Tips

Anda Pengguna Mobile Banking? Jangan Lupa Terapkan Tips Aman Ini Saat Menggunakannya

mobile banking

tips aman pakai m-banking/https://uangindonesia.com/

Pesatnya perkembangan teknologi sekarang memang membuat banyak aktivitas yang bisa dilakukan dengan mudah. Salah satu wujud kemajuan teknologi dalam menunjang kegiatan manusia adalah mobile banking. Sebuah aplikasi perbankan yang bisa diakses secara online ini memang sangat membantu para nasabah untuk melakukan kegiatan transaksi keuangan. Dari kegiatan cek saldo, mengirim uang atau transfer hingga pembayaran tagihan, semua bisa dilakukan dengan mudah di depan layar smartphone. Dari kemudahan yang ditawarkan mobile banking inilah tak ayal kemudian membuat penggunanya terus meningkat, terutama yang berada di kota-kota besar. Tapi sayangnya karena masih saja ditemuinya celah aau bug yang masih bisa muncul pada aplikasi ini, maka kita sebagai penggunanya diharuskan untuk tetap selalu berhati-hati. Nah berikut ini ada beberapa tips aman yang bisa Anda terapkan ketika menggunakan mobile banking.

  1. Pastikan Unduh M-Banking dari Akun Resmi

Tips aman pertama menggunakan mobile banking adalah dengan mengunduh aplikasinya dari akun resmi. Aplikasi yang di download di Play Store atau App Store ini memang menentukan bagaimana jaminan keamanan yang akan muncul. Bila Anda menggunakan aplikasi dari pihak lain yang tidak resmi maka tingkat kerawanan dan risiko keamanannya akan semakin besar. Maka dari itu pastikan Anda mengunduh aplikasi m-banking ini hanya dari akun resmi pihak bank yang bersangkutan.

  1. Saat Transaksi M-Banking, Perhatikan Hal-hal Ini

Ketika Anda melakukan transaksi via mobile banking, Anda juga perlu berhati-hati. Pastikan Anda selalu menjaga kerahasiaan kode akses dari orang lain. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kerahasiaan PIN m-banking sebagai pengaman validasi transaksi. Dan setelah selesai menggunakan M-Banking pastikan Anda melakukan logout dari aplikasi.

  1. Jangan Pakai Koneksi Wi-Fi Umum

Berikutnya, tips aman menggunakan m-banking adalah dengan tidak menggunakan koneksi Wi-Fi umum. Kenapa? Sebab dalam koneksi Wi-Fi umum tersebut tidak ada yang bisa menjamin keamamannya. Pada Wi-Fi umum ini beberapa orang atau oknum bisa saja melakukan peretasan pada aplikasi M-Banking tersebut. Bilapun Anda memang terpaksa harus menggunakan Wi-Fi umum, pastikan pilih yang memiliki kata kunci atau wujud fitur keamanan lainnya.

  1. Pastikan Selalu Update Aplikasi

Dalam beberapa waktu setelah pengunduhan M-Banking, biasanya akan muncul saran untuk meng-update aplikasi. Ketika ada notifikasi pembaruan aplikasi M-Banking ini maka Anda jangan menundanya. Segera saja update atau perbarui aplikasi tersebut agar keamanan saat bertransaksi dengan M-Banking ini tetap bisa Anda dapatkan. Pembaruan aplikasi yang disarankan oleh pihak pengembang memang ditujukan untuk menutup celah-celah atau bug yang bisa digunakan oknum untuk peretasan. Update aplikasi ini juga dapat membuat Anda menikmati fitur baru yang dihadirkan M-Banking.

  1. Aktifkan Layanan Autentikasi Akun Perbankan

Layanan autentikasi dari pihak perbankan memang akan sangat berguna untuk melindungi transaksi Anda dengan aman. Salah satu bentuk autentikasi yang sering dihadirkan M-Banking yaitu One-Time-Passwords yang bertujuan melakukan autentikasi serta melakukan verifikasi proses transaksi yang dilakukan. Maka dari itu Anda yang ingin menggunakan M-Banking dengan aman, pastikan untuk mengaktifkan layanan autentikasi tersebut.

  1. Jangan Lakukan Jailbreak terhadap Smartphone

Melakukan jailbreak pada samrtphone ini memang berbahaya. Sebab dari jailbreak yang dilakukan ini dapat membuat aplikasi dari pihak ketiga masuk untuk mengakses sistem operasi smartphone Anda. Jika hal ini sudah terjadi maka data yang tersimpan pada smartphone, termasuk data pada M-Banking, bisa saja kemudian disalahgunakan oleh orang lain.

  1. Ganti Kode Akses dan PIN Secara Berkala

Seperti halnya PIN untuk kartu ATM atau password untuk email yang harus selalu diganti secara berkala, maka kode akses dan PIN dari M-Banking ini juga perlu diganti setiap waktunya. Pastikan juga untuk membuat kode akses dengan kombinasi angka dan huruf yang unik dan sulit ditebak orang lain.

  1. Aktifkan Password pada Smartphone

Terakhir, tips aman menggunakan mobile banking adalah dengan mengaktifkan password atau kode keamanan lain pada smartphone. Smartphone yang Anda gunakan untuk aplikasi M-Banking ini juga perlu diamankan dengan menggunakan beberapa fitur keamanan yang ada pada smartphone. Sebut saja seperti fitur password, pola, fingerprint atau face lock merupakan beberapa fitur keamaman pada smartphone yang bisa Anda gunakan untuk keamanan pemakaian M-Banking.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: