Bisnis Online

Cara Gunakan Smartphone untuk Hasilkan Foto Produk Toko Online yang Keren

foto-produk-toko-online-dengan smartphone

foto produk toko online dengan kamera/http://blog.genpromobile.com/

Dalam bisnis online, keberadaan foto memang sangat penting untuk menarik pembeli. Sebab dengan kelemahan bisnis online dimana konsumen tidak bisa menyentuh barang, maka keberadaan foto menjadi sesuatu yang krusial. Bila foto yang Anda hadirkan dalam platform atau toko online tersebut buruk, maka konsumen akan sulit untuk kemudian tertarik membeli. Maka dari itu Anda yang sedang menjalankan bisnis online perlu sekali untuk menghadirkan foto terbaik. Untuk mendapatkan foto terbaik dari produk bisnis online ini sendiri Anda tidak harus menggunakan kamera DSLR yang mahal. Tapi dengan menggunakan perangkat smartphone saja sebenarnya Anda sudah bisa menghasilkan foto yang bagus untuk diupload ke toko online. Tapi bagaimana hasilkan foto yang baik untuk toko online hanya dengan menggunakan smartphone? Berikut informasinya.

  1. Gunakan Tripod

Cara pertama hasilkan foto produk toko online yang keren dengan menggunakan smartphone adalah dengan menggunakan tripod. Tripod sendiri adalah alat yang digunakan untuk membuat perangkat dalam hal ini smartphone agar tetap dalam posisi dan tidak bergoyang-goyang. Untuk menghasilkan foto yang baik buat online shop, memang Anda harus menghindari blur yang biasanya dikarenakan kamera yang bergerak atau goyang. Nah penggunaan smartphone yang hanya mengandalkan tangan untuk membidik, memang sangat rawan blur karena bergerak dan goyang. Maka dari itu dibutuhkan alat bernama tripod agar Anda saat membidik objek atau barang bisa menghasilkan gambar yang fokus tanpa blur. Tidak hanya membantu Anda agar smartphone tidak goyang, tapi tripod ini juga akan membantu Anda untuk menjaga konsistensi ketinggian dan sudut kamera.

  1. Gunakan Mode Manual

Smartphone saat ini memang sudah banyak yang dilengkapi dengan fitur mode kamera manual. Nah bila smartphone Anda sudah memiliki fitur ini maka cobalah menggunakannya untuk membidik barang yang akan diupload ke toko online. Dengan fitur mode kamera manual ini Anda memang bisa melakukan pengaturan terhadap beberapa hal dengan leluasa. Sebut saja seperti pengaturan terhadap fokus, exposure dan sensitivitas cahaya (ISO), semua bisa Anda atur sesuai selera untuk hasilkan gambar terbaik. Untuk foto produk sendiri maka pengaturan ISO diangka 100 bisa Anda jadikan pedoman. Jangan lupa juga saat akan membidik gunakan fitur autofocus agar foto yang didapatkan semakin jelas dan tajam.

  1. Sesuaikan Latar Belakang Foto

Berikutnya, cara penggunaan smartphone untuk hasilkan gambar atau foto terbaik untuk toko online adalah dengan menyesuaikan latar foto. Pemilihan latar belakang untuk foto toko online yang baik sendiri adalah yang sesuai dengan tema produk yang akan dibidik. Untuk warna, putih bisa menjadi pilihan yang tepat karena foto produk yang dihasilkan akan nampak profesional. Jangan lupa juga untuk tidak memilih latar yang lebih mencolok dari produk karena bisa membuat teralihkannya perhatian konsumen.

  1. Manfaatkan Cahaya Matahari

Anda tidak perlu membeli lighting atau lampu studio untuk menghasilkan foto terbaik buat toko online. Tapi untuk urusan cahaya ini Anda bisa memanfaatkan caha matahari sebagai medianya. Dengan cahaya matahari yang cukup maka hasil jepretan smartphone Anda akan terlihat lebih mumpuni. Tapi jangan juga menggunakan cahaya matahari yang terlalu banyak, karena dapat membuat gambar menjadi nampak silau dan tidak jelas. Jadi usahakan cahaya matahari ini tidak terlalu terik dan juga tidak terlalu redup. Bila Anda mendapati cahaya matahari terlalu terang, Anda bisa menggunakan tirai transparan untuk melembutkan cahaya yang masuk.

  1. Berkreasi dengan Mode Portrait

Terakhir, cara gunakan smartphone untuk hasilkan foto produk online shop yang bagus dan keren adalah dengan memanfaatkan fitur mode portrait. Dengan menggunakan mode portrait ini maka Anda akan bisa membuat efek latar belakang atau background yang kabur sehingga produk terlihat lebih jelas dan fokus. Untuk membuat kesan kabur pada latar belakang maka cobalah untuk bergerak lebih dekat atau lebih jauh dari objek. Saat background sudah nampak blur atau kabur maka Anda harus segera memotret barang. Dari sini maka Anda pun akan bisa mendapatkan foto yang lebih menarik dari pengguaan smartphone untuk keperluan upload toko online.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: