Lainnya

Berkat NFT, Ghozali Everyday Jadi Miliarder Baru

ghozali-everyday

ghozali everyday/ https://inet.detik.com/

Nama Ghozali Everyday atau Sultan Gustaf AL Ghozali, saat ini menjadi perbincangan khalayak di Indonesia. Bagaimana tidak, pria asal Semarang tersebut mendadak menjadi miliarder karena kesuksesannya di OpenSea. Menariknya uang yang diperoleh Ghozali dari OpenSea ini berasal dari kumpulan foto selfie-nya dari 2017 hingga 2021. Dari sini banyak orang bertanya mengapa Ghozali bisa mendapatkan uang begitu banyak dari OpenSea? Apa OpenSea itu sendiri? Berikut ulasannya!

Situs Jual Beli NFT

OpenSea sendiri adalah salah satu situs jual beli NFT (Non Fungible Token) yang merupakan sejenis token yang tak dapat ditukarkan dan biasanya ditemukan di blockchain. Blockchain sendiri yaitu sebuah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan data digital yang terhubung melalui kriptografi. Lalu apa itu NFT?

Bisa dikatakan NFT adalah aset yang berbentuk karya seni maupun barang koleksi yang berwujud digital dan dapat dipergunakan untuk membeli sesuatu secara virtual. Aset digital berupa barang seni dan koleksi di NFT sendiri dapat berwujud foto, gambar, lagu, rekaman suara, video, game, dan sebagainya.

Walau bisa digunakan untuk membeli sesuatu, NFT berbeda dengan dengan aset kripto, di mana NFT sulit untuk diperdagangkan. NFT sendiri mempunyai berbagai keunggulan seperti tingkat keasliannya yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan konsep NFT ini membuat pembeli bisa mempunyai produk digital asli tanpa ada yang bisa menirunya. Tingkat keaslian dari NFT ini juga bisa diperoleh dari sertifikat yang juga disertakan sebagai bukti kepemilikan. Selain OpenSea, situs jual beli NFT yaitu Nifty Gateway, Mintable, dan Rarible.

Keberuntungan Ghozali

Apa yang didapat Ghozali dari OpenSea ini juga ada sisi keberuntungannya. Pasalnya foto selfie yang diunggahnya ternyata mendapat banyak peminat sampai ada yang laku hingga puluhan juta rupiah. Keberuntungan Ghozali dari situs NFT ini juga terlihat dari pernyataannya bahwa dirinya mengumpulkan foto-fotonya selama 5 tahun di OpenSea awalnya untuk kepetingan akademik.

Ketika itu dirinya ingin menggabungkan foto-foto selfie-nya sebagai gambaran perjalanan yang ia lakukan selama mengenyam pendidikan. Bahkan untuk jualan pun, Ghozali mengakui dirinya waktu itu hanya menjual .001 ETH atau setara dengan Rp 46 ribu bila ada pembeli yang berminat.

Karena semakin banyaknya peminat, kini satu foto selfie Ghozali memiliki harga terendah yaitu 0,13 Ethereum atau sekitar Rp 6 juta sampai 0,7 Ethereum atau sekitar Rp 31 juta. Terlihat dari akun OpenSea dari Ghozali Everyday ini ada sekitar 933 NFT yang keseluruhannya berwujud foto selfie dirinya. Dari sini maka foto-foto Ghozali pun kini bernilai sangat mahal hingga keseluruhannya ditaksir mencapai 13 Miliar rupiah.

Sudah Ada Sejak 2014 dan Sudah Digunakan Para Tokoh Dunia

Meski di Indonesia baru marak beberapa hari terakhir ini karena viralnya Ghozali Everyday, ternyata NFT sudah ada sejak tahun 2014. Tapi perkembangan paling pesat dari bisnis NFT ini memang baru terjadi tahun 2021. Sebelum Ghozali sendiri, beberapa tokoh dunia pun sudah pernah menggunakannya dan menghasilkan cuan. Sebut saja tokoh dunia yang menggunakan NFT tersebut adalah Jack Dorsey yang merupakan bos Twitter yang telah sukses mengantongi 2,9 juta dollar AS dari penjualan tweet pertamanya melalui NFT.

Tokoh dunia lainnya yang pernah menggunakan NFT yaitu Stephen Curry yang merupakan pemain basket Golden State Warriors. Di situs jual beli NFT tersebut, Stephen Curry merilis replika digital dari sepatu miliknya, Genesis Curry Flows dengan menampilkan sneaker yang sama dengan yang dia gunakan saat berada di lapangan. Bintang sepakbola Argentina Lionel Messi pun pernah meluncurkan koleksi NFT di bulan Agustus 2021 lalu. Ketika itu Lionel Messi menampilkan tiga karya seni digital yang dibuat oleh seniman BossLogic.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top