Keuangan

Inilah 4 Pantangan Memakai Kartu Kredit, Jangan Sepelekan Ya!

pantangan-kartu-kredit

Sebagai salah satu metode pembayaran masa kini, kartu kredit memang banyak diminati banyak orang. Selain kemudahan untuk melakukan berbagai pembayaran dengan kartu kredit, seseorang juga berkesempatan untuk mendapatkan banyak promo menarik. Nah dari sinilah maka kartu kredit banyak disukai oleh publik. Namun dibalik beberapa manfaat dari kartu kredit tersebut ada beberapa hal yang bisa membuat pemiliknya merugi besar. Ini bukan soal keterlambatan membayar tagihan kartu kredit, tapi ini adalah tentang penggunaan kartu kredit yang tidak tepat sasaran. Ya, pemakaian kartu kredit yang salah memang bisa membuat pemiliknya mengalami banyak kerugian. Maka dari itu sebagai pengguna kartu kredit Anda harus bisa menghindari beberapa pantangan berikut ini agar terhindar dari kerugian akibat pemakaian kartu kredit yang salah.

  1. Kartu Kredit Digunakan untuk Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

Pertama, pantangan memakai kartu kredit yang tidak boleh disepelekan adalah menggunakannya untuk mencicil kendaraan bermotor (KKB). Seperti kita tahu bahwa mengkredit kendaraan bermotor akan membuat kita harus membayar bunga setiap bulannya. Anda tidak akan terkena beban lebih besar dari pembayaran KKB ini bila menggunakan uang cash. Tapi bila Anda menggunakan kartu kredit untuk membayar KKB maka Anda akan mendapat dua beban yang berat. Selain beban bunga dari KKB, Anda yang menggunakan kartu kredit untuk pembayaran juga harus menanggung beban bunga atau tenor dari kartu kredit itu sendiri. Dari sinilah maka beban yang harus ditanggung seseorang yang menggunakan kartu kredit untuk pembayaran KKB ini menjadi lebih berat karena double atau ganda. Dari sini bisa disimpulkan bahwa cara pemakaian kartu kredit seperti ini jelas sangat merugikan dan bisa menimbulkan masalah keuangan.

  1. Kartu Kredit Digunakan untuk Biaya Pernikahan

Momen pernikahan yang diinginkan banyak orang terjadi satu kali seumur hidup membuat mereka kemudian menggelar pesta yang besar. Dari sini maka membuat biaya pernikahan jadi membengkak. Untuk mengatasi biaya yang besar untuk pesta pernikahan sendiri cara terbaik yang bisa ditempuh memang adalah menabung. Tapi bila Anda melakukan cara seperti menggunaka kartu kredit untuk membayar biaya pernikahan maka hal ini bisa menjadi kesalahan besar. Bukan tanpa sebab, menggunakan kartu kredit ini memang seperti berhutang dengan tambahan bunga yang harus dibayar. Maka bila Anda memakai kartu kredit untuk biaya pernikahan yang besar, hal ini bisa merepotkan Anda dikemudian hari saat berumah tangga. Seperti kita tahu bahwa setelah pesta pernikahan Anda harus memikirkan biaya rumah tangga. Nah bila di awal rumah tangga Anda sudah menanggung beban bunga kartu kredit, tentu hal ini akan lebih memberatkan Anda.

  1. Kartu Kredit untuk Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)

Membeli rumah dengan cara mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah), saat ini memang banyak yang meminatinya. Namun seperti mengajukan KKB (Kredit Kendaraan Bermotor), maka KPR juga membuat Anda harus menanggung beban bunga yang ada dalam pembayaran cicilan setiap bulannya. Karena beban inilah maka Anda disarankan tidak menggunakan kartu kredit untuk keperluan pembayaran KPR ini. Sebab bila Anda memakai kartu kredit untuk membayar cicilan KPR per-bulannya, maka kondisi keuangan Anda bisa terganggu karena beban bunga ganda dari KPR dan kartu kredit yang harus Anda tanggung.

  1. Kartu Kredit untuk Biaya Rumah Sakit

Terakhir, pantangan penggunaan kartu kredit yang harus Anda hindari adalah untuk keperluan biaya rumah sakit. Biaya kesehatan seharusnya memang Anda persiapkan tersendiri secara terpisah. Entah itu wujudnya dana darurat atau asuransi kesehatan, tapi yang pasti jangan sampai Anda menggunakan kartu kredit untuk membayar biaya rumah sakit ini. Ini karena akan ada beban besar dari pembayaran kartu kredit untuk rumah sakit yang harus Anda tanggung. Dari besarnya biaya rumah sakit dan ditambah bunga dari kartu kredit, maka keuangan Anda bisa sangat terguncang karena harus membayar tagihan kartu kredit yang besar.

Demikianlah beberapa tantangan dalam mengggunakan kartu kredit yang harus Anda perhatikan dengan seksama. Alih-alih menyepelekan, Anda malah dianjurkan untuk selalu cemat dan berhati-hati saat menggunakan kartu kredit agar tidak membuat alat pembayaran ini memunculkan masalah yang besar bagi keuangan Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top