Tips

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik – Asuransi terutama asuransi kesehatan merupakan salah satu kebutuhan yang seharusnya anda miliki. Hal ini dilakukan semata untuk kepentingan dan kebaikan diri sendiri dan keluarga anda. Terlebih lagi setiap orang tidak tahu kapan sakit atau mengalami musibah tertentu ditambah pula biaya kesehatan semakin hari semakin mahal. Maka, bisa dipastikan jika anda memiliki asuransi paling tidak akan ada orang atau pihak lain yang nantinya akan menjamin atau membiayai biaya rumah sakit dan juga pengobatan.

Nah, mengingat asuransi kesehatan merupakan suatu yang sangat penting, maka dalam memilihnya pun anda disarankan untuk tidak sembarangan atau main-main. Untuk lebih jelasnya, berikut beberaa cara memilih asuransi kesehatan yang baik :

  1. Pahami Jenis Produk Asuransi Yang Ditawarkan

Produk asuransi yang sering ditawarkan oleh perusahaan asuransi umumnya terdiri dari dua jenis, yakni hospital benefit serta hospital cash plan. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Asuransi hospital benefit misalnya akan memberikan pergantian semua biaya secara terinci atas berbagai macam biaya yang telah anda keluarkan ketika berobat kerumah sakit. Sistem claim menggunakan cashless sehingga pembayaran dapat dilakukan dengan menggesek kartu asuransi kesehatan. Sedangkan Hospital Cash merupakan produk asuransi kesehatan yang akan mengganti biaya pengobatan sebesar perjanjian yang telah ditetapkan sebelumnya. Jikapun ada lebih pihak asuransi tidak akan bertanggung jawab. Sistem claim dilakukan dengan pembayaran terlebih dahulu oleh nasabah kepada pihak rumah sakit, baru nantinya pihak asuransi akan mengganti biaya pengobatan setelah nasabah mengisi form reimbursement.

  1. Pilih Sesuai Kebutuhan

Anda mungkin akan bingung dengan berbagai produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, pilihlah asuransi kesehatan sesuai dengan kebutuhan anda. Artinya, misalkan anda berencana memiliki asuransi kesehatan untuk nantinya digunakan berobat secara baik, atau melakukan rawat inap dengan fasilitas VIP dengan biaya Rp 300.000, maka anda harus bisa mencari asurani kesehatan yang cocok dengan kebutuhan anda tersebut.

  1. Ketahui Jenis Rumah Sakit Yang Bekerja Sama

Tak kalah pentingnya dengan dua hal diatas, ketika memilih asuransi kesehatan pastikan pula anda telah mengetahui rumah sakit mana saja yang melakukan kerja sama dengan perusahaan asuransi pilihan anda. Pilihlah asuransi kesehatan yang melakukan kerja sama dengan rumah sakit terdekat di kota anda. Paling tidak dengan hal ini anda tidak perlu melakukan pengobatan jauh-jauh ke luar kota.

  1. Pilih Premi Yang Sesuai Dengan Kondisi Keuangan

Memiliki asuransi pastinya anda paham apa yang haru anda lakukan setiap bulannya. Ya, tidak lain dan tidak bukan adalah membayar Premi asuransi. Premi asuransi merupakan sejumlah biaya yang harus anda bayarkan sebagai biaya pertanggung jawabab atas asuransi yang anda pilih. Semakin murah premi asuransi semakin lama jangka masa tempo. Begitu pula sebaliknya, semakin mahal premi asuransi semakin cepat masa temponya. Oleh sebab itu, pikirkan matang-matang biaya premi yang anda pilih. Mengingat jika anda juga harus mencukupi kebutuhan hidup yang lain, maka pilihlan biaya premi asuransi yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi keuangan.

  1. Ketahui Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Tak lupa pula teliti kredibilitas perusahaan asuransi. Hal ini dilakukan demi mendapatkan jaminan yang benar-benar riil, tidak hanya janji-janji manis yang nanti malah akan merugikan anda. Caranya adalah dengan melihat pengalaman mereka sebelumnya dalam menangani jasa asuransi kesehatan serta proses klaimnya.

  1. Teliti Kemudahan Klaim

Teliti kemudahan klaim juga perlu dilakukan untuk memudahkan anda dalam melakukan pembayaran. Seperti yang telah dijelaskan diatas jika sistem claim dibedakan menjadi dua, yakni sistem Cashless dan Hospital Cash. Pilhlah dua sistem claim ini yang anda pikir paling menguntungkan.

  1. Hindari Mengambil Asuransi Melalui Telemarketing

Selanjutnya, jika anda berniat membeli asuransi kesehatan, datang langsung ke perusahaan dan bertatap muka dengan pihak yang menangani. Jangan sampai anda hanya bertemu dan melakukan perjanjian melalui telepon, karena segala sesuatu tidak akan diketahui secara detail.

  1. Pilih Asuransi Kesehatan Murni

Terakhir, bagi anda yang berencana mengambil asuransi kesehatan namun memiliki anggaran terbatas, sangat disarankan untuk mengambil asuransi murni. Biasanya premi asuransi kesehatan murni jauh lebih murah ketimbang asuransi kesehatan plus investasi.

 

Kesehatan memang sesuai yang sangat penting bagi setiap manusia. Oleh sebab itu, untuk memberikan pertanggung jawaban ketika sewaktu-waktu terjadi musibah, anda pun diharuskan untuk teliti memilih asuransi kesehatan. Semoga informasi ini dapat bermafaat.

 

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: