Tips

Agar Tidak Panik Saat Pandemi Covid-19 Semakin Massif

panic_buying

panic buying/https://www.thesouthafrican.com/

Pandemi virus corona saat ini memang semakin mengkhawatirkan. Dengan angka pasien terinfeksi yang terus meningkat setiap harinya, memang sedikit banyak membuat kita merasa cemas. Kecemasan karena penyebaran covid-19 ini memang sesuatu yang wajar. Tapi usahakan meski merasa was-was dan cemas, jangan sampai Anda panik. Mengapa? Sebab bila Anda panik maka menurut beberapa pakar kesehatan, hal tersebut akan membuat sistem imun atau kekebalan tubuh akan menurun. Bila kekebalan atau imunitas tubuh menurun maka hal ini tentu berbahaya karena membuat virus mudah menjangkiti. Tapi bagaimana caranya agar kita tidak mudah panik ditengah pandemi covid-19 yang semakin massif ini? Berikut beberapa cara yang bisa dijalankan.

  1. Menyaring Informasi

Cara pertama yang bisa Anda jalankan supaya bisa menghadapi situasi ini tidak dengan kepanikan yaitu dengan menyaring atau melakukan seleksi informasi. Saat ini berita-berita yang tidak bisa dipertangungjawabkan alias hoax memang menjadi faktor utama yang dapat memunculkan kepanikan ditengah masyarakat. Ditengah isu virus corona yang semakin massif penyebarannya ini memang membuat masyarakat selalu ingin mengetahui update perkembangannya. Sayangnya, di sini ada beberapa pihak atau oknum tidak bertanggungjawab yang menyebarkan berita-berita bohong atau hoax yang semakin memperkeruh suasana. Berita-berita bohong yang berkaitan seputar virus corona yang ada memang sangat meresahkan. Dari sini ketika masyarakat membacanya maka akan membuat mereka semakin khawatir, cemas dan akhirnya panik. Nah untuk itulah maka supaya kita kita mengalami kepanikan, maka mau tak mau kita harus bisa menyaring berita-berita yang ada. Pastikan Anda hanya membaca, melihat dan mendengarkan berita-berita dari sumber yang kredibel dan dapat dipercaya.

  1. Tetap Ikuti Anjuran Pemerintah

Salah satu penyebab kepanikan yang lain adalah tidak adanya pegangan atau panduan masyarakat. Ditengah wabah pandemi nasional dan dunia seperti ini memang sudah selayaknya pemerintah mengambil sikap. Dalam kaitannya dengan hal ini pemerintah Indonesia sudah mengeluarkan beberapa anjuran da kebijakan seperti social distancing dan juga anjuran #DirumahAja. Sayangnya tidak semua kalangan masyarakat yang kemudian mengetahui dan memahami anjuran dan kebijakan dari pemerintah ini. Nah dari sinilah mereka yang tidak respect dengan apa yang telah ditetapkan pemerintah menjadi bingung dan galau. Kebingungan dan kegalauan ini muncul karena mereka yang tidak punya panduan untuk keselamatan diri ditengah wabah penyakit. Dari kebingungan inilah maka mereka kemudian mudah menjadi panik.

  1. Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif di sini bukan berarti kita berharap diri positif corona. Tapi di tengah situasi yang serba mencekam dan sulit seperti ini kita tetap harus selalu berpikir positif atas semua kejadian yang ada. Pikiran negatif yang tertanam dan selalu muncul dalam diri memang berbahaya. Sebab dari pikiran-pikiran negatif tersebut dapat memunculkan kecemasan, kegalauan, kebigungan dan akhirnya membuat kepanikan. Virus corona ini memang berbahaya karena menular dan bisa mematikan. Tapi harus kita tahu juga bahwa covid-19 ini juga bisa sembuh dengan sendirinya dan juga bisa disembuhkan. Lihat saja bagaimana beberapa orang yang telah sembuh dari virus ini. Bahkan di negara asalnya yakni China, virus ini sudah bisa dilenyapkan. Tentu harapan-harapan inilah yang harus terus kita tanamkan dalam diri agar memicu munculnya pikiran positif supaya kita tidak cepat panik.

  1. Mendekatkan Diri pada Tuhan

Terakhir, cara agar tidak panik ditengah pandemi virus corona yang mendunia ini adalah dengan mendekatkan diri pada Tuhan. Kita sebagai umat beragama seharusnya punya sebuah pegangan keimanan yang kuat pada semua yang terjadi di dunia ini. Termasuk saat ini ditengah wabah virus corona yang semakin menjadi-jadi, membuat kita harus ingat kembali pada Yang Maha Kuasa yakni Tuhan. Dengan mendekatkan diri kepada Tuhan yang menetapkan segalanya, kita akan bisa menjadi lebih tenang untuk menghadapi semuanya, termasuk wabah virus corona ini. Tapi ingat sebelum memasrahkan semuanya kepada Tuhan, kita juga harus melakukan usaha atau ikhtiar untuk mencegah dan menghindari virus corona.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar tidak panik menghadapi pandemi virus corona yang semakin massif ini. Dengan sikap yang tenang dalam menghadapi situasi ini kita akan bisa lebih berpeluang menghindari covid-19.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: