Tips

Mau Kaya? Coba 6 Tips Menjadi Kaya dari Warren Buffet Berikut Ini

warrent-buffet

Siapa sih yang tidak ingin kaya. Semua orang pastinya ingin kaya, apalagi bila kekayaannya bisa seperti Wareen Buffet yang mencapai Rp 1.186 triliun. Nama Warren Buffet memang bukan nama sembarangan terutama dikalangan pengusaha. Milyuner kelahiran Amerika, 30 Agustus 1930 ini memang sangat cemerlang dalam hal investasi. Bahkan dengan raihannya tersebut, pria bernama lengkap Warren Edward Buffett, telah ditetapkan sebagai orang terkaya ketiga di dunia tahun 2015 versi Forbes. Lalu bagaimana Warren Buffer bisa meraih sukses dan kekayaan? Berikut beberapa tips yang bisa Anda praktikkan.

  1. Berbisnislah Selagi Muda

Tips pertama dari Warren Buffet untuk kaya adalah berbisnis selagi muda. Menurut Warren, jangan pernah menunggu waktu untuk berbisnis. Semakin muda usia Anda saat memulainya maka akan semakin cepat Anda meraih kekayaan. Dalam kisah hidupnya, Warren memang memulai bisnisnya sejak muda. Saat itu Warren muda bekerja sebagai loper koran sambil berbisnis pinball. Seseorang yang memulai bisnis selagi muda memang diakui oleh para pakar akan memiliki kepekaan terhadap keuangan yang lebih daripada yang tidak berbisnis. Tidak hanya lebih peka soal keuangan, tapi dengan berbisnis sejak muda mereka juga memiliki mental kuat untuk selalu memanfaatkan waktu yang ada. Nah dari hal-hal inilah maka berbisnis saat usia muda akan membuat peluang meraih kekayaan akan lebih terbuka lebar.

  1. Investasikan Keuntungan Bisnismu

Setelah mendapatkan keuntungan yang lumayan dari bisnis maka jangan sekali-kali Anda menghamburkannya. Supaya Anda cepat kaya, Warren Buffet menyarankan untuk memutar keuntungan usaha tadi dalam bentuk investasi. Menurut Warren, keuntungan bisnis yang diputar dalam bentuk investasi merupakan cara paling efektif untuk cepat menjadi kaya. Dalam kisahnya, Warren memang selalu menginvestasikan keuntungan usahanya, termasuk ketika dirinya menjalankan bisnis awalnya yakni pinball. Jadi saat ada keuntungan, Warren membeli membeli mesin pinball baru supaya bisnisnya terus berkembang. Menurut beberapa pakar, keuntungan dari bisnis yang harus diinvestasikan agar cepat kaya adalah antara 10-20 persen.

  1. Hati-Hati dengan Utang

Berikutnya, tips cepat kaya dari Warren Buffet adalah dengan berhati-hati dalam berhutang. Hutang memang hal yang bisa membuat banyak orang terlena. Dari hutang yang tidak diperhitungkan dengan matang ini juga tidak sedikit yang membuat mereka lantas gagal meraih kekayaan. Warren sendiri selama hidupnya tidak pernah meminjam uang dalam jumlah yang besar. Jadi dari sini Anda yang ingin kaya, harus memperhatikan dengan seksama ketika akan berhutang. Hutang yang dimaksud Warren di sini tidak hanya berwujud dana segar saja, tapi juga kartu kredit.

  1. Hidup Tidak Neko-neko

Hal yang seringkali terjadi di negeri ini adalah mereka langsung hidup bermewah-mewahan ketika sudah mendapatkan kekayaan. Tapi menurut Warren jika ingin cepat meraih kaya yang sejati, maka Anda tak boleh hidup neko-neko dan bermewah-mewahan. Warren sendiri meski telah menjadi orang terkaya di dunia, hidup sederhana dengan rumah biasa. Dengan kekayaannya yang mencapai triliunan, Warren juga tidak pernah dan tidak mau membeli mobil sport.

  1. Jangan Berhenti Belajar

Tips menjadi kaya selanjutnya ala Warren Buffet adalah dengan tidak pernah berhenti belajar. Kebiasaan Warren yang selalu menyempatkan membaca buku selama empat jam menjadi contoh untuk Anda yang ingin menjadi kaya. Jangan tanya manfaat membaca buku, karena Anda pasti sudah tahu kegunaannya. Selain rajin membaca, Anda juga perlu terus belajar tentang apapun dari orang lain. Jangan sampai Anda menjadi sombong dan tidak mau belajar hanya gara-gara sudah meraih sukses.

  1. Beradalah Di Sekitar Orang yang Memotivasi Dirimu

Terakhir, tips kaya ala Warren Buffet adalah dengan selalu berada di sekitar orang-orang yang memotivasimu. Dengan selalu berada di dekat orang-orang yang sering memotivasi kita maka Anda akan terus bersemangat untuk menjalankan usaha dan kegiatan. Tapi bila Anda selalu berada di lingkungan orang-orang yang suka berfoya-foya, tentu hal tersebut impian menjadi kaya akan sirna. Bagaimana mungkin Anda menjadi kaya bila uang yang ada selalu dihabiskan bersama mereka. Warren sendiri dalam kehidupannya selalu mendekati orang-orang penting yang selalu memotivasi dirinya seperti Bill Gates.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top