Keuangan

Anda Pengguna Kartu Kredit? Hindari 5 Kesalahan Ini Agar Keuangan Tetap Stabil dan Terhindar dari Jeratan Utang!

Masyarakat di zaman sekarang ini sudah serba ingin praktis dan modern, mulai dari masalah kebutuhan sehari-hari hingga masalah keuangan. Salah satunya penggunaan kartu kredit, dimana dalam penggunaannya kartu kredit sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat saat ini. Bagaimana tidak? Karena selain praktis dan fleksibel, ternyata kartu kredit juga sangat membantu meringankan pembayaran yaitu dengan menggunakan fitur cicilan lho. Apalagi saat ini sudah semakin banyak bermunculan produk kartu kredit digital yang proses pengajuannya lebih mudah, akibatnya masyarakat semakin senang menikmati fasilitas kredit untuk memenuhi kebutuhannya. Namun jika penggunaan kartu kredit ini di salah gunakan sehingga membahayakan keuangan mereka sendiri, maka mereka justru malah akan jadi buntung bukannya untung. Nah, agar Anda sebagai pengguna kartu kredit terhindar dari kerugian tersebut. Sebaiknya hindari 5 kesalahan fatal berikut ini, supaya keuangan Anda tetap stabil dan terhindar dari jeratan utang.

  1. Jangan Menjadikan Kartu Kredit Sebagai Dana Tambahan

Kartu kredit memang banyak digunakan karena kemudahan dan kepraktisannya, bahkan tidak sedikit masyarakat menjadikan kartu kredit ini sebagai dana tambahan. Padahal, anggapan tersebut merupakan salah satu kesalahan yang mengakibatkan masyarakat menjadi tidak disiplin perihal membayar tagihan. Anda harus ingat satu hal bahwa kartu kredit bukanlah pendapatan tambahan, melainkan adalah sebagai alat bantu pembayaran saja. Artinya seluruh transaksi yang Anda lakukan harus dibayar di bulan berikutnya, bukan untuk memperbanyak transaksi secara terus menerus tanpa perlu dibayar.

  1. Jangan Menunda-Nunda Pembayaran Tagihan

Banyak orang senang menggunakan kartu kredit, namun tidak banyak orang yang merasa senang saat membayar tagihannya. Mereka sering kali menunda-nunda tagihan, akibatnya tagihan semakin membengkak sebab ada biaya denda yang perlu dibayar. Tidak hanya itu, menunda-nunda pembayaran juga dapat mempengaruhi riwayat kredit yang berujung menyulitkan nama Anda saat ingin meminjam dana lagi. Jadi jangan sampai Anda menunda-nundanya, baik itu karena lupa mencatat tanggal jatuh tempo maupun malas pergi ke lokasi pembayarannya.

  1. Jangan Terlalu Banyak Memiliki Kartu Kredit

Meskipun kartu kredit memudahkan Anda, namun jangan sekali-kali Anda berniat untuk memiliki banyak kartu kredit. Sebab selain sering dianggap sebagai dana tambahan, kartu kredit juga membuat banyak orang tergoda dengan promo yang diberikannya. Padahal, memiliki banyak kartu kredit hanya akan membuat seseorang menjadi sulit mengontrol pengeluarannya lho. Belum lagi Anda harus memikirkan bagaimana harus membayar tagihan dari masing-masing kartu kredit bukan? Oleh karena itu, sebaiknya miliki kartu kredit satu atau dua saja agar keuangan Anda tetap dapat terkontrol.

  1. Jangan Pernah Membayar Tagihan Minimum

Keuangan mungkin sering tidak cukup, sehingga Anda melakukan pembayaran tagihan minimum dalam penggunaan kartu kredit. Jika hal ini terjadi, maka segera ubah dan jangan lakukan lagi. Memang membayar tagihan kartu kredit secara minimum payment dapat memberikan kesan lebih ringan, karena pengguna boleh saja membayar tagihan dengan jumlah minimum sebesar 10% dari seluruh total tagihan. Namun dibalik semua itu, sebenarnya tunggakan yang belum terbayarkan di bulan sebelumnya justru membuat utang semakin membengkak. Belum lagi bunga yang juga harus dibayar, tentu saja ini akan membuat utang Anda menjadi semakin besar. Nah, hal inilah yang sering membuat orang keliru dan terjebak dalam utang. Jadi jika keuangan Anda ingin aman, maka sebisa mungkin jauhi membayar tagihan minimum dan lunasi seluruh tagihan bulanan Anda.

  1. Jangan Melakukan Tarik Tunai

Terakhir, kesalahan yang harus di hindari dalam penggunaan kartu kredit yaitu melakukan tarik tunai seperti layaknya kartu debit. Pada umumnya, seseorang akan melakukan hal ini ketika sedang membutuhkan dana mendesak atau saldo tabungan tidak mencukupi. Namun sebelum melakukan tarik tunai, Anda perlu mengetahui bahwa penarikan uang dari kartu kredit dapat dikenakan biaya bahkan disertai dengan bunga sebesar 6-10% setiap penarikan yang dilakukan. Nah, sebisa mungkin gunakan saja kartu debit jika Anda benar-benar ingin melakukan penarikan tunai.

Menggunakan kartu kredit maupun kredt online memang sah-sah saja, namun sebagai pengguna yang baik maka Anda harus memanfaatkannya dengan sebaik dan sebijak mungkin agar tidak terjebak ke dalam lingkaran utang ataupun masalah finansial lainnya. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top