Bisnis Online

Cara Tingkatkan Rating Pada Toko Marketplace, Terapkan!

tingkatkan-rating-di-marketplace

marketplace/https://digitalentrepreneur.id/

Berjualan di marketplace saat ini memang banyak menjadi pilihan banyak penjual. Saat teknologi online terus bertumbuh, membuat pangsa pasar di dunia maya ini terus meningkat. Dari sinilah kemudian membuat banyak seller yang tidak mau melewatkan kesempatan meraup cuan dari cara daring ini. Tapi untuk sukses berjualan di marketplace, tidaklah cukup dilakukan hanya dengan membuka toko saja. Namun lebih dari itu, seorang seller harus lebih giat untuk mengelola toko atau lapaknya di marketplace tersebut. Dalam berbisnis di marketplace ini memang dibutuhkan tingkat kepercayaan tinggi dari konsumen. Dan tingkat kepercayaan dari konsumen di dunia online ini bisa dilihat dari rating toko yang baik. Nah berikut adalah cara yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan rating pada toko marketplace.

  1. Gencarkan Promosi

Cara pertama tingkatkan rating pada toko marketplace adalah dengan menggencarkan promosi. Bila tokomu terbilang baru di marketplace, maka kegiatan promosi memang menjadi cara yang harus dilakukan dengan intensif. Semakin gencar dan intensif kamu melakukan promosi toko di marketplace maka akan semakin besar peluangmu mendapatkan rating dari konsumen. Untuk melakukan promosi ini kamu tidak harus menjalankannya lewat media online. Tapi lakukan juga promosi toko marketplace-mu secara lisan kepada teman-temanmu atau dengan metode offline lainnya.

  1. Mintalah Secara Langsung

Untuk segera mendapatkan rating, kamu sebagai seller juga tidak boleh malu untuk meminta langsung pada calon pembeli atau buyer yang telah membeli. Pada calon pembeli, mintalah mereka untuk berkujung toko marketplace-mu. Syukur-syukur mereka juga mau memfollow atau me-like produk yang kamu jual. Sementara itu untuk konsumen yang telah membeli produk Anda, mintalah mereka untuk memberikan bintang 5 dan juga review yang bagus pada toko Anda. Cara meminta langsung kepada calon konsumen atau konsumen ini memang perlu dilakukan. Apalagi bila toko marketplace-mu tergolong masih baru. Dengan meminta secara langsung maka rating akan segera kamu dapatkan.

  1. Sesekali Berikan Reward

Berikutnya, cara tingkatkan rating pada toko marketplace adalah dengan memberikan reward. Reward atau penghargaan ini memang akan membuat konsumen menjadi lebih respect pada toko Anda. Ini karena mereka merasa diperhatikan sebagai konsumen yang telah membeli atau berlangganan pada tokomu. Untuk memberikan reward ini kamu tak harus mengeluarkan banyak dana. Sebab reward ini tidak harus berwujud hadiah atau promo diskon. Tapi Anda juga bisa memberikan reward dalam bentuk seperti layanan ekstra atau juga cashback. Dengan memberikan reward maka Anda bisa membuat konsumen mau memberikan rating pada toko di marketplace. Bila perlu berikan saja syarat bahwa untuk mendapatkan reward pembeli harus memberikan rating bagus di toko.

  1. Respon Konsumen dengan Segera

Saat ada konsumen yang menghubungi toko Anda dan bertanya sesuatu, maka segeralah untuk membalasnya. Konsumen yang menunggu jawaban Anda terlalu lama di fitur chat marketplace akan kecewa bila tidak segera dibalas. Bila konsumen sudah kecewa maka mereka bisa saja kemudian enggan untuk memberikan rating ke toko Anda, walau tetap membeli. Mereka enggan memberi rating karena sudah merasa kecewa dengan komunikasi yang kurang responsif dari Anda sebelumnya.

  1. Jalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Terakhir, cara tingkatkan rating pada toko marketplace adalah dengan menjalin hubungan baik dengan konsumen. Meski konsumen tersebut telah menjadi pelanggan Anda, bukan berarti Anda lantas membiarkannya saja. Tapi agar mereka tidak bosan untuk memberikan respon dan rating baik pada toko Anda, pastikan untuk selalu menjalin retensi atau hubungan baik dengan mereka. Hal ini juga berlaku untuk konsumen yang baru saja membeli di toko Anda. Pastikan juga kamu menjaga hubungan baik dengan mereka. Sekedar bertanya kabar melalui WhatsApp saja, hal tersebut bisa membuat konsumen merasa senang diperhatikan dan akhirnya mereka pun tak ragu lagi untuk selalu memberikan rating bagus pada toko Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: