Tips

4 Solusi yang Bisa Dilakukan Saat Ekonomi Sedang Lesu Karena Virus Corona

menghemat

menghemat/https://www.thebalance.com/

Meskipun negara melalui pemerintah belum menetapkan kebijakan lockdown karena isu virus corona, tapi saat ini lesunya keadaan ekonomi sudah mulai terasa. Lesunya ekonomi yang terasa hingga ke kalangan masyarakat bawah ini disebabkan semakin mewabahnya covid-19 di beberapa daerah di Indonesia. Pemerintah sendiri telah mengeluarkan anjuran kepada masyarakat untuk berkegiatan di rumah dan melakukan social distancing. Dari anjuran ini memang membuat pasar menjadi sepi karena banyak orang yang lebih memilih tinggal di rumah dari pada bepergian keluar dengan kekhawatiran tertular virus corona. Kondisi lesunya pasar ini bisa saja semakin ekstrim bila nantinya pemerintah menetapkan lockdown. Nah untuk itulah maka Anda yang sudah merasakan lesunya ekonomi ini perlu segera berbuat dengan beberapa piliha solusi berikut ini.

  1. Lakukan Penghematan

Solusi pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi situasi ekonomi yang sedang lesu karena virus corona saat ini adalah dengan menjalankan penghematan. Kita memang tidak ada yang tahu sampai kapan wabah covid-19 ini akan berakhir. Nah dari sinilah karena kita tidak tahu waktu berakhirnya wabah ini maka kita mau tak mau dan suka tidak suka harus melakukan penghematan. Jangan lagi suka menghambur-hamburkan uang untuk pembelian barang-barang yang tidak perlu. Penghematan ini sendiri bahkan bisa menjadi hal yang wajib dilakukan bila memang dalam keadaan seperti sekarang, pendapatan Anda mulai berkurang. Inilah solusi dan kenyataan pahit yang memang harus kita terima ditengah wabah virus corona yang semakin merajalela.

  1. Dapatkan Tambahan Penghasilan

Bila Anda merasa pendapatan saat ini mengalami penurunan karena dampak isu virus corona maka Anda harus segera berbuat. Solusinya, Anda bisa mencari tambahan penghasilan di luar pekerjaan utama. Tentu agar Anda tetap menjaga keamanan dan kesehatan, cobalah untuk mencari tambahan penghasilan di ranah online. Untuk mendapatkan penghasilan tambahan di ranah online ini sendiri banyak opsi yang bisa dipilih. Dari menjadi reseller, dropshipper, content writer, jasa penerjemah, designer dan lainnya, semua merupakan beberapa pilihan pekerjaan yang bisa Anda jalankan guna memperoleh penghasilan tambahan. Dengan mendapatkan pekerjaan dan penghasilan tambahan dari ranah online ini maka Anda pun tak perlu kebinggungan lagi ketika penhasilan utamamu mengalami penurunan.

  1. Cari Alternatif Lain

Berikutnya, solusi yang bisa Anda ambil dari situasi ekonomi yang lesu karena dampak isu virus corona adalah dengan mencari alternatif lain. Mencari alternatif lain ini sendiri banyak pilihan yang bisa diambil. Dari mencari pekerjaan lain hingga mencari cara untuk bisa bertahan dalam situasi seperti sekarang. Contoh alternatif lain yang bisa dijalankan bagi Anda yang masih tinggal di rumah kontrakan atau kos-kosan adalah dengan pindah ke rumah orangtua selama keadaan ekonomi masih belum stabil. Contoh lain yang bisa dilakukan adalah meminjam kredit ke perbankan untuk menjalankan usaha atau bisnis yang prospek di masa sekarang ini.

  1. Ikut Kampanyekan Kebijakan Pemerintah

Terakhir, solusi yang bisa dilakukan saat keadaan ekonomi yang lesu karena isu virus corona adalah dengan ikut serta mengkampanyekan solusi pemerintah. Anda tentu ingin wabah virus corona ini segera berakhir. Nah dari sinilah maka Anda yang memang berharap kondisi bisa kembali seperti sedia kala, harus ikut aktif mengkampayekan upaya dan kebijakan pemerintah. Pemerintah memang sedang berusaha sekuat tenaga untuk membuat wabah ini segera lenyap. Dari sinilah kemudian pemerintah baik itu pusat dan daerah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk bisa mengatasi wabah. Anda yang ingin membuat keadaan ekonomi yang lesu menjadi seperti semula, maka perlu bersama-sama berjuang untuk mengatasi keadaan ini. Anda memang tidak harus berada di garis depan untuk hal ini, tapi dengan ikut aktif mengkampanyekan kebijakan pemerintah, setidaknya Anda telah berusaha untuk itu.

Itulah beberapa solusi yang bisa Anda lakukan saat kondisi ekonomi sedang lesu karena virus corona. Anda memang tidak boleh berdiam diri saja menerima keadaan perekonomian yang lesu ini. Setidaknya dengan berjuang dan mencari solusinya ini maka Anda akan bisa sedikit meminimalisir dampak yang ada.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: