Keuangan

Agar Keuangan Tak Jebol Belanja Saat Harbolnas, Terapkan 5 Tips Ini!

belanja-online-harbolnas

tips belanja harbolnas/https://www.chinabrands.com/

Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional adalah salah satu agenda belanja yang selalu dinanti-nanti banyak orang. Bagaimana tidak, dengan beragam promo yang dihadirkan e-commerce, membuat seseorang tergiur untuk melakukan pembelian daring atau online. Belanja saat Harbolnas yakni di tanggal 12 Desember setiap tahunnya ini memang dapat menguntungkan asal dilakukan dengan bijak. Tapi bila Anda ikut berpartisipasi dalam Harbolnas ini tanpa kontrol, tentu momen belanja tersebut akan menjadi mimpi buruk bagi finanasial Anda. Fakta di lapangan memang sudah banyak yang membuktikan bahwa ada beberapa orang yang mengalami kantong jebol saat Harbolnas. Maka dari itu untuk menyambut Harbolnas 2019 yang sebentar lagi akan datang, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut agar kegiatan belanja Anda tak membuat keuangan jebol.

  1. Cek Kondisi Keuangan

Tips pertama yang bisa Anda lakukan agar bisa belanja dengan efektif saat Harbolnas tanpa membuat kantong jebol adalah mengecek kondisi keuangan. Seringkali memang seseorang yang mengalami keuangan jebol tidak mempedulikan keadaan uangnya. Mereka menganggap bahwa uang yang ada tidak menjadi masalah untuk dibelanjakan semua pada Harbolnas dengan alasan momen tersebut harus benar-benar dimanfaatkan. Sayangnya, penyesalan muncul di bagian belakang ketika mereka sudah menyadari uangnya habis. Setelah uangnya habis untuk keperluan Harbolnas, mereka pun kebingungan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dari sini tak jarang dari meraka yang kemudian berhutang untuk kebutuhan hidupnya yang sebenarnya lebih pokok atau penting. Tentu hal ini tidak akan terjadi bila Anda mengecek kondisi keuangan, karena Anda bisa memperkirakan uang yang akan digunakan untuk belanja saat Harbolnas.

  1. Tetapkan Anggaran Belanja

Setelah mengecek kondisi keuangan, maka hal bijak yang harus Anda lakukan untuk menghindari kantong jebol saat Harbolnas adalah menetapkan anggaran belanja. Anda memang harus menentukan besaran jumlah uang yang akan dibelanjakan saat Harbolnas. Tentu saat menetapkan anggaran belanja ini, Anda harus memperhatikan keperluan atau kebutuhan Anda lainnya yang harus dipenuhi. Dengan menetapkan anggaran belanja, maka Anda akan terhindar dari kegiatan belanja yang offer hingga membuat kantong jebol.

  1. Menabung Untuk kebutuhan Belanja Harbolnas

Berikutnya, tips untuk menghindari keuangan jebol saat Harbolnas adalah dengan menabung untuk kebutuhan belanja Anda tersebut. Bila Anda memang merencanakan untuk membeli banyak barang saat Harbolnas, maka Anda harus menabung. Dengan menabung jauh-jauh hari sebelum Harbolnas, maka Anda akan bisa memiliki uang lebih untuk berbelanja tanpa harus mengganggu kebutuhan keuangan yang lainnya. Tapi bila Anda tidak menabung dan ingin membeli banyak barang saat Harbolnas, tentu akan muncul kekacauan dalam finanasial Anda ketika kemudian Anda memaksakan diri.

  1. Pastikan Anda Tetap Bisa Mengontrol Diri

Penyebab yang paling berpengaruh pada jebolnya keuangan saat Harbolnas adalah kontrol diri yang kurang baik. Kegiatan belanja dengan penawaran berbagai promo saat Harbolnas memang begitu menggirukan sehingga membuat banyak orang tertarik membeli. Dengan alasan hanya setahun sekali dan kesempatan yang jarang ada, membuat banyak orang hilang kontrol diri saat berbelanja. Permasalahan hal ini memang ada pada kontrol diri. Seperti memenuhi keinginan, maka sebenarnya keperluan belanja saat Harbolnas ini bisa dipending atau ditunda bila Anda memiliki kontrol diri yang baik. Sebaliknya bila Anda memiliki kontrol diri buruk, biasanya akan membuat Anda gila belanja sehingga membuat keuangannya pun jebol. Namun bila Anda bisa mengontrol diri, maka transaksi yang dilakukan akan aman karena Anda bisa mengendalikan diri untuk tidak belanja terlalu over.

  1. Ingatlah, Tidak Semua Promo Merupakan Good Deal!

Terakhir, tips untuk menjaga keuangan agar tidak jebol saat Harbolnas adalah dengan selalu ingat bahwa tidak semua promo merupakan good deal. Anda sebagai konsumen memang seharusnya dapat dengan bijak mencermati promo yang ada. Pasalnya saat Harbonas, tidak semua promo yang ada merupakan pilihan terbaik. Promo sendiri biasanya ada syarat dan ketentuan berlaku yang mengikutinya. Maka dari itu sebagai pembeli yang bijak, sudah seharusnya Anda membaca dengan baik syarat dan ketentuan yang ada. Bila setelah Anda membaca ternyata promo tersebut menguntungkan, maka Anda bisa membelinya. Tapi bila tidak, lebih baik Anda menahan diri untuk tidak membelinya. Nah dari sini maka Anda harus paham bahwa memang tidak semua promo yang ada di Harbolnas tersebut menguntungkan atau termasuk good deal.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top