?

Terakhir, tanda wajar-tidaknya penggunaan kartu kredit Anda adalah apakah Anda menggunakannya untuk belanja kebutuhan atau hanya untuk mengejar reward. Dalam pemakaian kartu kredit ini memang bisa dijumpai beberapa reward seperti poin bonus dan hadiah. Nah dari sinilah kemudian orang yang tertarik menggunakan kartu kredit ini untuk berburu reward. Sayangnya saat mereka menggunakan kartu kredit untuk berburu reward, mereka kemudian menjadi tak terkendali dalam berbelanja. Dari sinilah kemudian didapati tagihan besar karena besarnya belanjaan yang dilakukan. Meski Anda membeli barang-barang yang ada reward-nya, tapi bila kegiatan belanja tersebut tidak terkendali, tentu hal ini juga akan berakibat pada hal yang buruk untuk finansial Anda.

Itulah beberapa tanda mengenai wajar-tidaknya penggunaan kartu kredit yang Anda lakukan. Bila Anda mendapati penggunaan kartu kredit yang tidak wajar dari tanda-tanda di atas maka Anda harus sesegera mungkin mengubahnya agar keuangan Anda tidak berantakan. Penggunaan kartu kredit yang sedianya membantu Anda dalam pengelolaan keuangan memang bisa optimal bila Anda menggunakannya secara wajar atau tidak berlebihan. Jadi jangan sampai lupa pada hal ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top