StartUp dan UKM

Inilah Faktor Utama Para Milenial Dalam Menentukan Pekerjaannya

Milenial merupakan istilah yang dipakai untuk mereka yang lahir pada tahun 1981-1994. Mereka yang lahir pada tahun tersebut maksimal berumur 38 tahun dan yang termuda berumur 25 tahun saat ini. Mereka tidak sama dengan generasi X yang belum terlalu mengenal teknologi. Generasi Milenial mulai memahami bagaimana teknologi dapat berpengaruh pada aktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan mereka mengenal teknologi saat remaja ataupun beranjak dewasa. Tentu ada banyak perbedaan pandangan antara generasi X yang tak begitu mengenal teknologi sejak dini dengan generasi Milenial.

Perbedaan pandangan ini juga dirasakan bagi generasi Z yang sejak mereka lahir sudah dekat dengan teknologi. Kaum Milenial dibesarkan pada zaman generasi X dan generasi Z. Mereka memahami bagaimana hidup tanpa teknologi dan tidak buta akan perkembangan teknologi saat ini. Dalam memilih pekerjaan misalnya kaum Milenial memiliki faktor penentu terkait pekerjaan yang ingin digeluti. Beberapa faktor penentu tersebut bisa anda simak sebagai berikut :

Passion

Faktor pertama dan utama bagi kaum Milenial dalam memilih pekerjaan yang ingin digelutinya ialah passion. Mereka cenderung memilih pekerjaan berdasarkan passion yang dimiliki. Passion inilah yang membuat mereka bertahan dalam perusahaan anda. Umumnya kaum Milenial akan mudah berganti tempat kerja minimal tiap dua tahun. Tidak seperti generasi X yang akan mulai memikirkan berganti pekerjaan setiap 10 tahun. Adanya passion bisa membuat mereka bertahan lebih lama bekerja dengan anda ketimbang pada umumnya.

Lingkungan Kerja

Faktor kedua ialah lingkungan kerja mereka berada bisa jadi tambahan pertimbangan untuk kaum Milenial mengambil pekerjaan. Lingkungan kerja yang menyenangkan tentu membuat mereka tertarik untuk mengambil pekerjaan ditempat anda. Umumnya kaum Milenial lebih suka bekerja dengan perusahaan startup yang memberikan mereka kebebasan berinovasi dan fleksibel dalam jam kerja. Tak heran bila umumnya mereka yang bekerja di startup ialah generasi Milenial ketimbang generasi lainnya. Startup juga memiliki lingkungan kerja yang berbeda dengan perusahaan lainnya. Mereka lebih fleksibel mengenai jam kerja,busana bahkan menyediakan beragam fasilitas yang menunjang mood karyawan untuk berkreasi.

Ruang Untuk Berkembang

Milenial memilih bertahan dengan perusahaan anda jika memberikan ruang untuk mereka berkembang. Milenial bukanlah individu yang gemar melakukan pekerjaan yang itu-itu saja karena keingintahuan mereka begitu besar. Mereka tak mudah puas dengan apa yang mereka miliki saat ini. Tak hanya itu saja Milenial juga haus akan apresiasi dan respek akan hasil kerja mereka. Mereka juga membutuhkan manajer yang mau mengarahkan dan memberikan contoh yang jelas. Bukan hanya suka memerintah tanpa memberikan arahan mana yang salah dan benar.

Gaji Yang Cukup

Kaum Milenial ini tidaklah haus akan pendapatan yang besar walaupun mereka memiliki sifat boros karena suka sekali belanja. Hal ini berbeda dengan generasi X yang mengutamakan gaji yang besar untuk pertimbangan mereka dalam mengambil sebuah pekerjaan. Generasi Milenial lebih mengutamakan passion dan memikirkan gaji dibelakang. Asalkan gaji tersebut mencukupi kebutuhan mereka walau tidak besarpun umumnya akan diterima oleh kaum Milenial asal sesuai dengan passion. Inilah salah satu alasan kenapa generasi Milenial dianggap sulit membeli properti atau rumah untuk masa depan mereka.

Walaupun begitu ada kok beberapa Milenial yang kaya raya karena bekerja menurut passion mereka. Sebut saja salah satunya Raditya Dika atau Mark Zuckerberg. Kalau anda sendiri bagaimana apakah termasuk dalam generasi Milenial ?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top