Keuangan

Mau Terbebas dari Lilitan Hutang? Coba Terapkan 5 Langkah Jitu Ini

Mempunyai hutang memang membuat hati jadi tidak tenang, apalagi jika hutang yang Anda miliki menumpuk di sana-sini. Mungkin, saat ini pun Anda sudah kewalahan dan bingung karena tidak bisa membayar satu per-satu hutang Anda tersebut. Jika hanya sekedar pasrah yang bisa Anda lakukan saat ini, tentu saja bukan solusi yang tepat. Anda juga tidak ingin dibayang-bayangi oleh penagih hutang bukan? Agar belitan hutang Anda segera berlalu, sebaiknya Anda harus melakukan langkah yang tepat untuk mengakhirinya. Lalu, bagaimana langkah-langkah agar Anda bisa terbebas dari belitan hutang? Simaklah penjelasannya berikut ini.

  1. Catat Secara Rinci Semua Hutang-Hutang Anda

Jika hutang Anda menumpuk disana-sini sehingga membuat Anda kewalahan, cobalah rileks sejenak agar Anda tidak mengalami stress. Dalam kondisi dan pikiran yang tenang, cobalah untuk mencatat secara rinci semua hutang-hutang yang Anda miliki ke dalam sebuah daftar khusus. Lalu, urutkan berdasarkan jumlah hutang Anda, besaran cicilannya dan tanggal jatuh tempo dari setiap hutangnya. Dengan membuat catatan hutang seperti ini, maka Anda bisa merencanakan hutang mana yang harus di prioritaskan untuk dilunasi terlebih dahulu. Dari sini, Anda tidak akan bingung dan kewalahan terhadap hutang-hutang yang dimiliki.

  1. Buat Anggaran dari Total Penghasilan Anda

Setelah Anda mencatat semua hutang-hutang ke dalam sebuah daftar khusus, selanjutnya adalah membuat anggaran dari total penghasilan Anda. Kemudian, catatlah berapa total pendapatan yang Anda peroleh setiap bulannya. Lalu alokasikan ke dalam beberapa pos berikut ini:

  • Kebutuhan Pokok: Kebutuhan pokok adalah pengeluaran yang tidak boleh diabaikan, karena sangat penting untuk digunakan kebutuhan sehari-hari Anda. Misalnya makan, biaya listrik, sewa rumah, transportasi dan lain-lain. Biaya untuk kebutuhan pokok ini biasanya tidak akan mengeluarkan lebih dari setengah penghasilan Anda.
  • Membayar Hutang: Setelah mengalokasikan ke dalam kebutuhan pokok, selanjutnya adalah mengalokasikannya ke dalam pos membayar hutang. Usahakan untuk mengalokasikan 20% dari penghasilan Anda untuk membayar hutang dan cicilan.
  • Rekreasi: Setelah menyisihkan anggaran untuk kebutuhan pokok dan untuk membayar hutang, barulah mengalokasikan sisanya untuk rekreasi. Rekreasi ini sangatlah penting, agar Anda tidak terlalu stress.
  1. Manfaatkan Penghasilan yang Tidak Terduga untuk Menutup Hutang

Setiap tahun, Anda bisa saja mendapatkan penghasilan yang tidak terduga seperti THR, bonus atau warisan. Dari pada Anda gunakan untuk hal-hal yang konsumtif, lebih baik manfaatkan penghasilan yang tidak terduga tersebut untuk menutup hutang Anda. Tutuplah satu per satu hutang Anda dari yang nominalnya kecil hingga yang nominalnya besar. Cara ini sangat efektif, karena secara psikologis mampu memberi Anda rasa percaya diri untuk melunasi semua kewajiban Anda.

  1. Carilah Penghasilan Tambahan

Jika penghasilan dari pekerjaan Anda dirasa belum cukup membantu untuk melunasi hutang-hutang Anda, maka carilah penghasilan tambahan di samping pekerjaan Anda. Jangan ragu untuk menambah pundi-pundi rupiah lewat usaha sampingan yang bisa Anda kerjakan di waktu luang. Misalnya, berjualan online lewat marketplace, menjadi freelance dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk membayar semua hutang-hutang karena mendapat penghasilan lain.

  1. Bulatkan Tekad Anda untuk Melakukan Penghematan

Jika hutang Anda masih ada yang belum bisa dibayar, maka sebisa mungkin Anda harus membulatkan tekad untuk melakukan penghematan. Jika biasanya Anda suka makan di luar, mulai sekarang sering-seringlah masak sendiri dirumah. Sebaiknya, kurangi juga kegiatan nongkrong bareng teman. Kalaupun Anda perlu liburan, sebisa mungkin mencari alternatif lain yang tidak terlalu menghabiskan uang. Gaya hidup yang sederhana akan membantu Anda ketika ada diposisi kesulitan ekonomi. Dengan demikian Anda pun bisa lebih fokus untuk membayar hutang dan cicilan. Walaupun ada lembaran rupiah yang tersisa di saku Anda, maka jangan ragu untuk ditabungkan.

Itulah dia 5 langkah untuk terbebas dari belitan hutang. Jika Anda mampu melunasi semua hutang Anda dengan tepat waktu, maka Anda  akan lebih nyaman dan lebih mudah ketika  hendak meminjam uang lagi. Ini karena, ketika perusahaan peminjam uang ini melakukan BI Checking pastinya Anda akan memiliki history yang baik. Jadi, ketepatan waktu untuk membayar hutang itu sangat penting demi nama baik Anda sendiri.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: