Lainnya

Waspadai Konflik di Tempat Kerja, Ini Dia Penyebabnya!

konflik-karyawan

Sebagai pebisnis tentu Anda ingin memiliki karyawan yang bisa terus bekerja dengan produktif tanpa gangguan. Namun dalam sebuah perusahaan, dinamika yang terjadi bisa saja kemudian mengganggu produktivitas kerja karyawan. Penyebabnya tentu saja konflik yang terjadi antar karyawan di tempat kerja. Konflik yang terjadi pada para pekerja di perusahaan sendiri merupakan sesuatu yang tidak baik dan dapat mempengaruhi pertumbuhan perusahaan yang melambat. Maka dari itu Anda sebagai pebisnis atau CEO, wajib selalu mewaspadai adanya konflik di tempat kerja. Bagaimana caranya? Tentu Anda harus mengetahui dulu penyebab yang memunculkan konflik ini. Berikut penjelasannya.

  1. Kepribadian yang Berbeda-beda

Penyebab pertama yang bisa memunculkan konflik adalah adanya kepribadian yang berbeda-beda pada setiap pekerja. Untuk penyebab yang satu ini Anda tidak bisa mengubahnya. Sebab setiap orang yang ada memang bisa jadi memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Apalagi bila perusahaan Anda sudah bisa mempekerjakan banyak karyawan, maka akan semakin banyak perbedaan kepribadian yang bisa Anda temui. Untuk bisa mengatasi munculnya konflik karena penyebab pertama ini, Anda tidak bisa mengubah watak orang untuk kemudian menyeragamkannya dalam satu kepribadian. Sebab mengubah kepribadian orang ini sangatlah sulit dan memakan banyak waktu yang terbuang. Maka dari itu langkah terbaik untuk menghindari konflik dari penyebab pertama ini adalah dengan meminta setiap karyawan untuk memahami adanya perbedaan kepribadian dari rekan-rekannya dan menyarankan pada mereka untuk saling menghargai satu sama lain.

  1. Komunikasi yang Buruk

Komunikasi memang sangat penting saat bekerja di sebuah perusahaan. Apalagi bila Anda bekerja di sebuah perusahaan yang mengharuskan Anda untuk bekerja secara tim atau teamwork, maka komunikasi akan semakin penting peranannya. Bila komunikasi ini disepelekan maka yang sering terjadi di lapangan adalah ketidakberesan pekerjaan. Bahkan beberapa diantara kasus yang ada, komunikasi yang buruk ini bisa menyebabkan konflik. Hal ini dikarenakan komunikasi yang buruk bisa menyebabkan salah paham antar karyawan dan akhirnya memicu konflik. Dari sinilah Anda sebagai pemilik usaha harus bisa membuat karyawan bisa melakukan komunikasi yang baik. Bila perlu Anda bisa mengikutkan karyawan pada kelas pelatihan atau workshop tentang komunikasi di tempat kerja yang diadakan oleh pihak-pihak yang menyelenggarakannya.

  1. Kompetisi yang Tidak Sehat

Berikutnya, penyebab yang bisa memunculkan konflik yaitu kompetisi yang tidak sehat. Dalam perusahaan kompetisi antar karyawan untuk meraih karir terbaik memang akan selalu ada. Sebenarnya kompetisi ini baik asal dilakukan dengan cara sehat. Yang berbahaya adalah bila kompetisi antar karyawan untuk meraih karir terbaik ini dilakukan secara tidak sehat. Sebab bila yang terjadi adalah kompetisi yang tidak sehat maka hal ini akan memicu terjadinya konflik. Untuk itulah Anda yang tidak ingin terjadinya konflik, cobalah untuk membuat sistem karir yang baik agar karyawan yang berpacu mengejarnya, mau tak mau harus bersaing dengan sehat. Bila kemudian ditemui ada karyawan yang melakukan cara-cara tidak baik untuk mencapai karir, maka Anda harus tegas untuk memberhentikannya sesuai peraturan dan sistem yang telah dibuat sebelumnya.

  1. Tekanan Pekerjaan

Saat bekerja, tak jarang ada karyawan yang mendapati tekanan pekerjaan. Tekanan pekerjaan yang dialami karena karyawan yang malas menyelesaikan pekerjaan tepat waktu atau karena hal lainnya ini tentu merupakan problem bagi perusahaan. Selain membuat karyawan akan sulit menyelesaikan pekerjaan dan berdampak pada pertumbuhan perusahaan, tekanan pekerjaan yang dialami karyawan juga bisa memicu konflik. Pasalnya, tekanan pekerjaan bisa saja menghadirkan stress dan stress inilah yang kemudian bisa membuat konflik diantara sesama rekan kerjanya.

  1. Masalah Personal

Terakhir, sebab munculnya konflik di tempat kerja adalah adanya masalah personal atau pribadi. Setiap manusia termasuk karyawan Anda memang akan memiliki masalah pribadi dalam kehidupannya. Masalah pribadi ini sendiri tidak hanya bisa berasal dari tempat kerja, tapi juga bisa datang dari kehidupan asamara atau keluarga. Untuk itu guna menghindari konflik karena masalah personal tersebut seharusnya Anda sebagai pemilik usaha harus memberikan pemahaman pada semua karyawan agar tidak membawa masalah personal ke perusahaan. Sebab, tidak sedikit memang konflik yang muncul di tempat kerja ini dikarenakan karyawan yang membawa masalah personal ke perusahaan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top