Keuangan

Inilah Alasan Kenapa Milenial Suka Bertransaksi Nontunai

Transaksi non tunai memang sedang ngetren saat ini. Penggunanya mayoritas merupakan milenial. Milenial sendiri sebutan untuk mereka yang lahir pada 1982-1995. Milenial lahir dimana teknologi mulai berkembang.  Ada banyak manfaat  yang diperoleh bila melakukan transaksi non tunai.

Mengurangi Resiko Kehilangan

Kelebihan dari transaksi non tunai ialah mampu mengurangi resiko kehilangan. Cashless mendorong anda untuk menyimpan uang tunai dalam jumlah terbatas di dompet.  Membawa uang tunai apalagi dalam jumlah besar perlu kehati-hatian yang tinggi. Pasalnya tindak kejahatan seperti perampokan atau pencurian mungkin saja akan anda hadapi. Apalagi jika anda sedang liburan dan berada di tempat yang ramai. Ada kemungkinan dimana pencopet bisa mencuri dompet anda.

Cashless memungkinkan anda untuk mengamankan uang dimanapun anda berada. Bila suatu saat anda kehilangan dompet maka kartu debit atau kredit bisa diblokir secara otomatis. Pencuri juga tidak bisa menyalahgunakannya karena dilindungi dengan pin keamanan saat menggunakan kartu debit atau kredit tersebut.

Praktis

Alasan kedua kenapa milenial sering menggunakan transaksi non tunai ialah kepraktisan yang dimilikinya. Cashless memudahkan transaksi dan terbilang lebih cepat. Anda bisa bertransaksi tanpa harus datang ke toko langsung. Anda tak disibukkan untuk menghitung maupun direpotkan mencari uang pas atau kembalian. Transaksi non tunai memudahkan penggunanya mengeluarkan uang  pas sesuai tagihan.

Dompet anda juga tak dijejali uang kertas maupun koin yang memakan tempat. Terlebih lagi transaksi non tunai bisa dilakukan dimanapun bahkan di luar negeri. Anda pun tak repot untuk menukarkan mata uang saat jalan – jalan ke luar negeri.

Memiliki Banyak Promo Menarik

Ada keuntungan yang bisa didapat dari milenial jika sering menggunakan transaksi non tunai. Mereka mendapatkan promo yang menarik dari penggunaan cashless. Beberapa merchant menawarkan diskon menarik untuk penggunaan transaksi non tunai ini. Beberapa dompet digital bahkan memberikan cashback bagi penggunanya. Jadi ketika mileial menggunakan transaksi non tunai memakai dompet digital untuk belanja maupun membayar tagihan mereka bisa mendapatkan cashback dari transaksinya.

Selain lebih praktis, transaksi non tunai bisa dipakai untuk menghemat pengeluaran milenial. Penawaran seperti ini lumrah dilakukan platform dompet digital ataupun merchant yang bekerja sama dengan penerbit kartu kredit.

Cara Mencegah Korupsi

Transaksi non tunai juga kerap dilakukan oleh pihak perusahaan. Tindakan ini mampu mencegah korupsi terjadi karena  pembayaran jelas ditujukan pada rekening perusahaan yang dituju. Pembayaran non tunai menghindari pengeluaran untuk pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Selain itu transaksi non tunai memiliki history yang bisa dilacak kapan saja. bukti bisa berupa dokumen digital yang tak mudah rusak oleh waktu.

Langkah Berhemat

Manfaat lainnya menggunakan transaksi non tunai ialah salah satu jalan untuk berhemat. Anda bahkan bisa mengatur pembayaran tagihan secara otomatis. Tindakan ini mampu membiasakan anda untuk mengatur keuangan lebih tertakar. Anda juga tidak sembarangan menggunakan uang. Pembayaran hutang dan tagihan rumah tangga akan terbayar tepat waktu sehingga mampu menghindari denda keterlambatan.

Membantu Negara Meringkas Anggaran

Penggunaan cashless sebenarnya secara tidak langsung membantu negara meringkas anggaran dalam pembuatan uang tunai. Transaksi non tunai memang digalakkan pemerintah. Hal ini dibuktikan dengan makin banyaknya sarana fasilitas publik yang menggunakan e-money. Misalnya saja pembayaran tol yang kini menggunakan uang elektronik. Platform dompet digital juga diajak bekerja sama untuk melayani masyarakat dalam pembayaran tiket transportasi umum seperti kereta api.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: