StartUp dan UKM

Bisnis Kerajinan Tangan Anda Gitu-gitu Aja? Saatnya Kembangkan dengan 5 Tips Ini

tips-bisnis-kerajinan-tangan

Bisnis kerajinan tangan merupakan salah satu usaha yang banyak dijalankan masyarakat. Dengan modal yang tidak terlalu besar dan hasil lumayan maka bisnis kerajinan tangan tersebut menjadi daya tarik bagi banyak orang. Namun seperti dalam bisnis kebanyakan, bisnis kerajinan tangan juga memiliki hambatan dan rintangan tersendiri. Salah satu hambatan dan rintangan tersebut adalah stagnasi atau usaha yang tidak berkembang. Bila usaha atau bisnis kerajinan tangan ini mengalami stagnasi, pastinya Anda harus bersegera bergerak untuk menemukan jalan keluarnya. Nah berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk mengatasi bisnis kerajinan tangan yang tidak berkembang dan gitu-gitu saja.

  1. Selalu Utamakan Inovasi

Pertama, tips untuk menjadikan bisnis kerajinan tangan berkembang dan tidak stagnan adalah dengan selalu mengutamakan inovasi. Bisnis kerajinan tangan yang sejatinya adalah bisnis berbasis kreativitas membuat Anda seharusnya sudah paham dengan pentingnya inovasi. Sebab tanpa inovasi maka bisa dipastikan Anda tidak bisa melawan persaingan dan bahkan tidak dapat menghadirkan produk. Maka dari itu agar Anda tidak terlindas perubahan zaman hingga membuat bisnis stagnan dan mati, inovasi menjadi sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Bentuk inovasi dalam bisnis kerajinan tangan sendiri ada banyak macamnya. Sebut saja dengan menghadirkan inovasi konsep, bentuk, kemasan, fitur hingga pemasaran. Semakin menarik invovasi yang dihadirkan maka semakin besar peluang Anda untuk membuat bisnis kerajinan tangan semakin melejit pesat.

  1. Angkat Potensi Daerah

Sesuatu yang penting dalam bisnis kerajinan tangan dan sayangnya banyak dilupakan para pebisnisnya adalah potensi daerah asal. Padahal potensi daerah memiliki banyak hal yang mampu mengangkat sebuah bisnis kerajinan tangan. Jadi ketika bisnis mengalami stagnasi maka cobalah untuk mengeksplorasi potensi daerah yang ada. Setelah menemukan potensi daerah di tempat usaha Anda, cobalah untuk menerapkannya pada bisnis kerajinan tangan yang dijalankan. Anda tidak harus meniru semua yang ada pada potensi daerah tersebut. Tapi Anda bisa menerapkan sebagian saja. Kalau pun Anda ingin meniru banyak, cobalah untuk mengkombinasikannya atau memadukannya dengan konsep produk kerajinan tangan Anda. Dengan mengangkat potensi daerah maka bisnis kerajinan tangan Anda akan lebih bernilai karena keunikan yang dihadirkan. Saat bisnis Anda sudah bernilai jual lebih tinggi maka bisnis Anda pun akan bisa lebih cepat berkembang.

  1. Hadirlah di Dunia Online

Berikutnya, tips untuk mengatasi stagnasi pada bisnis kerajinan tangan adalah dengan hadir di dunia online. Saat ini pemasaran online memang sedang marak-maraknya. Dengan pertumbuhan teknologi yang semakin pesat membuat banyak channel online bermunculan. Dari keberadaan portal-portal online yang semakin bermunculan inilah kemudian banyak orang yang kemudian menjadi penggunanya. Dampak dari fenomena ini tentu saja adalah prospeknya yang besar untuk siapa pun yang berada di sana untuk menarik konsumen. Maka bila bisnis kerajinan tangan Anda sedang mengalami stagnasi cobalah untuk hadir ke dunia online dan menjalankan pemasaran di sana.

  1. Terus Perluas Relasi

Stagnasi yang sedang dialami oleh bisnis kerajinan tangan Anda memang bisa disebabkan oleh Anda yang kurang mau memperluas relasi. Bagi penisnis, relasi memang sudah seharusnya menjadi sebuah hal yang perlu selalu dipenuhi. Dengan adanya relasi maka akan muncul beberapa peluang untuk membuat bisnis lebih bertumbuh. Sebab dengan adanya relasi maka Anda akan bisa mendapatkan beberapa bantuan baik itu dalam bentuk dana, ilmu atau juga saran dan nasehat. Nah dari beberapa bantuan tersebut maka Anda akan bisa membuat bisnis kerajinan tangan terus berkembang.

  1. Belajar Lebih Banyak dari Banyak Hal

Terakhir, tips yang bisa Anda jalankan untuk membuat bisnis kerajinan tangan tidak stagnan adalah dengan mau belajar lebih banyak dari banyak hal. Anda sebagai pebisnis yang ingin sukses memang harus mau terus belajar pada hal apapun. Sebab dengan tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat dan perkembangan zaman yang disertai perubahan maka Anda akan dituntut untuk bisa selalu inovatif dan adaptif. Nah untuk bisa selalu inovatif dan adaptif maka Anda perlu selalu balajar lebih banyak dari banyak hal.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top