Keuangan

Berhemat Agar Untung Tapi Malah Buntung, Ini Wujud Kesalahannya

Ada beragam cara yang sering ditawarkan oleh penjual guna untuk memikat para konsumen. Salah satu caranya dengan menggulirkan program promo atau diskon gila-gilaan. Jika Anda sedang berbelanja dan menemukan program yang menawarkan harga lebih murah atau diskon besar, sebaiknya Anda jangan terburu-buru menyikapi hal tersebut. Karena, jika Anda terburu-buru maka bisa saja Anda akan menjadi tidak cermat dalam menggunakan uang. Bukannya berhemat, tapi justru mengeluarkan uang yang lebih banyak. Berikut ini kami rangkum 7 cara berhemat yang Anda pikir bikin untung, tapi malah jadi buntung, simaklah penjelasannya berikut ini.

1. Membeli Barang yang Tidak Diperlukan Meskipun dengan Diskon Besar

Jika Anda pergi ke pusat perbelanjaan, pasti Anda mempunyai tujuan untuk membeli barang yang ada di tempat tersebut. Saat itulah banyak sekali vendor sebuah produk yang berusaha memikat pembeli dengan menawarkan diskon gila-gilaan. Dengan harga yang terbilang super miring, maka Anda bisa saja tertarik untuk membeli suatu barang yang bahkan tidak diperlukan. Jadi, ketika Anda hendak melewati banyak diskon di pusat perbelanjaan sebaiknya utamakan kebutuhan terlebih dahulu dari pada sebatas keiinginan.

2. Membeli Produk Semata-Mata Karena Murah

Harga memang menjadi penentu utama dalam membeli sebuah produk. Namun, bagaimana jika barang yang Anda beli tersebut mudah rusak meskipun harganya murah? Bisa jadi, Anda malah harus lebih sering membeli produk baru untuk mengganti barang yang sudah rusak tersebut. Untuk itu, ada baiknya Anda harus membeli barang berkualitas yang biasanya cenderung lebih mahal harganya dibandingkan dengan barang mudah rusak karena harganya yang murah. Dengan membeli barang yang berkualitas, maka secara tidak langsung Anda bisa menghemat uang karena membeli barang yang berkualitas dan tahan lama.

3. Menahan Pengeluaran yang Terlalu Ketat

Mengatur budget untuk keperluan sehari-hari memang perlu. Namun, jika Anda melakukannya terlalu ketat, hal ini justru akan membuat Anda berpotensi untuk berbelanja lebih besar di kemudian hari. Contohnya, menahan belanja untuk kebutuhan makanan sehari-hari. Melalui cara seperti ini, justru akan membuat Anda menjadi bosan dan tidak puas dengan makanan yang disajikan di rumah. Karena ke tidakpuasan tersebut, bisa saja Anda akan mencari makanan di luar sehingga membuat Anda menjadi boros. Oleh karena itu, berhematlah secara wajar dengan berbelanja sesuai kebutuhan.

4. Membeli Barang Sedikit-Sedikit

Membeli barang sedikit-sedikit tampaknya akan membuat pengeluaran lebih terjangkau. Misalnya, membeli satu buah tisu gulung kelihatannya lebih murah dibandingkan membeli satu lusin tisu gulung. Padahal, membeli barang dalam jumlah yang lebih banyak harganya akan lebih murah. Karena, secara tidak langsung Anda akan menghemat waktu dan menghemat bensin yang Anda keluarkan untuk pergi ke toko.

5. Mengabaikan Perawatan Secara Rutin

Beberapa barang membutuhkan perawatan secara rutin, agar dapat berfungsi dengan baik. Contohnya mobil, motor dan barang elektronik seperti AC. Jika Anda terus memakainnya tanpa memperhatikan perawatan secara rutin, maka kendaraan dan barang elektronik tersebut bisa mengalami kerusakan. Sehingga, untuk memperbaikinya Anda akan mengeluarkan uang perbaikan yang lebih besar. Oleh karena itu, jangan mengabaikan perawatan secara rutin terhadap kendaraan atau barang elektronik Anda. Pastikan untuk merawatnya secara rutin dan tepat waktu, buatlah sistem pengingat agar membantu waktu Anda. Dengan demikian, waktu yang Anda miliki juga terkelola dengan baik.

6. Menghindari Penggunaan Kartu Kredit

Tidak sedikit kaum muda menghindari kartu kredit, karena tidak percaya dan tidak ingin boros. Padahal, jika menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran dan tetap bisa membayarnya tepat waktu maka akan berpeluang mendapatkan poin dan hadiah yang sangat berguna baginya di kemudian hari.

7. Tidak Sadar Batas Akhir Promo

Ketika Anda berlangganan suatu produk dengan harga promo seperti internet, memang tidak ada salahnya menikmati layanan dengan harga promo tersebut. Namun, pastikan Anda tahu kapan promo tersebut akan berakhir. Pikirkan juga, apakah Anda akan meneruskan layanan tersebut atau malah akan beralih ke layanan yang lain. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari pengeluaran mendadak yang meningkat karena promo sudah berakhir.

Itulah 7 wujud kesalahan berhemat yang Anda pikir bikin untung, tapi malah jadi buntung. Semoga artikel ini bermanfaat.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: