Lainnya

5 Hal yang Bisa Memperparah Penularan dan Infeksi Covid-19 di Indonesia

penularan-covid-19

penularan covid-19/https://www.pikiran-rakyat.com/

Pandemi Covid-19 sekarang menjadi sesuatu yang sangat mengkhawatirkan banyak pihak. Dengan penularan yang begitu cepat, membuat beberapa negara kemudian melakukan lockdown. Virus corona ini memang harus dilawan dengan memutus rantai penularannya. Sementara tenaga medis berusaha menyembuhkan orang-orang yang telah terinfeksi di rumah sakit, kita sebagai masyarakat harus memiliki pemikiran untuk tidak lagi menambah beban para tenaga medis dengan cara melakukan anjuran-anjuran dari pemerintah. Tapi nyatanya di Indonesia masih banyak dijumpai orang-orang yang belum sadar dengan bahayanya wabah ini. Nah untuk itulah sekali lagi kita harus memahami bahwa infeksi Covid-19 ini bisa semakin parah penularannya bila 5 hal berikut ini masih saja terjadi.

  1. Mudik

Hal pertama yang bisa memperparah penularan Covid-19 adalah mudik. Di Indonesia sendiri mudik atau pulang kampung memang telah menjadi sebuah tradisi. Bahkan ketika jelang hari raya Idul Fitri seperti sekarang, maka gelombang mudik dari beberapa pusat kota akan semakin besar. Tapi perilaku mudik dalam situasi seperti sekarang ini memang sangat tidak dianjurkan atau bahkan boleh dikatakan dilarang. Mengapa? Sebab kegiatan mudik di saat wabah virus corona bisa membuat penularannya semakin besar. Umumnya para pemudik yang pulang ke kampung halaman ini memang berasal dari kota-kota besar yang sudah berstatus zona merah. Dari sinilah maka agar sama-sama menyelamatkan diri dari penularan Covid-19, dianjurkan untuk tidak melakukan mudik. Untuk mencegah penularan dari mudik ini pemerintah langsung tanggap dengan melakukan karantina bagi yang terlanjur mudik dan juga mengubah hari libur lebaran tahun ini ke penghujung tahun.

  1. Tidak Jujur Saat Diperiksa Petugas

Hal lain yang dapat memperparah penularan adalah tidak jujur ketika diperiksa petugas. Beberapa orang yang datang dari zona merah seharusnya memang wajib memberitahukan bahwa dirinya telah melalukan perjalanan dari daerah merah tersebut. Dengan kejujuran ini maka petugas bisa melakukan antisipasi. Tapi nyatanya di lapangan ada beberapa orang yang tidak mau jujur mengatakan bahwa dirinya datang dari red zone. Dari sini ketika penanganan orang yang dimungkinkan membawa virus dilakukan biasa karena ketidakjujuran tadi, membuat petugas pun bisa saja tertular. Jadi jujurlah bila Anda memang telah melakukan perjalanan dari zona merah.

  1. Meremehkan Social Distancing

Berikutnya, hal yang bisa memperparah penularan Covid-19 adalah sikap orang yang meremehkan social distancing. Di Indonesia sendiri orang-orang yang meremehkan social distancing ini masih banyak ditemui. Dengan berbagai macam alasan yang ada, mereka kemudian merasa bahwa social distancing tidak terlalu harus dilakukan. Padahal penularan virus corona ini sangat dimungkinkan muncul dari berkumpulnya banyak orang dalam satu kerumunan. Jadi jika Anda ingin pandemi ini segera berakhir, maka patuhilah anjuran pemerintah untuk melakukan social atau physical distancing.

  1. Tidak Melakukan Isolasi Diri Ketika Menjadi OPD dan PDP

Orang-orang dengan status ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) ini memang sangat rentan menularkan virus corona. Maka dari itu kemudian pemerintah mewajibkan bagi mereka yang berstatus ODP atau PDP ini untuk melakukan isolasi atau karantina selama kurang lebih 14 hari. Meski belum tentu positif Covid-19, tapi orang-orang dengan status ODP dan PDP ini bisa saja kemudian terkonfirmasi positif corona. Dari sinilah maka sudah seharusnya orang-orag ODP dan PDP ini wajib melakukan isolasi atau karantina.

  1. Acuh Terhadap Penggunaan Masker

Terakhir, hal yang bisa memperparah penularan infeksi Covid-19 adalah acuh terhadap penggunaan masker. Masker saat ini memang telah diwajibkan oleh pemerintah untuk siapa pun, terutama bagi orang-orang di zona merah. Tapi kenyataannya meski telah diwajibkan dengan penguatan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pun masih banyak beberapa orang yang tak patuh. Kejadian ini jelas sangat membahayakan untuk penularan Covid-19 yang masih terus terjadi. Penggunaan masker sendiri bertujuan untuk melindungi diri atau mencegah penularan yang bisa terjadi saat berada di luar rumah.

Itulah beberapa hal yang bisa membuat penularan infeksi Covid-19 ini menjadi semakin parah. Untuk itulah sekali lagi kita harus benar-benar patuh dengan apa yang dianjurkan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Dan semoga pandemi Covid-19 di tanah air ini segera berakhir.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top