Peluang Usaha

Menilik 3 Jenis Industri Kreatif yang Memiliki Prospek Masa Depan Sangat Baik

Industri kreatif, saat ini menjadi salah satu fenomena yang memiliki tingkat perubahan sangat cepat. Industri kreatif bisa saja sangat terkenal, namun hanya dalam hitungan satu atau dua tahun kemudian sudah hilang. Meskipun demikian, banyak juga orang yang terjun ke dunia bisnis industri kreatif. Hal ini dikarenakan, industri kreatif sangat menguntungkan jika ditekuni dengan baik. Berani berubah merupakan kunci utamanya agar Anda bisa bertahan di dunia industri kreatif. Salah satu bentuk pertahanan di dunia industri kreatif tersebut adalah melihat dua fenomena. Pertama, melihat fenomena masa kini dan yang kedua melihat masa depan. Jika Anda mampu berpatokan pada dua hal tersebut, maka ada tiga jenis industri kreatif yang layak untuk Anda garap lebih serius. Lalu, apa saja ketiga jenis industri kreatif tersebut? Berikut pemaparannya.

  1. Pembuatan Vidio atau Film

Apa yang dilakukan oleh sebuah bisnis, agar produknya bisa maju? Untuk membuat bisnisnya maju, biasanya mereka bekerja keras dengan membuat inovasi-inovasi terbaru. Selain inovasi, mereka juga membuat sebuah promosi yang baik dan tepat. Kini, media visual menjadi cara berpromosi yang paling tepat dan banyak dilakukan oleh perusahaan. Apalagi, perusahaan-perusahaan sekarang tidak hanya mengandalkan cara berpromosi dengan menggunakan iklan video yang ditayangkan di TV saja. Namun, sekarang mereka juga sudah merambah di media lainnya seperti Instagram, Facebook dan terutama Youtube. Dari media tersebut, Anda bisa melihat ada banyak sekali video atau film pendek yang menarik. Dimana, pada inti video atau film pendek tersebut digunakan untuk menarik para penonton agar membeli sebuah produk.

  1. Periklanan Online

Periklanan online, menjadi alternatif yang paling dilirik oleh banyak perusahaan. Harus diakui, bahwa sekarang ini sudah ada digital agency atau perusahaan periklanan online yang sudah berjalan sukses. Namun, tidak semua perusahaan mampu membayar digital agency tersebut. Hal ini dikarenakan, biaya beriklan secara online itu mahal. Dalam hal ini pun, digital agency biasanya mematok biaya yang tidak murah. Dari adanya fenomena tersebut, maka banyak orang yang secara personal menawarkan diri sebagai pengiklan. Dengan berbekal pengetahuan SEO dan media sosial yang mereka pahami, maka mereka bisa membantu para pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasa secara online. Karena hal ini bersifat personal, maka biayanya pun bisa lebih murah.

  1. Industri Makanan

Menurut Badan Pusat Statistik, industri makanan menempati urutan pertama dalam industri kreatif saat ini. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha industri makanan, tentu saja bukan hanya sekedar menciptakan kreasi makanan yang baru saja. Karena industri makanan berkaitan dengan industri kreatif, maka cara mengelolanya pun harus dengan kreatif. Sebagai salah satu contohnya, ada beberapa startup yang merangkup para pengrajin jajanan khas daerah yang dikemas dengan baik. Dari cara inilah, mereka berhasil membuat brand yang sangat terkenal. Bahkan, produk yang dipasarkannya bukan lagi menjadi jajanan bersifat lokal saja. Tetapi, produknya juga berhasil menjadi jajanan yang bersifat global.

Kunci Keberhasilan untuk Terjun di Industri Kreatif

Kunci yang pertama, Anda harus terus belajar. Mengingat, bahwa industri kreatif sangat lekat dengan perubahan yang sifatnya sangat cepat. Maka, Anda harus sigap dan cepat untuk terus mempelajari industri kreatif. Jika Anda tidak mau berusaha untuk terus belajar, maka bisa saja Anda akan banyak tertinggal. Oleh karena itu, Anda harus sering berkumpul dengan orang-orang yang bekerja di industri kreatif dan ikutilah seminar atau forum industri kreatif untuk bisa mendapatkan update terbaru mengenai industri kreatif. Sehingga, dari sini Anda akan semakin mendapatkan banyak input.

Selanjutnya, kunci yang kedua adalah berani berubah. Jika Anda merasa sudah puas dan berhasil, sebaiknya hindari sifat tersebut. Anda harus ingat, bahwa semua hal pasti akan mengalami perubahan. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan diri untuk perubahan yang akan datang.

Kunci ketiga dan yang paling penting adalah mendengarkan masyarakat. Hal ini dikarenakan, menjadi pebisnis di industri kreatif harus bisa mendengarkan apa yang diinginkan oleh masyarakat. Apalagi, kebutuhan mereka selalu berubah-ubah. Oleh karena itu, Anda harus bisa belajar untuk merespon setiap perubahan tersebut.

Itulah 3 jenis industri kreatif yang memiliki prospek masa depan sangat baik. Jika Anda berminat untuk mengambil salah satu dari peluang bisnis kreatif tersebut, maka tidak hanya kecerdasan saja yang harus Anda miliki. Tetapi, Anda juga harus memiliki keberanian dan kreativitas. Semoga berhasil!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: