Tips

4 Tips Memulai Pekerjaan Sampingan untuk Tambahan Penghasilan

tips-mulai-pekerjaan-sampingan

tips mulai pekerjaan sampingan/https://nalar.id/

Tak jarang memang seorang pekerja merasa gajinya di kantor belum bisa memenuhi seluruh kebutuhannya. Dari sini pekerja tersebut biasanya akan mencari pekerjaan lain untuk bisa memperoleh tambahan penghasilan. Untungnya saat ini ada banyak platform online yang bisa dijadikan salah satu tempat mencari tambahan penghasilan. Dengan skill yang dimiliki bukan tak mungkin pekerja tersebut bisa mendapatkan tambahan penghasilan yang lumayan besar.

Namun untuk menjalankan pekerjaan sampingan ini memang tidak boleh sembarangan. Sebab, di sini namamu akan dipertaruhkan baik itu di kantor atau di tempatmu mendapatkan pekerjaan sampingan tersebut. Maka dari itu Anda yang berencana akan mengambil pekerjaan sampingan perlu menerapkan beberapa tips berikut ini.

  1. Cari Tahu Job yang Disukai

Tips pertama memulai pekerjaan sampingan adalah mencari tahu yang disukai. Saat ini tawaran untuk pekerjaan sampingan ini memang beragam. Keberadaan platform digital yang semakin menjamur kemudian memunculkan beberapa pekerjaan atau profesi baru yang bisa dikerjakan secara remote. Sebut saja profesi baru yang bisa dikerjakan dari rumah adalah web developer, social media specialist, content writing, web designer dan lainnya. Nah dari banyaknya pilihan profesi inilah maka kamu harus memilih satu yang benar-benar disukai dan merupakan skill atau keahlian utama Anda. Kenapa harus memilih job yang disukai? Sebab dengan menjalankan pekerjaan sampingan yang disukai maka Anda akan bisa mengerjakannya dengan baik tanpa harus menganggu pekerjaan utama di kantor. Dengan mengambil job yang sesuai dan disukai juga akan membuatmu bisa bekerja dengan penuh semangat dan hasil memuaskan.

  1. Pertimbangkan Platform untuk Freelancer

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa saat ini memang ada beberapa platform digital yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan sampingan. Menariknya pekerjaan sampingan ini bisa kamu kerjakan secara online dari rumah. Nah beberapa platform yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mendapatkan penghasilan tambahan antara lain Fiverr, Upwork dan lainnya. Untuk platftom dalam negeri sendiri kamu bisa memanfaatkan situs dari Sribu, Sribulancer atau juga Projects.co.id.

  1. Tentukan Jadwal

Berikutnya, tips memulai pekerjaan sampingan untuk tambahan penghasilan adalah dengan menentukan jadwal dan disiplin. Untuk sukses mengerjakan pekerjaan atau job sampingan ini Anda memang harus disiplin. Terlebih bila Anda juga harus mengerjakan pekerjaan utama di kantor, maka mau tak mau Anda harus bisa membagi waktu dengan baik. Sebab bila kamu tidak disiplin dan tidak mampu membagi waktu dengan baik, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami kegagalan. Untuk bisa mengerjakan tugas kantor dan job sampingan ini dengan baik maka Anda harus membuat jadwal. Nah dari jadwal ini Anda harus mematuhinya dengan sungguh-sungguh. Sebab Anda juga harus bisa mengatur waktu dengan kegiatan sehari-hari lainnya seperti makan dan juga istirahat.

  1. Fleksibel dengan Harga

Terakhir, tips memulai pekerjaan sampingan untuk dapatkan tambahan penghasilan adalah dengan fleksibel pada harga atau tarif pekerjaan. Apalagi bila Anda tergolong member baru dalam platform tersebut, maka jangan dulu memasang tarif terlalu tinggi. Ini karena sebagai member baru kamu belum punya reputasi. Nah seiring banyaknya job sampingan yang Anda kerjakan, maka reputasi Anda akan semakin terlihat. Pada platfrom freelancer memang akan ada penilaian hasil pekerjaan yang dilakukan oleh pemberi pekerjaan. Nah dari penilaian inilah maka reputasi Anda akan terlihat. Ketika reputasi Anda sudah terlihat baik, maka saatnya untuk memberikan tarif atau harga yang lebih tinggi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top