Peluang Usaha

Mengenal Profesi Freelancer, Keuntungan dan Cara Mencari Pekerjaannya

Apa-itu-freelancer

Freelancer/https://midtrans.com/

Dengan semakin bertumbuhnya teknologi di dunia menjadikan profesi freelance semakin banyak bermunculan. Meski masih dipandang sebelah mata, namun pekerjaan sebagai freelance semakin banyak dilirik karena banyak menawarkan keuntungan tersendiri. Sesuai namanya maka seorang freelance atau pekerja lepas akan bekerja dengan lebih leluasa tanpa jam khusus dan tempat bekerja tertentu. Tapi apa sih sejatinya pekerjaan freelance tersebut? Berikut ulasannya.

Definisi Freelance

Menurut Rahmansyah Dermawan dan ‎Desi Saraswati dalam buku Cari Duit dari Freelance, dikatakan bahwa freelance adalah jenis pekerjaan di mana seseorang akan bekerja pada perusahaan atau instansi tanpa perjanjian kerja jangka panjang dan tanpa ikatan kerja yang ketat. Umumnya seorang freelancer memang tidak terikat oleh waktu atau rutinitas perkantoran. Jadi mereka bisa mengerjakan pekerjaannya kapan pun dan di mana pun.

Sementara menurut Investopedia, freelance yaitu pekerja mandiri yang menghasilkan uang berdasarkan per pekerjaan yang diselesaikan. Berbeda dengan pekerja fulltime yang berstatus karyawan tetap perusahaan, seorang freelance bisa bekerja pada beberapa perusahaan yang berbeda dalam waktu bersamaan.

Pekerja Independen

Seorang freelancer ini umumnya disebut sebagi pekerja independen atau mandiri karena bisa mengerjakan pekerjaan kontrak mereka sebagai pekerjaan sampingan atau melengkapi pekerjaan utamanya. Mereka para freelancer memang ada yang bisa menjadikan pekerjaan lepasnya sebagai yang utama. Ini karena beberapa freelancer ada yang menjadi pekerja kontrak sebuah perusahaan di mana ada kesepakatan yang lebih mengikat.

Pekerja freelance ini umumnya memiliki skill atau keterampilan tertentu di sektor kreatif yang mumpuni. Sebut saja skill tersebut yaitu programmer, desain, marketing, writing, fotografi, translator dan lain sebagainya. Sementara itu mengenai upah pekerja freelance ini biasanya dihitung per project, per jam atau juga per hari/bulan.

Keuntungan Menjadi Freelancer

Berikut beberapa keuntungan yang bisa diperoleh seorang freelancer dari profesinya tersebut:

  1. Kerja fleksibel. Bekerja sebagai freelance memang membuat Anda bisa bekerja di mana saja dan kapan saja. Dari kerja yang flesibel ini maka Anda bisa mengatur waktu sendiri setiap harinya asal pekerjaan bisa terselesaikan sesuai waktu yang ditentukan.
  2. Bisa bekerja pada beberapa perusahaan. Karena tidak ada ikatan khusus, maka pekerja freelance ini memang bisa bekerja pada beberapa perusahaan dalam satu waktu.
  3. Bisa memiliki penghasilan lebih besar dari karyawan tetap. Meski tidak berstatus sebagai karyawan tetap, namun keuntungan freelancer yang bisa mengambil beberapa project, membuatnya bisa mengantongi penghasilan lebih besar. Apalagi bila freelancer ini memiliki skill yang mumpuni hingga dapat dibayar lebih mahal.
  4. Dapat bekerja sesuai hobi dan keahlian. Untuk menjadi seorang freelancer memang membutuhkan membutuhkan skill atau keterampilan khusus. Sebab skill tersebut yang akan dilihat oleh recruiter. Nah biasanya seorang freelancer ini memiliki nilai jual skill pada apa yang digemarinya. Misalnya mereka suka fotografi, maka mereka akan menjual skill fotografinya.

Bagaimana Menjadi Seorang Freelancer?

Untuk menjadi seorang freelancer sekarang ini sejatinya bisa dilakukan dengan lebih mudah. pasalnya perkembangan teknologi yang pesat menjadikan banyak peluang yang bisa membuat seseorang mendapatkan pekerjaan sebagai freelancer. Berikut beberapa tempat atau saluran untuk Anda bisa mendapatkan pekerjaan sebagai freelancer:

  1. Platfom freelancer seperti upwork.com, gofreelance.com, sribulancer.com, guru.com, projects.co.id, www.freelancer.com, dan sebagainya.
  2. Situs pencari kerja seperti Jobstreet, Kalibrr dan lainnya.
  3. Media sosial seperti LinkedIn, Twitter, Instagram
  4. Media massa seperti televisi, radio, koran, tabloid, majalah dan lainnya.

Namun meski sudah banyak tawaran menjadi freelancer, Anda harus tetap berhati-hati dan cermat saat memilih pekerjaan. Sebab beberapa lowongan yang ada bisa jadi merupakan lowongan fiktif yang bersifat penipuan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top