Tips

Agar Rekening Tak Mudah Dibobol Terapkan 7 Tips dari OJK Ini

tips-terhindar-pembobolan-rekening

tips menghindari pembobolan rekening/https://m.lampost.co/

Baru-baru ini bermunculan kasus pembobolan rekening yang dilakukan dengan metode skimming. Sebut saja kasus yang terjadi di Cianjur di mana nasabah kehilangan saldo di rekening secara tiba-tiba. Nasabah yang merasa tidak melakukan transaksi namun mendapati pemberitahuan lewat pesan singkat bahwa ada penarikan. Modus kejahatan perbankan di era teknologi seperti sekarang memang semakin berkembang. Para pelaku ini memanfaatkan cara-cara baru seperti menyalahgunakan data pribadi konsumen yang lalai. Nah untuk bisa mengantisipasi pembobolan rekening seperti ini Juru Bicara OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Sekar Putih Djarot menghadirkan beberapa tips. Berikut tips menghindari pembobolan rekening dari OJK tersebut.

  1. Aktifkan Fitur Notifikasi SMS Transaksi.

Tips pertama dari OJK untuk menghindari pembobolan rekening adalah mengaktifkan fitur notifikasi SMS transaksi. Dengan cara atau tips ini maka bila ada transaksi di rekening baik masuk atau keluar maka akan ada notifikasi atau pemberitahuan melalui SMS dari bank ke nomor ponsel yang terdaftar.

  1. Aktifkan Fitur Verifikasi Dua Arah

Buat kamu yang selalu menggunakan aplikasi mobile banking maka kamu perlu menjaga keamanan data dalam perangkat seluler tersebut. Caranya, aktifkan saja fitur verifikasi dua arah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah dan lainnya.

  1. Perhatikan Jaringan Wifi

Berikutnya, tips menghindari pembobolan rekening adalah dengan selalu memperhatikan jaringan Wifi. Jangan sekali-kali menggunakan jaringan Wifi publik yang mencurigakan. Sebab beberapa jaringan Wifi yang ada bisa saja kemudian membuat data-data dalam ponselmu tercuri. Maka saat berada di luar lebih baik gunakan saja jaringan internet pribadi.

  1. Cek Riwayat Rekening atau Saldo Secara Berkala.

Saat ini memang ada cara yang lebih mudah untuk melakukan cek saldo. Caranya gunakan saja aplikasi mobile banking atau internet banking. Dari sini maka kamu bisa melakukan pengecekan saldo dengan mudah kapan saja dan di mana saja. Dengan sering mengecek saldo secara berkala maka kamu juga bisa terhindar dari pembobolan rekening.

  1. Jaga Data Pribadi Anda

Hal yang penting dan krusial yang perlu kamu lakukan agar terhindar dari pembobolan rekening menurut OJK adalah menjaga data pribadi. Jangan sampai kamu memberitahukan User ID, password, kode OTP, PIN rekening termasuk nama ibu kandung ke siapa pun kepada siapa pun, termasuk pada pihak bank. Jangan lupa juga untuk mengubah password atau PIN secara berkala.

  1. Ganti Kartu Debit ke Kartu Chip

Bila kamu memiliki kartu debit lama maka usahakan untuk segera menggantinya dengan kartu chip. Penggantian kartu debit lama ke kartu chip ini bahkan sekarang diwajibkan dengan aturan yang ditetapkan Bank Indonesia (BI). Dengan menggunakan kartu chip maka akan dinilai akan lebih aman dan melindungi uangmu di rekening bank.

  1. Berhati-hati Saat Menggunakan ATM

Terakhir, tips dan cara untuk bisa terhindar dari pembobolan rekening adalah dengan berhati-hati ketika menggunakan ATM. Beberapa kasus pembobolan rekening memang terjadi di ATM. Dari sinilah kamu harus selalu waspada dan berhati-hati saat berada di lokasi ATM. Pastikan untuk menghindari ATM yang mencurigakan seperti adanya tempelan alat lain atau nomor telepon bank yang tidak resmi di mesin ATM. Curigai juga orang-orang yang tak dikenal yang tiba-tiba mendekati dan menawarkan bantuan karena bisa jadi mereka mengincar password dan kartu ATM yang masih masuk.

Demikianlah beberapa tips dari OJK yang bisa kamu terapkan untuk menghindari pembobolan rekening. Bila kamu menemui kesulitan saat melakukan transaksi baik itu di ATM atau di mobile banking bisa langsung mengontak bank yang bersangkutan. Nasabah juga bisa mengunjungi website resmi bank atau ke kontak OJK di 127 untuk informasi dan pengaduan konsumen sektor jasa keuangan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top