Keuangan

Ingin Bisa Menghemat Uang Saat Sudah Punya Anak? Terapkan 4 Tips Ini

hemat-uang-saat-punya-anak

hemat uang saat punya anak/https://www.kiplinger.com/

Anak adalah karunia yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia. Dari sini seharusnya seseorang tak perlu terlalu khawatir mengenai keuangan ketika memiliki anak. Tapi kenyataannya tak jarang juga banyak orangtua yang kemudian merasa bahwa kehadiran anak bisa membuat keadaan finansialnya goyang. Sebenarnya tak ada alasan untuk kemudian langsung berpikiran negatif seperti itu. Toh, kita sebagai manusia bisa berusaha untuk mencari solusi bagaimana membuat finansial tetap sehat saat memiliki anak. Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk hal tersebut adalah menghemat uang. Namun seperti apa cara berhemat yang bisa dijalankan saat memiliki anak? Berikut informasinya.

  1. Membuat Penilaian

Tips pertama untuk bisa menghemat uang saat punya anak adalah dengan membuat penilaian. Ketika Anda mengeluarkan uang untuk keperluan anak, dalam suatu waktu memang Anda diharuskan memberikan penilaian. Tanyakan apakah beberapa hal yang Anda keluarkan untuk keperluan anak tersebut benar-benar memang sesuai dengan kebutuhan anak? Tak jarang memang banyak orangtua yang seakan memaksakan kehendak dengan mengikutkan anak-anaknya pada banyak pembelajaran non-formal tanpa memahami kebutuhan sesungguhnya dari anak. Pakar perencana keuangan Andrea Kennedy sendiri menyatakan bahwa memang banyak orangtua yang menghabiskan uangnya untuk kelas pengayaan anaknya tanpa mempertimbangkan secara betul-betul kebutuhan anak. Lebih lanjut Andrea menyarankan kepada orangtua agar lebih fokus pada kelas-kelas yang akan diikuti oleh anak dengan menyesuaikan dengan bakatnya.

“Saran saya adalah untuk lebih fokus. Sisihkan sejumlah uang tertentu setiap bulan untuk kegiatan dan kelas tertentu, dan putuskan bagaimana tepatnya membelanjakannya.” Kata Andrea.

  1. Simpan Uang dengan “Ketat”

Tips berikutnya untuk bisa menghemat uang saat punya anak adalah menyimpan uang dengan ‘ketat’. Anda memang diharuskan untuk hidup sesuai dengan kemampuan. Maka dari itu agar keuangan atau finansial selalu sehat, maka para pakar menyarankan kepada Anda untuk bisa menyimpan atau menabung uang ke dalam sebuah tempat yang tidak memiliki kartu debit atau kredit. Dengan cara tersebut maka dipercaya akan bisa membantu Anda untuk mengekang pengeluaran impulsif yang bisa membuat pengeluaran menjadi membengkak, termasuk untuk keperluan anak.

  1. Susun Anggaran, yang Mudah dan Menyenangkan

Setiap finansial yang baik memang dibutuhkan sebuah rencana anggaran yang di susun. Bila seseorang membuat perencanaan anggaran yang kacau dan amburadul maka akan sulit bagi mereka untuk berhemat atau menghadirkan finansial yang sehat. Apalagi Anda yang telah memiliki buah hati, maka menyusun anggaran guna dapat menghemat dan mencapai finansial sehat harus dan wajib dilakukan. Untuk menghadirkan proses anggaran sendiri menurut Alfred Chia, CEO Singcapital tak perlu membuat yang rumit. Tapi dengan cara sederhana pun bisa dilakukan agar uang yang ada dan dikeluarkan tidak lagi membuat Anda binggung karena tidak diketahui perginya.

“Ini memungkinkan kita melihat ‘gambaran besar’ dengan jelas, dan kita tidak perlu lagi bersusah payah berpikir, ke mana uang saya pergi,” ujar Alfred.

  1. Memahami Perbedaan Antara “Kebutuhan” dan “Keinginan”

Terakhir, tips menghemat yang ketika sudah punya anak adalah dengan memahami perbedaan antara “kebutuhan” dan “keinginan”. Sebab utama yang sering menimpa orang-orang yang tidak bisa berhemat adalah tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Meski Anda sudah memiliki anak, pemahaman akan kebutuhan dan keinginan ini memang bisa saja belum bisa didapati. Dari sinilah kemudian banyak orangtua yang mengalami kegagalan dalam mengatur keuangan karena sifat boros yang dimilikinya. Sebenarnya untuk membedakan keinginan dan kebutuhan ini terbilang mudah. Menurut Alfred Chia, CEO Singcapital, cara untuk membedakan kebutuhan dan keinginan adalah dengan menanyakan pada diri sendiri apakah barang yang akan dibeli benar-benar dibutuhkan.

“Sangat mudah untuk menginginkan apa yang dimiliki orang lain. Tetapi tanyakan pada diri sendiri apakah kita benar-benar membutuhkannya.” Kata Alfred.

Lebih lanjut Alfred mengatakan bahwa lebih baik pengeluaran untuk keinginan ini ditabung hingga nantinya bertambah banyak.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: