StartUp dan UKM

Jangan Ragu Memulai Bisnis dengan Modal Sendiri, Sebab Ada 5 Keuntungan yang Akan Anda Peroleh

modal-usaha-sendiri

Untuk menjalankan bisnis, Anda memang bisa menjalankannya dengan dua pilihan yakni menggunakan modal sendiri atau meminjam dana pada pihak lain. Tentu dua pilihan tadi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Tapi tak jarang saat akan berbisnis, banyak dari mereka yang memilih opsi kedua yakni meminjam uang untuk modal dari pihak lain. Tentu pilihan kedua ini tidak dilarang. Tapi bila Anda memilih menjalankan bisnis dengan modal sendiri maka akan ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh. Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan saat Anda menjalankan bisnis dengan modal sendiri.

  1. Terbebas Dari Beban Pikiran Hutang

Keuntungan pertama yang muncul dari cara menjalankan bisnis dengan modal sendiri adalah terbebas dari beban pikiran hutang. Hutang memang sesuatu yang harus dibayar. Jika Anda berhutang tentu Anda harus berpikir bagaimana untuk mengembalikannya. Nah dari sini tidak sedikit dari mereka yang meminjam uang untuk modal bisnis ini terbebani dengan hutang tersebut. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang kemudian tidak mampu membayar hutang lantas menjadi stress. Beban terlilit hutang memang bisa saja mengacaukan pikiran dan jiwa orang yang mengalaminya. Tapi bila Anda menggunakan modal sendiri untuk bisnis, tentu kekhawatiran dari beban pikiran hutang tidak akan muncul.

  1. Bisa Menekan Berbagai Pengeluaran

Saat menjalankan bisnis pastinya akan ada biaya yang harus dikeluarkan untuk berbagai keperluan. Apalagi bila melihat awal memulai bisnis, maka akan semakin banyak biaya pengeluaran tersebut. Tidak hanya untuk biaya membeli perlengkapan dan sewa tempat, tapi Anda juga harus memikirkan pengeluaran untuk operasional dan produksi. Nah dengan banyaknya biaya pengeluaran inilah maka dengan modal sendiri, Anda akan bisa menekannya. Semakin banyak biaya yang bisa Anda tekan maka bisnis akan bisa berjalan lebih efektif. Dengan bisnis yang berjalan lebih efektif maka Anda akan bisa mendapatkan keuntungan lebih cepat. Tapi hal ini akan sulit didapatkan bila Anda menjalankan bisnis dengan modal dari pihak lain. Ini karena dengan menggunakan modal dari pihak lain biasanya seseorang merasa enteng atau mudah untuk mengeluarkan uang tanpa terkendali.

  1. Keuntungan Bisa Langsung Dirasakan

Berikutnya, keuntungan yang bisa Anda peroleh dari cara berbisnis dengan modal sendiri yani bisa langsung merasakan keuntungan. Karena Anda mengeluarkan modal sendiri, tentu bila bisnis sudah meraih laba, keuntungan tersebut akan langsung kantong Anda. Berbeda dengan seseorang yang menjalankan bisnis dengan modal dari pihak lain, maka keuntungan yang didapat tidak bisa masuk semua ke kantong Anda, karena harus disetor sebagian untuk membayar hutang.

  1. Kerugian Bisa Diminimalisir

Dalam menjalankan bisnis memang selalu ada risiko kerugian. Kerugian yang terjadi dalam dunia wirausaha sendiri bisa terjadi karena berbagai hal, termasuk salah satunya tidak teratur atau tidak bijaknya manajemen keuangan. Umumnya pengelolaan keuangan yang tidak bijak ini disebabkan pengusaha yang kurang berhati-hati dalam pengeluaran. Dan biasanya mereka para pebisnis yang tidak cermat dalam pengeluaran ini adalah mereka yang meminjam modal dari pihak lain. Bagi pebisnis yang menjalankan usaha dari modalnya sendiri memang mereka akan lebih berhati-hati ketika akan mengeluarkan uang. Nah dari sinilah mereka yang berbisnis dengan modal sendiri akan lebih berpeluang menghindari kerugian.

  1. Kepuasan Pribadi

Terakhir, keuntungan yang bisa didapatkan saat menjalankan bisnis dengan modal sendiri adalah memiliki kepuasan pribadi. Bisnis yang dirintis dengan modal sendiri yang penuh keterbatasan, memang membuat pengusaha merasakan kisah getir dan pengorbanan yang lebih besar. Tapi dari kisah perjuangan dan pengorbanan mengembangkan bisnis dari modal sendiri yang terbatas inilah maka kepuasan saat meraih sukses akan terasa lebih bernilai dan berarti. Hal ini bukan berarti mengkesampingkan perjuangan dari mereka yang merintis bisnis dari modal orang lain. Tapi dalam kenyataan di lapangan memang kisah yang lebih menyentuh untuk didengar adalah dari mereka yang berjuang merintis usaha dari nol. Dan yang menjalaninya pasti merasakan kepuasan yang lebih berarti.

Dari beberapa keuntungan yang ada di atas tentu Anda tak perlu ragu lagi saat berencana menjalankan bisnis dengan modal sendiri. Anda pun tak perlu gengsi bila memang harus memulai bisnis dari skala kecil. Sebab tidak sedikit kisah perusahaan besar yang dimulai dengan modal sendiri yang terbatas dan berskala kecil.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top