Tips

Cara Supaya Belanja Jadi Bahagia? Inilah Tipsnya

tips-belanja-bahagia

tips belanja bahagia/https://visitandorra.com/

Belanja merupakan aktivitas sehari-hari yang dilakukan seseorang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. Dalam belanja sendiri kita harus mengeluarkan sejumlah uang. Nah dari sinilah tak jarang banyak orang yang merasa terpaksa ketika belanja karena harus mengeluarkan uang yang didapat dari lelahnya bekerja. Tentu saja kamu tak bisa saja menyalahkan kegiatan belanja ini. Sebab mau tak mau kamu pasti akan mengeluarkan uang yang telah didapat. Untuk itulah kamu yang selama ini bermasalah dengan perasaan saat harus mengeluarkan uang, pastikan untuk menerapkan beberapa tips berikut agar kamu lebih bahagia ketika berbelanja.

  1. Susun Anggaran dengan Cerdas

Tips pertama untuk membuat kegiatan belanja lebih bahagia adalah dengan menyusun anggaran dengan cerdas. Kegiatan belanja yang dilakukan tanpa pengganggaran memang dapat membuahkan penyesalan. Sebab ketika itu kamu bisa saja menjadi boros dengan mengorbankan tabungan dan impian. Maka itu agar belanja lebih menyenangkan kamu perlu menyusun anggaran dengan memisahkan keinginan dan kebutuhan sebagai berikut :

  • Kebutuhan tetap
  • Keinginan tetap
  • Kebutuhan variabel
  • Keinginan variabel

Keinginan variabel sendiri yaitu kegiatan belanja yang bila dilakukan akan meningkatkan kebahagiaan. Nah untuk memenuhi keinginan variabel ini kamu perlu menggunakan uang yang dibebaskan atau anggaran yang terpisah dari kebutuhan supaya lahir kebahagiaan ketika mengeluarkannya.

  1. Beli Pengalaman dan Kenangan

Agar kamu bisa mendapatkan kesenangan atau kebahagiaan ketika mengeluarkan uang bahkan untuk pemenuhan yang tidak pokok sekalipun, kamu perlu mendapatkan pengalaman dan kenangan. Seperti contoh misalnya kamu mengeluarkan untuk kegiatan berlibur di tempat yang berkesan. Contoh lain adalah melakukan staycation di hotel yang mengesankan dan lainnya. Kesan dan kenangan yang bisa kamu dapatkan tersebut akan membuatmu bahagia dan tak menyesal dengan uang yang telah dikeluarkan.

  1. Menghabiskan Uang untuk Orang Lain

Berikutnya cara supaya kegiatan belanja lebih bahagia adalah dengan membuat orang lain bahagia. Jadi keluarkan uang untuk orang yang kamu cintai dengan membelikan sesuatu yang mereka inginkan. Cara lain adalah keluarkan uang untuk orang-orang yang membutuhkan. Dari apa yang kamu lakukan ini maka akan muncul kebahagiaan yang bisa jadi tidak pernah kamu dapatkan sebelumnya.

  1. Tukarkan Waktu ‘Tidak Bahagia’ dengan Waktu yang ‘Bahagia’

Meski kamu punya banyak uang tapi bila waktu yang ada selalu membuatmu bergelut dengan sesuatu yang dibenci, maka kebahagiaan tidak akan pernah didapat. Tapi walau uangmu sedikit, namun bila kamu selalu punya waktu untuk melakukan sesuatu yang disukai, maka kebahagiaa akan bisa kamu raih. Jadi pastikan saja kamu punya waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai ketika mengeluarkan uang.

  1. Ciptakan Persahabatan

Terakhir, cara supaya kegiatan belanjamu jadi lebih menyenangkan dan membahagiakan adalah dengan membuat persahabatan. Di sini bukan berarti kamu harus selalu mentraktik teman-temanmu. Maksud dari persahabatan di sini adalah kamu harus menciptakan aura persahabatan dengan beberapa orang dalam kegiatan belanjamu. Seperti misalnya saat berbelanja kamu punya jalinan persahabatan yang erat dengan pemilik toko atau karyawan toko. Menjalin persahabatan dengan penjaga toko pun akan membuatmu merasakan kebahagiaan ketika bertemu.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan kebahagiaan dalam kegiatan berbelanja. Dari sini maka kamu tak boleh lagi merasa bahwa aktivitas mengeluarkan uang ini merupakan sesuatu yang terpaksa. Sebab dalam hidup ini kamu harus bisa merasakan kebahagiaan dalam hal apapun, termasuk ketika berbelanja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top