Tips

Usaha Sedang Sepi Pembeli? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengatasinya

bisnis-sepi-pembeli

Berbisnis merupakan kegiatan yang memiliki fluktuasi setiap waktunya. Jadi dari sini Anda sebagai pebisnis tidak bisa menikmati terus menerus omset yang besar. Sebab di satu waktu bisa jadi bisnis mengalami kelesuan dan penurunan penjualan. Sebaliknya pula bila bisnis atau penjualan sedang lesu atau sepi, tentu hal ini tidak akan terus menerus berlangsung. Apalagi bila Anda mau berusaha dengan sungguh-sungguh mengatasi keadaan sepinya penjualan. Dengan usaha sungguh-sungguh dari Anda maka bukan tidak mungkin keadaan sepi ini akan segera bisa teratasi. Nah, berikut ini adalah beberapa cara dan usaha yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keadaan bisnis yang sedang sepi.

  1. Buatlah Inovasi

Pertama, cara dan usaha yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keadaan sepinya bisnis yaitu dengan membuat inovasi. Inovasi memang bersifat melawan dan mendobrak segala hambatan atau bahkan ketidakmungkinan yang ada. Menghadirkan inovasi bahkan selalu menjadi andalan beberapa perusahaan besar untuk bisa menghadirkan sebuah solusi masalah penjualan yang mengalami penurunan. Meski banyak manfaatnya, namun satu hal yang perlu Anda pahami untuk menghadirkan inovasi yaitu Anda harus terbiasa berpikir keras dan out of the box. Seorang pebisnis yang ingin menghadirkan inovasi memang perlu memiliki kreativitas. Sebab dengan kreativitas inilah seseorang bisa memunculkan ide-ide brilian untuk kemudian dieksekusi menjadi inovasi.

  1. Maksimalkan Pemasaran Online

Bila Anda selama ini kurang berbuat maksimal dalam pemasaran online maka cobalah sekarang Anda fokuskan pada hal ini. Pemasaran online memang seringkali menjadi solusi untuk mengatasi kebuntuan penjualan. Tapi agar benar-benar mencapai hasil dari penjualan via pemasaran online yang optimal maka Anda harus bisa mengusahakannya dengan sungguh-sungguh. Dalam menjalankan pemasaran online memang di lapangan seringkali dijumpai pebisnis yang setengah hati melakukannya. Biasanya mereka sangat bersemangat diawal untuk menjalankan pemasaran online, tapi lama-kelamaan mereka bosan dan malas. Nah dari sinilah penjualan dalam bisnisnya bisa saja kemudian mengalami penurunan. Untuk bisa kembali membuat penjualan naik, maka Anda harus bisa memaksimalkan kembali dengan usaha sungguh-sungguh pemasaran online yang selama ini ditinggalkan.

  1. Perhatikan Kualitas Produk

Berikutnya, cara dan hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi keadaan sepinya penjualan dan bisnis yaitu dengan memperhatikan kualitas produk. Kualitas produk memang sangat mempengaruhi perhatian konsumen. Bila Anda selama ini merasa produk bisnis Anda didapati kurang bisa bersaing dengan kompetitor maka cobalah cek kualitasnya. Sebab bisa jadi kualitas produk Anda yang buruk dibanding kompetitor maka hal ini bisa mempengaruhi penjualan. Sebab konsumen yang semakin kritis terhadap produk pembeliannya sangat mungkin akan lebih memilih produk dengan kualitas yang baik dibanding yang buruk. Dari sinilah memperhatikan kualitas produk bisa saja akan menjadi solusi dari sepinya pembeli. Bicara kualitas tentu tidak bisa mengkesampingkan harga, sebab kualitas selalu akan berafiliasi langsung dengan harga. Jadi jangan ragu meski kemudian ada harga yang perlu Anda naikkan ketika akan menaikkan kualitas produk bisnis agar banyak pembeli yang tertarik membeli.

  1. Tingkatkan Pelayanan Konsumen

Siapa sih konsumen yang tidak ingin dilayani dengan baik? Dengan pelayanan yang baik, konsumen memang akan merasa senang dan puas dengan transaksi yang telah dilakukannya. Saat konsumen sudah puas dengan pembeliannya maka mereka tak akan ragu lagi untuk melakukan pembelian kembali pada Anda. Maka dari itu ketika Anda mendapati penjualan atau bisnis yang sedang sepi cobalah untuk melihat bagaimana performa pelayanan bisnis Anda. Bisa jadi masalah penjualan yang sedang sepi ini disebabkan oleh pelayanan bisnis Anda yang tidak maksimal. Dari sini maka solusi untuk bisnis yang sepi tersebut adalah Anda harus bisa meningkatkan pelayanan konsumen.

  1. Turunkan Harga

Terakhir, hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bisnis yang sepi yaitu dengan menurunkan harga. Harga memang juga bisa saja menjadi faktor penyebab menurunnya penjualan dan sepinya bisnis. Jadi bila produk usaha Anda memiliki harga yang terlampu mahal memang bukan tidak mungkin membuat pembeli berpaling. Nah dari sini Anda memang harus melakukan riset mengenai harga produk Anda di pasaran. Pastikan harga produk Anda tidak melebihi harga pasar. Bila kemudian Anda mendapati harga produk yang terlalu melebihi harga pasar maka mau tak mau Anda harus menurunkannya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top