Tips

Tips Memilih Jurusan Kuliah Bagi Anda Yang Baru Lulus SMA

Menentukan dimana anda akan melanjutkan kuliah rasanya tentu tidak sama dengan ketika anda menentukan ingin masuk ke sekolah SMP atau SMA mana. Jika ketika SMA umumnya setiap orang akan memilih bersekolah di di sekolah yang tidak jauh dari rumah, maka ketika kuliah jauh dekatnya kampus yang anda pilih harus disesuaikan dengan jurusan yang ingin anda ambil.

Nah, berbicara mengenai jurusan, tidak seperti SMA yang maksimal anda akan dihadapkan pada tiga pilihan jurusan, yakni Bahasa, IPA, dan IPS, maka ketika kuliah anda akan dihadaapkan pada puluhan jenis jurusan. Tentu kondisi ini akan sangat sulit, dan membingungkan, mengingat jurusan yang anda pilih di bangku perkuliahan akan menjadi bidang kerja anda setelahnya, dan bisa juga akan berpengaruh pada kondisi kehidupan anda selanjutnya. Apabila anda tidak memilih jurusan secara sungguh, maka bisa jadi anda akan berhenti sebelum waktunya. Maka dari itu, sebelum benar-benar masuk perguruan tinggi pastinya anda harus melakukan beberapa hal ini untuk dapat menentukan jurusan yang sesuai.

Kenali Minat Dan Bakat

Minat dan kemampuan merupakan dua hal berbeda yang memiliki sedikit persamaan. Minat biasanya diartikan sebagai sesuai ketertarikan dari diri seseorang terhadap sesuatu. Sedangkan bakat biasanya suatu kemampuan yang sudah ada dalam diri seseorang karena factor keturunan. Ketika anda memilih jurusan,  dua hal ini harus benar-benar anda temukan dalam diri anda. Jangan sampai anda memilih jurusan hanya karena enak-enaknya saja, atau karena supaya terihat wow tanpa melihat bagaimana minat, bakat, atau kemampuan diri sendiri. karena apabila anda tidak memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat maka anda akan sulit untuk mendalami.

Pahami Peluang Di Masa Mendatang

Bagaimanapun, apa yang dilakukan seseorang sekarang adalah untuk masa depat. Setiap belajar, bersekolah, bekerja dilakukan untuk mencukupi kebutuhan dan menjamin kehidupan di masa depan. Maka dari itu, anda bisa bisa pertimbangkan jurusan yang memang memiliki peluang bagus dimasa depan. biasanya jurusan seperti ini lebih sedikit peminatnya. Untuk mengetahuinya, anda bisa coba lakukan riset kecil-kecilan mengenai kondisi perekonomian, social, politik, budaya, pendidikan, tata kota, kesehatan, dan masih banyak lainnya di negara ini. jika sudah selesai, lihat kira-kira permasalahan mana  yang membutuhkan penyelesaian jangka panjang, dan apakah anda mampu menekuni bidang tersebut.

Jangan Memilih Jurusan Yang Sudah Umum

Seperti yang kita tahu, jumlah mahasiswa dan jumlah pengangguran di Indonesia berapa banyak. anda mungkin tidak akan menduga berapa besar jumlah lulusan sarjana setiap tahunnya, dan berapa jumlah pengangguran. Tingginya jumlah pengangguran lebih banyak dipicu karena jumlah lapangan kerja semakin tinggi, sedangkan sarjana pada tersebut terlalu banyak sehingga mengakibatkan persaingan yang semakin ketat. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih jurusan yang kiranya masih jarang diambil oleh banyak orang. Jurusan-jurusan seperti ini kadang memberikan persaingan kerja yang kecil.

Pertimbangkan Biaya

Selanjutnya adalah soal biaya. Setiap tahun biaya perkuliahan di setiap kampus, baik PTN maupun PTN terus mengalami kenaikan. Belum lagi dengan biaya hidup lain-lain, sehingga tentu biaya yang harus dikeluarkan sangat banyak. Oleh sebab itu, Kenali dulu jurusan mana yang biasanya memberlukan biaya tinggi atau rendah. Jika anda berada tingkat yang cukup berada mungkin hal ini bukan masalah berarti. Namun jika anda berapa pada tingkat ekonomi yang rendah, maka hal ini sangat perlu dipertimbangkan.

Konsultasikan Kepada Orang Berpengalaman

Jika beberapa hal sebelumnya telah anda lakukan, terakhir anda bisa berkonsultasi kepada orang yang berpengalaman. Biasanya cara ini bisa mengeluarkan anda dari kebingungan berdasarkan hasil pertimbangan sebelumnya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: