Lainnya

4 Cara Dapatkan Pekerjaan di Masa Pandemi Covid-19

Masa pandemi Covid-19 memang membuat banyak orang terpukul. Tidak hanya kalangan pengusaha, tapi pada kalangan pegawai atau karyawan, lebih banyak dari mereka yang sangat terpuruk. Keterpurukan yang dialami para pegawai atau karyawan ini dikarenakan mereka yang harus menerima nasib di rumahkan atau bahkan di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Dari sinilah kemudian banyak pekerja yang menjadi pesimis untuk kembali mencari pekerjaan baru di masa pandemi. Tapi sebagai pekerja sejati seharusnya kamu tidak berputus asa dengan keadaan. Alih-alih berputus asa, kamu perlu kreatif untuk mempersiapkan diri dalam mencari pekerjaan. Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu jalanlan untuk bisa mendapatkan pekerjaan di masa pandemi Covid-19.

  1. Memperbarui CV

Cara pertama yang bisa kamu jalankan untuk bisa mendapatkan pekerjaan di masa pandemi adalah dengan memperbarui CV. Bila sebelum pandemi kamu sering lupa meng-update CV, maka mau tak mau kali ini kamu memang perlu memperbarui. Untuk apa memperbaruai CV? Tujuan memperbarui CV sendiri adalah agar pengalaman pekerjaan kamu bisa terlihat lebih meyakinkan di hadapan pemberi kerja. Seiring perjalanan waktu kamu tentu memiliki banyak pengalaman dan mungkin juga skill yang bertambah. Nah dari sinilah maka kamu harus bisa memperbarui CV agar pengalamanmu bisa terlihat lebih meyakinkan. Jika pemberi kerja sudah lebih yakin setelah melihat pengalamanmu, maka peluangmu untuk bisa diterima kerja akan lebih besar.

  1. Melihat Lowongan Pada Situs Pencarian Kerja Online

Kamu yang sebelumnya jarang membuka situs-situs pencarian kerja di ranah online, maka di masa pandemi yang sulit ini kamu harus melakukannya. Kenapa harus mulai membuka lowongan di situs online? Sebab saat ini sudah banyak pemberi kerja yang memanfaatkan situs-situs daring untuk membagikan lowongan kerjanya. Nah dari sini bila kamu tidak melakukannya dan hanya mengandalkan info-info pada media offline saja, kamu akan semakin sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Pasalnya dengan adanya pandemi ini, banyak dari masyarakat, termasuk para pemberi kerja yang merasa takut keluar rumah. Dari sinilah kemudian para pemberi kerja tadi akan lebih banyak mengandalkan dan memanfaatkan ranah online untuk memberikan kabar lowongan kerjanya.

  1. Mencari Peluang Lewat Jaringan

Berikutnya, cara agar segera mendapatkan pekerjaan di masa pandemi Covid-19 adalah dengan memanfaatkan jaringan. Kamu yang memiliki banyak teman dan sahabat atau beberapa kenalan orang-orang penting, hal ini sangat penting untuk di maksimalkan. Mereka-mereka ini memang merupakan jaringan yang akan menjadi aset berhargamu di waktu-waktu tertentu seperti sekarang ini. Maka saat kamu berada di situasi sulit seperti masa pandemi ini, sudah waktunya untukmu memanfaatkan jaringan yang ada. Hubungi mereka dengan bahasa yang baik untuk menanyakan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang terbuka. Dengan cara ini maka kamu akan punya peluang yang besar untuk bisa kembali mendapatkan pekerjaan.

  1. Membuka Lapangan Kerja Sendiri

Terakhir, cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa segera memperoleh pekerjaan di masa pandemi Covid-19 yaitu dengan membuka lapangan kerja sendiri. Bila beberapa cara diatas sudah kamu coba dan tidak mendapatkan hasil, maka mau tak mau kamu harus membuat terobosan sendiri. Dari pada pusing-pusing mencari pekerjaan yang tidak ada kepastiannya, kenapa tidak mencoba membuka lapangan kerja sendiri? Untuk menjalankan cara ini bisa jadi kamu akan mendapati banyak kesulitan di awal-awal. Tapi percayalah bila kamu serius dan bersungguh-sungguh melakukannya maka kamu akan bisa mendapatkan sesuatu yang lebih besar dari hanya sekedar pekerjaan. Sebab ketika kamu sukses membuka lapangan kerja sendiri, kamu juga bisa membuat orang lain berbahagia dengan penghasilan yang kamu berikan pada mereka.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa segera mendapatkan pekerjaan di masa pandemi ini. Ingat saja selalu bahwa dibalik kesulitan akan ada kemudahan bila mau berusaha.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top