Lainnya

5 Tanda Bahwa Gaya Hidup Anda Tidak Sesuai dengan Pendapatan atau Gaji, Waspadai!

gaya-hidup

gaya hidup/https://www.myweeklypreview.com.au/

Gaya hidup memang menjadi sesuatu yang ada dalam diri seseorang dan dapat mempengaruhi keadaan finansial. Sebab bila pendapatan atau gaji Anda pas-pasan dan gaya hidup Anda tinggi, maka maka keadaan tersebut dapat memunculkan malapetaka bagi finansial Anda. Ini karena gaya hidup yang tinggi pastinya akan membutuhkan banyak pengeluaran berupa uang. Ketika pendapatan yang ada pas-pasan, tentu kebutuhan untuk gaya hidup tinggi ini akan menimbulkan kontradiksi. Sayangnya, dalam kasus ini banyak orang yang tidak menyadari bahwa gaya hidupnya ternyata tidak sesuai dengan penghasilan. Maka dari itu memang dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman akan hal ini. Nah berikut ada beberapa tanda bahwa gaya hidup Anda sebenarnya tidak sesuai dengan pendapatan atau gaji. Berikut penjelasannya.

  1. Kebutuhan Utama Tidak Terpenuhi dengan Baik

Tanda pertama bahwa gaya hidup Anda sebenarnya tidak sesuai dengan pendapatan atau gaji adalah kebutuhan utama yang tidak terpenuhi dengan baik. Ini sebenarnya tanda yang paling jelas dan nyata. Kebutuhan utama atau pokok yang seharusnya menjadi prioritas memang sudah selayaknya harus terus terpenuhi. Bila kemudian kebutuhan utama ini tidak terpenuhi dengan baik karena harus memenuhi kebutuhan gaya hidup, tentu hal ini menjadi sesuatu yang salah. Sebab, gaya hidup yang lebih berfokus pada pemenuhan keinginan menjadi sesuatu yang berlebihan ketika harus didahulukan. Dan ketidaksesuaian gaya hidup dengan pendapatan ini akan menjadi malapetaka bagi keuangan di keluarga Anda bila tidak segera dihentikan.

  1. Gaji Hanya Numpang Lewat dan Ludes di Tengah Bulan

Anda seorang karyawan yang menerima gaji setiap bulannya? Coba cek apakah gaji yang Anda terima bisa bertahan lama atau hanya sekedar numpang lewat dan ludes di tengah bulan? Bila yang terjadi adalah gaji Anda yang hanya numpang lewat dan habis di tengah bulan, maka itu bisa menjadi tanda bahwa gaya hidup Anda tidak sesuai dengan pendapatan atau gaji. Penghasilan dalam bentuk gaji yang diperoleh setiap bulannnya memang seharusnya harus cukup untuk pemenuhan kebutuhan hidup dalam waktu satu bulan. Bila ternyata tidak cukup dan penggunaanya ternyata digunakan untuk gaya hidup, maka hal ini adalah sebuah kekeliruan yang harus segera Anda benahi.

  1. Jumlah Tabungan yang Terus Menyusut Bahkan Menghilang

Berikutnya, tanda bahwa gaya hidup Anda tidak sesuai dengan pendapatan atau gaji adalah jumlah tabungan yang terus menyusut atau malah habis. Bila Anda memiliki tabungan sudah seharusnya Anda memiliki target untuk terus menambahnya setiap waktu. Tapi bila yang terjadi adalah jumlah tabungan yang terus berkurang, tentu ada yang salah. Nah bisa jadi kesalahan tersebut ada pada gaya hidup Anda yang terlalu berlebihan. Sebab, gaya hidup yang berlebihan ini memang akan banyak menguras uang Anda termasuk dana yang ada ditabungan.

  1. Punya Utang yang Terlalu Besar

Tanda yang juga paling terlihat pada seseorang yang memiliki gaya hidup yang tidak sesuai dengan penghasilan adalah adanya hutang yang besar. Demi memenuhi gaya hidupnya yang tinggi, tak jarang memang beberapa orang kemudian tak berpikir panjang untuk berhutang dengan mengambil pinjaman. Padahal pemenuhan gaya hidup yang notabene banyak pada hal-hal yang diinginkan memang tidak baik bila terus menerus diikuti. Apalagi bila pemenuhan gaya hidup tersebut dilakukan sampai dengan cara berhutang. Tentu hal ini semakin membuat finansial Anda akan kacau.

  1. Aset yang Tidak Bertambah atau Bahkan Hilang

Terakhir, tanda bahwa gaya hidup Anda tidak sesuai dengan pendapatan atau gaji adalah aset yang tidak bertambah dan bahkan menghilang. Aset sebagai pendukung dalam menjalankan kehidupan ini memang seharusnya tetap dipertahankan atau lebih baik jika bisa bertambah. Nyatanya dalam kehidupan, ada saja beberapa orang dengan gaya hidup tinggi membuat asetnya jadi taruhan. Alih-alih menambah aset, mereka sedikit demi sedikit menjualnya untuk memenuhi gaya hidupnya tersebut. Hal ini mereka lakukan karena memang pendapatannya yang tidak mencukupi untuk gaya hidupnya tersebut. Tentu keadaan ini bukanlah hal yang baik meski Anda tidak berhutang. Sebab menjual aset hanya untuk memenuhi gaya hidup akan menjadi sesuatu yang sia-sia.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: