Peluang Usaha

Sudah Kenal Bisnis Kuliner Ala Food Truck?

Sudah Kenal Bisnis Kuliner Ala Food Truck? – Apakah anda seorang yang bergelut dibidang bisnis kuliner? jika iya tentunya anda harus memutar otak supaya bisnis anda tidak kalah saing dengan bisnis kuliner lainnya. Jenis bisnis kuliner di Indonesia memang sangat banyak, dan semuanya memiliki inovasi tersendiri. Anda pun harus pintar mengetahui peluang dan selera masyarakat. Sayangnya bisnis kuliner, kususnya kuliner cepat saji jual beli tidak bisa dilakukan secara online. Jika bisnis lainnya bisa diperjualbelikan secara online, maka bisnis kuliner cepat saji tidak bisa demikian.

Meskipun tidak bisa jual belikan secara online, ada banyak cara yang bisa anda coba untuk mengenalkan kuliner anda. Apalagi bagi anda yang tidak memiliki banyak modal, bisnis food truck bisa jadi pilihan yang tepat. Lalu apakah bisnis food truck? Food truct merupakan suatu konsep penjualan makanan dengan menggunakan sebuah kendaraan, seperti truck sebagai tempat usahanya. Jadi pemesanan dan jual beli dilakukan didalam kendaraan tersebut. Kendaraan yang digunakan dalam usaha food truck tentunya tidak bisa digunakan begitu saja, melainkan sudah mengalami modivikasi tertentu sehingga dapat memudahkan dalam penggunaan.

Di Indonesia sendiri, tren bisnis food truck memang baru saja dikenal, namun ternyata sudah memeberikan warna baru dalam industry kuliner. Apalagi bisnis ini memberikan kemudahan bagi para penjual maupun pembelinya. Bagi sebagian orang memilih bisnis food truck dianggap membutuhkan biaya yang besar, akan tetapi anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. jika dibanding membuka sebuah restoran, anda bisa gunakanan uang anda untuk membeli sebuah truk bekas dengan harga yang terjangkau. Apalagi anda tidak perlu repot-repot mempromosikan bisnis anda tersebut, karena dengan berjualan keliling kota sama saja dengan mengenalkan produk anda ke semua kalangan.  Selain itu, jika membuka resto pelanggan yang akan datang, maka dengan menggunakan food truk andalah yang menjemput pelanggan, dengan begitu dijamin penghasilan anda akan lebih banyak.

suasana-kegiatan-food-truck-4

Untuk melakukan bisnis food truk, pemilihan lokasi menajdi hal yang penting supaya produk anda bisa laku terjual. Penjual bisa menjajakan dagangannya keberbagai lokasi. Makanan yang anda jajakan pun juga harus sesuai dengan lokasi jual. Misalkan anda bisa menjajakan makanan modern dengan harga mahal di lokasi yang dekat dengan mall atau perkantoran. Sedangkan untuk makanan ringan dengan harga terjangkau bisa anda jajakan di beberapa tempat umum seperti taman, pantai atau lainnya yang memiliki konsumen dari berbagai kalangan.

Segala bentuk bisnis pasti menuntut anda untuk selalu mempersiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin, begitupun dengan bisnis food truk. Pastikan segala bentuk peralatan yang anda gunakan telah tersedia. Begitupun dengan bahan-bahan yang digunakan. Jika bahan yang anda perlukan mudah ditemukan pastilah tidak akan menimbulkan masalah besar, namun jika bahan yang anda gunakan adalah bahan import, maka hal tersebut bisa menjadi kendala karena anda harus bolak-balik ke rumah untuk mengambil bahan.

Bagaimana, tertarik mencoba jenis bisnis ini? jika anda tertarik memulai bisnis ini, anda juga bisa bergabung dengan Asosiasi Food Truck Indonesia (AFTI). Disana anda akan mendapat berbagai pengetahuan tentang sistem bisnis food truck. Berbagai masalah maupun hambatan yang timbul dari bisnis food truck pun juga bisa anda anda diskusikan dalam berbagai pertemuannya. Bahkan asosiasi tersebut sudah berhasil menurunkan angka pengusaha food truck yang berniat gulung tikar.

Hingga sekarang AFTI telah berhasil membawahi 35 usaha food truck dari 70 usaha yang telah beroperasi di Jakarta. Meskipun tidak semua pelaku bisnis food truck bergabung dengan asosiasi ini, namun dengan data yang ada telah menjadi bukti jika AFTI turut andil dalam membantu pengusaha food truck di Indonesia.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: