Lainnya

Inilah 7 Jenis Keterampilan Komunikasi Seorang Pebisnis, Sudah Tahu?

keterampilan-komunikasi-pebisnis

Menjadi pebisnis sukses memang membutuhkan banyak hal dan keterampilan yang perlu dimiliki. Salah satu jenis keterampilan yang perlu dimiliki pebisnis untuk mendukungnya meraih kesuksesan adalah komunikasi. Dalam kesehariannya, pebisnis memang akan bertemu dan berbicara dengan banyak orang penting. Dari sinilah maka dibutuhkan komunikasi yang efektif agar pebisnis bisa mendapatkan banyak simpati dan juga feedback positif dari orang-orang penting tersebut. Dengan respon atau feedback positif dari orang-orang penting itu maka Anda akan dapat membuat bisnis terus mengalami perkembangan. Nah berikut ini adalah beberapa jenis keterampilan komunikasi yang mumpuni dan efektif yang perlu dimiliki para pebisnis tersebut.

  1. Komunikasi Lisan

Pertama, kemampuan dan keterampilan berkomunikasi yang perlu Anda miliki untuk menjadi pebisnis sukses adalah komunikasi lisan. Seorang pebisnis saat bertemu dan bertatap muka dengan karyawan atau relasinya, maka akan bicara dengan lisannya. Nah komunikasi seperti ini memang begitu penting untuk diperhatikan. Pasalnya ada pepatah bilang “mulutmu harimaumu” yang bisa membuat kita terpuruk karena kecerobohan kita berbicara. Berbicara dengan lisan memang sangat riskan dan memiliki risiko yang lebih besar. Sebab kadang kita tak sadar keceplosan mengatakan sesuatu yang seharusnya tidak dikatakan. Maka dari itu keterampilan dan kemampuan komunikasi lisan yang optimal ini sangatlah penting untuk selalu dimiliki dan dikuasai para pebisnis.

  1. Komunikasi Tertulis

Tidak hanya berbicara dengan lisan, tapi untuk sukses, pebisnis juga perlu memiliki keterampilan komunikasi tertulis. Komunikasi tertulis saat ini sendiri memang semakin intens dilakukan seseorang, termasuk pebisnis. Pasalnya dengan kehadiran teknologi tersebut membuat beragam aplikasi chat bermunculan. Dengan adanya munculnya aplikasi chat tersebut maka memang akan muncul jenis komunikasi tertulis. Sama seperti komunikasi lisan, keterampilan komunikasi tertulis juga sama pentingnya untuk dimiliki. Sebab sebenarnya komunikasi tertulis ini merupakan bentuk lain dari komunikasi lisan.

  1. Komunikasi Bahasa Tubuh

Jangan sekali-kali meremehkan bahasa tubuh. Sebab dari bahasa tubuh yang Anda hadirkan bisa membuat penilaian tersendiri dari orang lain. Dari bahasa tubuh seseorang memang bisa mencerminkan hal tertentu. Seperti misalnya bahasa tubuh tidak melihat orang yang bicara, hal ini memberikan tanda bahwa seseorang kurang respect. Dari arti bahasa tubuh yang bisa dinilai inilah maka Anda tak bisa sembarangan dan meremehkannya. Alih-alih meremehkan, Anda sebagai pebisnis harus bisa menguasai keterampilan komunikasi bahasa tubuh ini.

  1. Komunikasi Mendengarkan

Dalam komunikasi, Anda memang tidak hanya sekedar berbicara. Tapi ada juga seni mendengarkan yaang perlu juga Anda kuasai keterampilannya. Kemampuan dan keterampilan mendengarkan memang memiliki pengaruhnya tersendiri dalam komunikasi. Sebab sebaik apapun Anda berkomunikasi lisan tanpa dibarengi dengan kemampuan mendengarkan yang baik maka hal tersebut akan sia-sia saja. Karena ketika orang lain bicara dan Anda bersikap seperti tidak mau mendengarkan maka orang tersebut akan tidak respect pada Anda. Saat orang lain tidak respect pada Anda karena sikap Anda yang tidak mau mendengarkan maka Anda akan sulit untuk meraih sukses.

  1. Komunikasi Negosiasi

Dalam bisnis pastinya Anda akan bertemu mitra bisnis dan klien atau customer untuk melakukan negosiasi. Negosiasi atau tawar-menawar dalam bisnis ini memang sesuatu yang wajar. Tapi meski hal yang wajar, Anda sebagai pebisnis tentu ingin mendapatkan keuntungan yang baik saat bernegosiasi. Maka dari itu agar Anda mendapatkan keuntungan ketika melakukan negosiasi maka Anda harus memiliki keterampilan dan kemampuan komunikasi negosiasi yang mumpuni.

  1. Komunikasi Mediasi

Selanjutnya, jenis keterampilan komunikasi yang perlu dimiliki pebisnis adalah komunikasi mediasi. Tak jarang dalam sebuah perusahaan memang dijumpai karyawan yang bertikai dengan karyawan lainnya. Nah dari sinilah Anda sebagai pemimpin bisnis memang dituntut untuk menjadi penengah. Sebagai penengah maka tugas Anda adalah melakukan mediasi untuk menyelesaikan konflik atau pertikaian yang terjadi.

  1. Komunikasi Presentasi

Terakhir, jenis keterampilan berkomunikasi yang seharusnya dikuasi pebisnis adalah komunikasi presentasi. Untuk mendapatkan proyek dalam sebuah lelang atau juga untuk mendapatkan calon ivestor, Anda sebagai pebisnis memang diharuskan melakukan presentasi. Semakin baik komunikasi presentasi yang Anda hadirkan maka proyek dalam lelang dan calon investor akan bisa Anda dapatkan. Nah dari sini sudah terlihat bahwa komunikasi presentasi ini sangatlah penting bagi seorang pebisnis.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top