Keuangan

Pasca Lebaran Bokek, Atur Keuangan Dengan Cara Ini !

Lebaran merupakan hari kemenangan bagi umat Islam yang usai melaksanakan puasa satu bulan lamanya. Lebaran bisa jadi waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga setelah lama merantau. Saat lebaran tiba maka karyawan akan mendapatkan libur kerja yang lumayan lama. Beberapa perusahaan bahkan memberikan libur kerja hingga satu minggu lamanya. Tak hanya itu saja menjelang lebaran sebelum libur kerja para karyawan akan mendapatkan tunjangan hari raya atau dikenal dengan THR. Penerima THR ini meliputi karyawan tetap, karyawan baru, honorer hingga freelance pun mendapatkannya. Besaran THR biasanya sama dengan rata-rata gaji bulanan yang anda terima.

Disinilah keuangan anda kadang tidak stabil saat tiba- tiba mendapatkan pendapatan tambahan. Ketika lebaran tiba perilaku konsumtif masyarakat Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam cenderung lebih tinggi. Ketika lebaran tiba banyak orang memilih untuk mudik ke kampung halaman, belanja baju lebaran, kue lebaran hingga budaya memberikan angpao . Alhasil banyak yang tak bisa mengontrol pengeluarannya sehingga pasca lebaran malah jadi bokek . Jika anda salah satu orang yang mengalami situasi ini baiknya menyimak beberapa aturan keuangan berikut ini :

Hitung Sisa Uang Bulanan

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk mengatur keuangan pasca lebaran ialah menghitung sisa pendapatan. Coba cek berapa uang bulanan anda dalam rekening maupun uang tunai di dompet. Hal ini memudahkan anda untuk mengetahui apakah anda perlu mencari penghasilan tambahan atau tidak.

Periksa Tagihan Yang Belum Dibayar

Cek apakah ada tagihan yang belum terbayarkan dan jika ada maka segeralah untuk membayarnya. Apabila uang bulanan tak mencukupi maka periksa apakah tagihan tersebut bisa ditunda atau tidak. Jika tagihan tersebut tidak bisa ditunda maka gunakan dana darurat untuk melunasinya. Anda juga bisa meminjam kepada saudara atau teman terdekat jika dana yang dimiliki tidak mencukupi. Hindari meminjam dari bank untuk menghindari beban bunganya.

Kurangi Hang Out

Keuanganmu yang sedang tidak baik jangan dipaksakan untuk membiayai gaya hidup anda pasca lebaran. Kurangi Hang out dan coba cari hiburan yang tidak banyak memakan biaya seperti jalan – jalan ke taman. Cobalah untuk membawa bekal ke kantor untuk menghemat biaya konsumsi di cafe maupun di restauran.

Bawa Uang Ngepress

Namanya juga lagi bokek tentu perlu lebih ketat menjaga ego untuk berbelanja. Ada baiknya sediakan sedikit uang cash di dompet hanya untuk sebagai dana darurat saja. Jangan bawa ATM malah hindari melihat saldo rekeningmu agar anda tidak tergiur menggunakannya.

Fokus Kerja

Saat keuangan tidak baik inilah mungkin anda bisa menghabiskan waktu luang untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum terselesaikan. Anda bisa lebih fokus bekerja dan menghindari ambisi untuk berbelanja atau menghabiskan uang di luar rumah maupun kantor. Lebih bersabar agar tidak mudah tergiur dengan nafsu belanjaku.

Cari Investasi Yang Bisa Mengamankan Uangmu Pasca Lebaran

Sebenarnya saat lebaran beberapa barang investasi mulai dijual murah. Salah satunya ialah emas yang bisa dijadikan barang investasi anda untuk mengamankan uang anda sehingga tidak perlu mengalami bokek pasca lebaran. Dana THR selain disisihkan untuk tabungan bisa pula anda sisihkan untuk berinvestasi emas. Anda bisa membeli perhiasan emas saat harganya sedang turun dan menjualnya kembali ketika anda membutuhkan dana atau harganya sedang tinggi.

Kelebihan emas ialah mudah diperjual belikan di manapun anda berada . Selain itu harga emas sendiri cenderung stabil sehingga minim resiko kerugiannya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top