Keuangan

Ingin Cepat Melihat Hasil Investasi? Inilah 4 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Harus Anda Ambil

investasi_jangka_pendek

investasi jangka pendek/https://medium.com/

Investasi merupakan sesuatu yang banyak dianjurkan oleh para pakar finansial. Dengan berinvestasi maka akan ada sebuah harapan di masa depan yang lebih cerah. Tapi untuk menikmati hasil dari investasi ini memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Disamping soal waktu, cara Anda memilih investasi ini juga sangat penting untuk mendapatkan keuntungan. Sebab, beberapa investasi yang ada memang ada yang tidak menguntungkan bahkan cenderung merugikan. Nah bila Anda memang orang yang tidak sabaran dalam berinvestasi, maka ada jalan untuk Anda yang ingin segera melihat hasil. Caranya, coba saja pilih jenis invetasi yang memiliki periode jangka pendek. Lalu investasi jenis apa saja yang menguntungkan dan dapat dilihat dalam waktu jangka pendek tersebut? Berikut penjelasannya.

  1. P2P Lending

Investasi jangka pendek pertama yang bisa Anda ambil untuk melihat hasilnya lebih cepat adalah P2P Lending. P2P Lending sendiri merupakan situs yang menjadi perantara antara peminjam dan pemberi pinjaman. Di platform ini, Anda bisa memilih menjadi investor atau pemberi pinjaman. P2P Lending ini memang merupakan investasi berbasis teknologi. Meski berbasis teknologi, jenis investasi ini sangat mudah untuk dijalankan. Bahkan menariknya, investasi ini tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya karena bisa dimulai dengan Rp 100 ribu. Hal menarik lain dari Investasi P2P Lending adalah adanya return sebesar 30 persen dan ada juga yang memberikan return belasan persen. Dan jangan lupakan juga bahwa investasi ini berjangka pendek sehingga membuat Anda bisa melihat hasilnya dengan cepat. Tapi agar sukses, disarankan untuk Anda mempelajari tips investasi P2P Lending.

  1. Reksa Dana

Dengan modal yang hampir sama dengan P2P Lending untuk memulai invetasi yakni Rp 100 ribu, reksa dana menjadi diminati banyak orang. Dana yang Anda investasikan ke reksa dana ini akan aman karena akan dikelola oleh manager investasi. Dari sini Anda pun yang terbilang pemula, tak perlu merasa khawatir tak bisa menjalankan investasi reksa dana ini. Karena adanya manajer tadi, Anda pun bisa tenang untuk menjajankan investasi ini dan untuk segera mendapatkan hasilnya setiap waktu.

  1. Deposito

Berikutnya, jenis investasi jangka pendek yang juga sangat diminati masyarakat adalah deposito. Banyaknya orang yang meminati deposito ini karena keuntungannya yang lumayan yakni dari 4 hingga 8 persen. Selain itu dengan risiko yang kecil maka deposito menjadi semakin menarik untuk dijalankan. Dengan jaminan dari Lembaga Peminjaman Simpanan (LPS), tentu Anda juga tak perlu takut akan dana yang Anda setor ke deposito. Meski demikian, saat menjalankan investasi deposito Anda perlu berhati-hati karena adanya biaya pinalti yang bisa muncul karena mengambil dana sebelum jatuh tempo. Maka dari itu agar Anda terhindari dari pinalti, usahakan untuk mengambil tenor yang sesuai kemampuan. Deposito sendiri juga mengharuskan Anda menyiapkan dana yang lebih besar antara 5 juta hingga Rp 10 juta sebagai dana awal pembukaan deposito di bank.

  1. Tabungan Berjangka

Terakhir, jenis investasi jangka pendek yang bisa Anda ambil yaitu tabungan berjangka. Jika Anda merasa berat untuk mengambil deposito karena besarnya dana awal yang harus disetor, maka Anda bisa mengambil tabungan berjangka. Tabungan berjangka ini memang lebih tepat bagi yang berpenghasilan rendah. Tabungan berjangka ini juga sangat tepat bagi Anda yang ingin konsisten menabung. Ini karena saat Anda mengikutinya, maka setiap bulannya akan ada dana yang ditarik atau disimpan secara otomatis dari rekening Anda ke tabungan berjangka. Dari sistem seperti ini maka Anda sejatinya akan dipaksa untuk menabung setiap bulannya. Dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama, tentu tabungan berjangka ini akan menjadi investasi yang tepat untuk Anda yang ingin segera menikmati hasil.

Demikianlah beberapa jenis investasi jangka pendek yang harus Anda pilih untuk segera mendapatkan hasil investasi yang cepat. Tentu beberapa investasi yang disebutkan di atas ada kelebihan dan kekurangannya sendiri. Maka dari itu Anda yang berencana akan berinvestasi jangka pendek cobalah untuk mempelajari secara detail dan membandingkan terlebih dahulu beberapa invetasi tadi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top