Lainnya

5 Hal yang Harus Siap Kamu Hadapi Bila Kebijakan Lockdown Diterapkan

persiapan-lockdown

persiapan lockdown/https://www.timesofisrael.com/

Walau pemerintah Indonesia masih belum memutuskan untuk melakukan lockdown untuk mengantisipasi persebaran virus corona, namun kita sebagai warganya harus bersiap dengan hal terburuk. Kemungkinan dan hal terburuk yang pada akhirnya bisa muncul dari wabah covid-19 ini adalah diberlakukannya lockdown. Jika kebijakan lockdown ini telah diambil pemerintah, tentu kita mau tak mau harus menghadapinya. Lockdown sendiri bukan situasi yang mudah untuk dijalankan, apalagi bila durasinya lama. Sebab ketika lockdown, kita memiliki keterbatasan pada banyak hal untuk melakukannya. Tidak hanya tidak boleh keluar rumah tanpa kepentingan yang mendesak, tapi saat lockdown kita juga tidak bisa melakukan kegiatan yang biasa kita lakukan sehari-hari. Saat lockdown benar-benar diterapkan, maka kamu juga harus bersiap dengan beberapa hal berikut ini.

  1. Ketersediaan Pangan

Pertama, hal yang harus kamu siapkan dan perlu hadapi ketika kebijakan lockdown ini diterapkan adalah ketersediaan pangan. Ketika lockdown diberlakukan maka Anda memang tidak bisa keluar rumah untuk membeli bahan makanan seperti dulu. Dari sini maka mau tak mau Anda harus bisa mempersiapkan ketersediaan makanan di rumah. Meski ada peran pemerintah yang seharusnya memenuhi kebutuhan pangan dalam masa lockdown, tapi kita tidak boleh terlalu berharap dengan pemerintah. Dari sini apakah Anda sudah siap dengan hal tersebut?

  1. Kecukupan Pendapatan

Ketika lockdown ditetapkan maka Anda yang bekerja di luar rumah pastinya tidak akan bisa lagi melakukannya. Dari sini ketika Anda tidak bisa bekerja lagi, tentu pendapatan atau penghasilanmu akan menurun. Pertanyaannya, ketika pendapatan atau penghasilanmu menurun, apakah kamu sudah siap menghadapi hal ini? Walau kemudian pemerintah turun tangan dengan membantu memberikan bantuan, namun Anda juga tidak boleh terlalu mengandalkannya. Maka dari itu ketika lockdown diterapkan, maka mau tak mau Anda harus bisa mencukupi pendapatan. Bila memang pendapatanmu menurun sejak isu virus corona ini, Anda harus segera bertindak. Caranya, Anda bisa bergerak mencari penghasilan tambahan di dunia online atau yang lainnya.

  1. Mental

Berikutnya, hal yang harus dihadapi dan perlu Anda siapkan ketika lockdown diterapkan pemerintah adalah mental. Berada di rumah selama berhari-hari tentu bukanlah sesuatu yang mudah bagi siapa pun. Di sini mental Anda akan diuji bagaimana menghadapi keseharian di rumah dalam waktu yang cukup lama. Apalagi bila Anda adalah orang lapangan atau orang yang tinggal sendirian, tentu hal ini akan semakin menguji mental. Dalam menghadapi keadaan yang sepi dan kesendirian, Anda memang perlu memiliki mental yang kuat. Sebab bila Anda tidak memiliki mental yang kuat, bukan tidak mungkin kejiwaan Anda nantinya terganggu.

  1. Kesehatan

Ketika mental Anda turun maka bukan tidak mungkin juga kesehatan Anda ikut menurun. Dari sini maka keadaan lockdown yang ada, perlu disikapi dengan kesehatan yang juga kuat. Lockdown sendiri yang ditujukan untuk mencegah penyebaran cirus corona, tentu membuat Anda seharusnya bisa menjaga keadaan tubuh di rumah. Sayangnya ketika Anda dibatasi pergerakannya keluar rumah, maka Anda pun bisa jadi tidak bisa melakukan aktivitas olahraga di luar rumah seperti biasanya. Nah hal inilah yang juga bisa saja membuat kesehatan Anda jadi menurun. Tapi pasti akan ada solusi untuk hal ini yakni Anda harus tetap menjaga mental dan juga berolahraga di dalam rumah.

  1. Kebosanan dan Kejenuhan

Terakhir, hal yang harus Anda hadapi ketika lockdown diterapkan adalah kejenuhan. Ketika berhari-hari berada di rumah tentu lambat laun akan muncul kebosanan dan kejenuhan. Nah dari sinilah maka ketika kebijakan lockdown diterapkan, Anda harus bersiap dengan situasi jenuh dan bosan tersebut. Anda yang kreatif semestinya tak kehilangan cara untuk bisa menghindari kejenuhan selama masa karantina atau lockdown. Apalagi bila Anda di rumah tinggal bersama-sama keluarga, maka Anda bisa menghadirkan beberapa kegiatan yang bisa mengusir kejenuhan. Tapi bagaimana dengan mereka yang hidup sendiri?

Itulah beberapa hal yang harus Anda siapkan dan hadapi ketika kebijakan lockdown diterapkan. Dari sini apakah Anda sudah siap dengan semua hal tersebut bila lockdown diterapkan?

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: