Tips

Jalankan Usaha Laundry? Terapkan Tips Berikut Ini Agar Sukses

Salah satu faktor kemunculan adanya peluang bisnis adalah perubahan zaman. Faktor kemunculan peluang bisnis ini akan menyebabkan suatu perubahan gaya hidup seseorang untuk menciptakan bisnis-bisnis baru. Salah satu contoh munculnya peluang bisnis dari perubahan gaya hidup seseorang tersebut adalah bisnis laundry.

Menurut salah satu ketua Asosiasi Profesi Laundry Indonesia atau yang disingkat APLI, mengatakan bahwa usaha jasa laundry memiliki potensi penghasilan yang cukup besar. Dengan modal yang cukup, maka pengusaha laundry juga bisa mendapat laba dua kali lipat dari penghasilan setiap bulannya. Meskipun jasa laundry termasuk bisnis rumahan, namun dalam kenyataannya bisnis laundry ini tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja.

Bisnis usaha laundry terbukti banyak sekali diincar oleh warga yang membutuhkan jasa cuci tersebut. Terutama masyarakat perkotaan yang sering kali sibuk dan tidak ada waktu untuk mencuci baju-baju mereka. Dengan adanya bukti tersebut, maka bisnis laundry ini bisa dibilang cukup menjanjikan untuk dijalani. Namun, bicara tentang bisnis pasti akan ada sebuah persaingan antara para pelaku usaha bisnis laundry. Nah, bagi Anda yang sedang atau akan menjalankan bisnis tersebut. Yuk, lakukan beberapa tips untuk menjalankan usaha laundry agar bisnis Anda menjadi sukses dan mampu melebihi kompetitor. Berikut ulasannya.

  1. Pilih Lokasi yang Strategis dan Ramai

Berbisnis tentunya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, selain itu perlu perencanaan tepat yang harus diperhatikan. Hal ini agar bisnis dan usaha Anda bisa berjalan dengan lancar dan tidak mengalami sebuah kegagalan ketika Anda membuka bisnis seperti jasa laundry ini. Ada hal yang harus Anda perhatikan disini sebelum memulai bisnis laundry tersebut, salah satunya yaitu lokasi tempat dimana Anda akan memulai berbisnis. Lokasi yang dipilih haruslah tempat yang strategis dan ramai seperti disekitar perkantoran, kampus, kost-an dan daerah ramai lainnya yang masyarakatnya banyak membutuhkan jasa laundry. Meskipun kini telah banyak berkembang jasa laundry online dengan layanan antar jemput barang, namun setiap pelanggan akan berbeda-beda bergantung pada kebutuhan mereka sendiri. Apalagi ada masyarakat menengah bawah yang tidak terbiasa dengan sistem online. Oleh karena itu, Lokasi akan menjadi hal yang paling penting untuk mengembangkan bisnis laundry Anda.

  1. Buatlah Konsumen Percaya Pada Usaha Laundry Anda

Selanjutnya, buatlah konsumen percaya pada usaha laundry Anda. Caranya adalah dengan membuat konsumen puas dengan pelayanan jasa laundry yang menarik kepada mereka. Dengan memberikan layanan yang terbaik seperti kerapihan, kebersihan dan ketepatan waktu maka ini akan menjadi standar kepuasan konsumen terhadap jasa laundry Anda. Ketika Anda telah berhasil membuat para konsumen puas dengan pelayanan yang diberikan tersebut, maka sangat mungkin mereka akan terus-menerus menjadi pelanggan jasa laundry Anda yang setia.

  1. Waktu Pengerjaan yang On-Time

Tips sukses untuk menjalankan usaha laundry Anda berikutnya adalah waktu pengerjaan yang on-time atau tepat waktu. Jika Anda mampu untuk mengerjakan pekerjaan dengan lebih cepat, tentu konsumen akan lebih senang dan puas dengan sistem pengerjaan Anda yang on-time tersebut. Namun, disini Anda harus membuat waktu yang realistis ketika membuat janji dengan konsumen. Hal ini tentu untuk menghindari suatu kebohongan yang sebenarnya tidak mungkin Anda kerjakan dalam waktu sempit, hanya karena Anda mencari keuntungan semata. Meski dalam waktu pengerjaan yang lama, dalam keadaan seperti ini Anda tetap harus jujur kepada konsumen bahwa Anda sedang banyak order. Sehingga konsumen pun tidak merasa kecewa dan dibohongi oleh jasa laundry Anda.

  1. Berikan Layanan Lain Agar Konsumen Semakin Puas

Berikanlah layanan lain kepada konsumen agar mereka semakin puas dengan pelayanan jasa laundry Anda. Anda bisa menawarkan beberapa layanan lain seperti jasa laundry online, jasa laundry antar jemput dan member kupon berhadiah. Bisa jadi, dengan pelayanan ini konsumen akan lebih tertarik dan semakin puas hingga menjadi pelanggan yang setia dan terus menerus menggunakan jasa laundry Anda. Dengan demikian, keuntungan yang besar tentu akan Anda raih disini.

Demikian empat tips sukses menjalankan usaha laundry. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi agar bisnis laundry Anda berjalan dengan sukses selalu.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: