Tips

Begini Cara Cegah Penularan Virus Corona Saat Di Kantor

Virus Corona menjadi momok tersendiri saat ini. Hampir seluruh negara di bumi terjangkit virus yang juga dikenal dengan nama Covid 19. Hingga saat ini vaksin untuk mengobati virus Corona belum ditemukan. Sementara penderitanya kian bertambah dari hari ke hari. Saking bahayanya virus Corona beberapa negara bahkan menerapkan lockdown di kota-kota besar. Sekolah diliburkan dan karyawan diharapkan bekerja di rumah. Masyarakat juga dihimbau untuk melakukan social distancing yakni menjaga jarak satu meter dengan orang lain.

Walaupun kebijakan work from home dengan gencar diserukan namun tak semua pekerjaan bisa dilakukan di rumah. Beberapa pekerjaan yang sifatnya membutuhkan tenaga fisik harus tetap dilakukan di kantor.  Untuk mencegah penularan virus Corona selama di kantor anda bisa melakukan beberapa tips dibawah ini !

Gunakan Masker Saat Berangkat Kerja

Masker mampu menghalau virus yang masuk lewat saluran pernafasan seperti hidung dan mulut. Virus Corona bukanlah virus yang menular melalui udara namun lewat air liur dari pasien yang terjangkit ke orang lain melalui bersin. Masker sekali pakai umumnya mampu menghalau 80 % virus sedangkan masker kain hanya 50 % saja. Bila anda sulit untuk menemukan masker maka jagalah jarak berkisar 1 – 2 meter dari lawan bicara anda.

Rajin Cuci Tangan

Virus Corona sulit sekali dideteksi karena tak kasat mata. Virus ini bahkan mampu hidup di benda mati seperti  gagang pintu. Ada baiknya anda rajin mencuci tangan apalagi bila beraktivitas dari luar ruangan. Bawalah hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan di luar ruangan. Hand sanitizer tidak sama dengan sabun. Penggunaan hand sanitizer tidak membutuhkan air untuk membilas dan memiliki zat kimia yang ampuh membunuh kuman. Selain hand sanitizer anda juga bisa memanfaatkan sabun. Bila dibandingkan antara hand sanitizer dengan sabun maka yang paling ampuh membunuh bakteri dan kuman ialah sabun.

Semprotkan Cairan Dinsekfektan

Untuk menjaga kebersihan kantor dari kuman dan bakteri maka sebaiknya disemprot cairan dinsekfetan. Cairan ini bisa untuk bahan mengepel lantai hingga melap perabotan kantor. Cairan dinsekfektan bisa ditemukan di seluruh apotek hingga swalayan. Bila anda kehabisan bisa memakai cairan sabun pemutih pakaian. Tiap satu liter air bisa ditambahkan satu tutup botol sabun pemutih sehingga perbandingannya 10 % cairan pemutih 90 % air biasa.

Pastikan tempat kerja anda bersih dan higienis. Gunakan barang milik pribadi jika diperlukan misalnya saja alat tulis hingga alat makan selama bekerja di kantor.  Sediakan tisu untuk memudahkan membersihkan meja kantor anda. Ada baiknya bila menyediakan sanitasi lingkungan misalnya saja penyemprotan alcoholic spray disinfectant dan penyediaan wastafel serta sabun cuci tangan.

Jaga Jarak Dulu Ya

Selanjutnya berjaga jaraklah dengan rekan sejawat paling tidak satu-dua meter. Gejala virus Corona memang seperti flu pada umumnya namun banyak pasien virus Corona yang juga tidak menimbulkan gejala yang jelas. Tak heran bila virus ini sulit dideteksi kecuali dengan melakukan tes swab. Bila didekat anda terdapat orang yang sedang sakit maka menjauhlah.

Jika anda merasa tak enak badan maka ajukan izin sakit sesegera mungkin. Tubuh yang sedang sakit akan mampu menurunkan imunitas tubuh dan rentan terkena virus. Jaga pola makan dan konsumsi makanan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh. Anda bisa mengkonsumsi rempah penghasil cucumin seperti jahe guna menghalau virus Corona. Tidak lupa untuk rajin berjemur dan olahraga teratur ya !

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: