Tips

4 Hal yang Bisa Dilakukan Agar Bisnis Tak Terpengaruh Isu Virus Corona

antisipasi-virus-corona

antisipasi virus corona/https://www.wired.com/

Virus corona saat ini memang membuat banyak orang menjadi resah. Keresahan masyarakat dengan virus corona ini sendiri terlihat dari kepanikan banyak orang saat membeli masker dan beberapa kebutuhan lain. Kepanikan yang terjadi karena isu virus corona ini sendiri kemudian berimbas pada banyak hal terutama dunia usaha. Karena ketakutan akan virus corona tersebut kemudian membuat banyak kalangan masyarakat yang berhati-hati bahkan enggan berbelanja di luar rumah. Nah dari sini tentu pebisnis bisa saja mendapatkan pukulan keras karena keadaan atau situasi tersebut. Untuk itulah agar bisnis Anda tidak terdampak atau terpengaruh dengan isu virus corona, Anda harus berbuat sesuatu. Nah berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa menyakinkan konsumen bahwa bisnis Anda bebas dari virus corona.

  1. Pastikan Tempat atau Toko Anda Aman dari Virus Corona

Hal pertama yang bisa Anda lakukan agar bisnis tak terpengaruh isu virus corona adalah dengan memastikan tempat atau toko Anda aman dari virus tersebut. Penularan virus corona atau virus covid-19 ini memang bisa terjadi di area publik melalui benda-benda yang telah disentuh oleh pasien. Dari sinilah kemudian publik menjadi khawatir bepergian ke luar rumah karena takut tertular. Untuk itu maka Anda yang tidak ingin bisnis terpengaruh dengan hal tersebut perlu melakukan antisipasi. Caranya tentu Anda harus memastikan tempat atau toko Anda aman dari virus corona.

  1. Hadirkan Hand Sanitizer di Tempat atau Toko Anda

Untuk menangkal virus corona, para pakar kesehatan memang menyarankan agar seseorang rajin untuk mencuci tangan. Sayangnya ketika berada di tempat umum kita seringkali kesulitan untuk mencari tempat cuci tangan. Nah dari sinilah Anda yang memiliki bisnis atau toko di tempat umum seharusnya peka dengan isu kesehatan ini. Jadi agar konsumen atau pembeli yang datang ke toko Anda tidak ragu untuk berbelanja, maka Anda bisa menghadirkan hand sanitizer. Hand sanitizer memang menjadi solusi efektif bagi seseorang untuk menangkal virus corona ketika berada di luar rumah. Hand sanitizer sendiri menjadi salah satu solusi alternatif pengganti cuci tangan dengan air ketika sulit dilakukan saat berada di tempat umum. Nah bila Anda bisa menghadirkan hand sanitizer di toko, konsumen pun menjadi lebih yakin untuk berbelanja tanpa khawatir tertular virus corona.

  1. Ingatkan Karyawan untuk Melayani Konsumen dengan cara Sehat

Berikutnya, hal yang bisa Anda lakukan guna membuat bisnis tidak terpengaruh dengan isu virus corona adalah dengan mengingatkan karyawan untuk melayani konsumen dengan cara sehat. Close contact dari penderita dengan orang lain memang sangat memungkinkan terjadinya penularan virus corona. Nah dari sini maka Anda yang memiliki bisnis dengan beberapa karyawan perlu memberikan instruksi untuk melayani kosumen dengan cara sehat. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menginstruksikan kepada karyawan untuk sementara waktu menghindari jabat tangan dengan konsumen. Cara kedua Anda bisa menginstruksikan kepada karyawan yang sedang mengalami flu untuk memakai masker atau sementara waktu tidak melayani konsumen untuk mengantisipasi penularan.

  1. Edukasi Konsumen dan Pelanggan Akan Hidup Sehat

Terakhir, hal yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi bisnis terpengaruh isu virus corona adalah dengan menjalankan edukasi kepada konsumen dengan hidup sehat. Edukasi tentang hidup sehat yang Anda hadirkan kepada konsumen tentu akan menjadi sebuah gambaran bagaimana bisnis Anda peduli dengan isu virus corona ini. Jadi hadirkan saja edukasi kesehatan ini di beberapa platform seperti media sosial, website atau di toko Anda sendiri. Dari edukasi ini maka pengunjung atau pelanggan pun akan merasa yakin untuk berbelanja di tempat atau toko Anda tanpa khawatir akan virus corona.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa membuat bisnis tidak terpengaruh atau terdampak oleh isu virus corona. Dengan beberapa hal di atas yang Anda lakukan tentu masyarakat dan konsumen akan lebih yakin dan tidka ragu lagi untuk melakukan transaksi atau pembelian di toko Anda. Dari sini maka omset usaha Anda pun tidak mengalami penurunan akibat isu virus corona.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: