Tips

Tips Sukses Berbisnis Ala Gibran Rakabuming, Berani Coba?

tips-bisnis-gibran-rakabuming

Berbisnis saat ini memang banyak menginspirasi kaum muda untuk menjadikannya sebagai jalan hidup. Meski demikian, walau sekarang semangat berbisnis kaum muda terbilang besar, sayangnya tidak semua pengusaha muda saat ini memiliki semangat juang yang tinggi untuk menjalankannya. Inilah salah satu kondisi yang setidaknya diprihatinkan oleh Gibran Rakabuming Raka (Gibran) ketika menyampaikan pandangannya dalam seminar kewirausahaan bagi generasi muda pada acara Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) Expo di Denpasar. Dalam kesempatan tersebut, putra sulut Presiden Joko Widodo juga menyampaikan tips-tips bagi para kawula muda yang ingin menjadi pengusaha sukses. Nah berikut ini adalah beberapa tips dari owner katering Chili Pari dan Martabak Kota Baru alias Markobar tersebut.

  1. Tidak Takut Untuk Memulai

Pertama, tips sukses berbisnis dari Gibran untuk kawula muda adalah dengan tika takut untuk memulai. Memang tidak sedikit kawula muda yang memiliki cita-cita dan impian besar untuk berbisnis tapi tak kunjung memulainya. Menurut Gibran sampai kapan pun kalau tidak dimulai maka bisnis tidak akan pernah berjalan. Keberanian untuk memulai bisnis memang sangat penting untuk dimiliki para pebisnis muda. Sebab dari keberanian memulai bisnis inilah maka siapa pun termasuk kaum muda bisa menjadi pengusaha dan perlahan memahami seluk beluk bisnis. Dalam bisnis apapun memang akan selalu ada risiko. Tapi bila kaum muda selalu berpatokan pada risiko, tentu yang muncul hanya ketakutan dan ketakutan untuk memulai. Jadi kalau Anda ingin berbisnis ya tak perlu terlalu berpikir risiko yang ada. Dari pada memikirkan risiko yang bisa membuat takut, bayangkan saja hal menarik seperti laba atau keuntungan yang bisa Anda raih dari kegiatan berbisnis ini. Inilah yang disampaikan Gibran saat seminar sebagai solusi untuk mengatasi ketakutan dalam berbisnis.

  1. Jangan Malu Merintis Usaha

Selain takut akan risiko, menurut Gibran, hal yang sering membuat kaum muda gagal menjalankan bisnisnya adalah rasa malu. Umumnya pebisnis yang mengalami hal ini adalah mereka yang menjalankan usaha dari tahap perintisan atau skala kecil. Menjalankan usaha dari tahap awal memang membuat siapa pun, termasuk kaum muda harus memiliki mental kuat seperti berani untuk malu. Inilah yang disampaikan Gibran untuk para pemuda agar tidak selalu mengedepankan rasa malu, tapi melawan rasa malu tersebut. Gibran sendiri saat memulai bisnis Markobar, mengalami hal ini. Apalagi sebagai anak Presiden, dirinya mengakui sempat dilanda rasa malu. Tapi dengan kesungguhan dan keinginan serta tekad yang bulat untuk menjadi pebisnis suskes maka Gibran pun berhasil mengeliminasi ras malu dan sekarang sukses menjalankan Markobar dengan 37 cabang di seluruh Indonesia.

  1. Tekuni dengan Sabar dan Sungguh-sungguh

Selanjutnya, tips sukses berbisnis ala Gibran adalah dengan menekuninya dengan sabar dan sungguh-sungguh. Untuk bisa mencapai sukses dalam bisnis memang tidak semudah yang dibayangkan. Sebab, perlu proses dan waktu yang dibutuhkan pebisnis hingga mereka meraih kesuksesan. Maka dari itu untuk menjadi pebisnis yang sukses dibutuhkan kesabaran yang ekstra. Pada pebisnis kaum muda, sering kali Gibran mendapati mereka yang kurang sabar saat menjalankan usaha. Dari sinilah kemudian muncul permasalahan. Sebab, kesabaran memang menjadi hal yang wajib dimiliki para entrepenuer nuda untuk merintis bisnis dari kecil. Jadi bila Anda ingin suskes berbisnis, Gibran menyarankan untuk selalu menekuni usaha dengan sabar dan sungguh-sungguh.

  1. Manfaatkan Kemajuan Teknologi

Terakhir, saran Gibaran untuk para pemuda yang ingin sukses berbisnis adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Di era yang serba digital dan penuh dengan teknologi memang menuntut setiap pengusaha, termasuk pengusaha muda tidak gaptek (gagap teknologi). Sebab, bila pebisnis gaptek maka mereka akan banyak tertinggal oleh pengusaha lain. Saat pebisnis tertinggal oleh yang lain maka hal ini tentu akan membuat mereka kehilangan kesempatan meraih puncak kesuksesan dalam berbisnis. Beberapa wujud teknologi yang wajib untuk dicemati pebisnis adalah teknologi internet dan juga teknologi perlengkapan produksi.

Itulah beberapa tips dari Gibran Rakabuming untuk siapa pun, terutama kaum muda yang akan merintis atau menjalankan bisnis. Namun agar benar-benar membuat tips ini menghasilkan apa yang diharapkan, makan Anda harus menjalankannya dengan sungguh-sungguh dan penuh konsistensi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top