Tips

Jadikan 5 Jam Kerjamu Berkualitas dan Produktif dengan Tips Berikut Ini

Work-Productivity

Bekerja sudah semestinya menghasilkan sesuatu untuk peningkatan taraf hidup. Dengan waktu yang sudah kita habiskan di ruang kerja, maka akan sangat sia-sia bila kemudian tidak ada hasil yang didapatkan. Di lapangan memang orang-orang yang bekerja tanpa hasil maksimal masih bisa kita dapati. Hal ini terjadi karena mereka tidak menggunakan waktu kerjanya dengan maksimal. Jam kerja di kantor yang umumnya antara 5-6 jam memang sudah seharusnya dioptimalkan oleh semua karyawan. Tapi dengan sifat karyawan dan banyaknya beberapa gangguan, membuat produktivitas pada jam kerja ini bisa didapati masalahnya. Nah bagi Anda yang ingin memaksimalkan 5 jam kerja dengan hasil yang produktif dan berkualitas maka Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

  1. Jangan Mengalihkan Fokus Kerja Anda Sebelum Jam Makan Siang

Pertama, tips membuat 5 jam kerja jadi lebih berkualitas dan produktif adalah dengan cara tidak mengalihkan fokus kerja sebelum makan siang. Jam kerja sebelum makan siang memang juga menjadi waktu yang seringkali tidak membuat pekerja fokus. Entah karena alasan baru datang, sarapan, kurang waktu tidur, belum ngopi dan lainnya membuat waktu 3-4 jam sebelum makan siang ini seringkali tidak produktif. Tentu ketika jam kerja pada pagi hari ini tidak produktif maka hal tersebut membuat Anda harus menggantinya dengan menggadaikan waktu istirahat dan makan siang. Ini bentuk konsekuensi yang harus diterima. Maka dari itu bila Anda tidak mau hal ini terjadi maka Anda harus benar-benar fokus untuk bekerja pada jam sebelum makan siang tersebut.

  1. Manfaatkan Waktu Istirahat dan Makan Siang dengan Optimal

Jam istirahat dan makan siang memang bukan waktu yang bisa dianggap sepele. Pasalnya di waktu tersebut, seseorang bisa memulihkan kembali energi yang sudah terbuang. Ketika pekerja sudah istirahat dan makan siang serta mendapat energinya maka mereka bisa kembali ke meja kerja dengan semangat dan produktif. Namun sebaliknya bila Anda tidak menggunakan waktu istirahat dan makan siang ini dengan optimal, maka produktivitas Anda pastinya akan terganggu. Pasalnya dengan melewatkan waktu istirahat dan makan siang maka Anda tidak mendapatkan kesempatan untuk memulihkan energi. Dari sini maka produktivitas kerja Anda pun akan terganggu. Bila pun Anda bisa memaksakan diri untuk bekerja, maka biasanya hasil pekerjaan tidak baik dan tidak berkualitas.

  1. Matikan Gadget Selama Jam Kerja

Salah satu faktor pengganggu kerja yang sangat besar pengaruhnya saat ini adalah gadget. Benda yang satu ini memang sudah dikenal sangat mengganggu bila diaktifkan pada jam kerja. Beragamnya fasilitas hiburan yang ada di gadget membuat karyawan akan tersita perhatiannya untuk memainkannya saat bekerja. Saat karyawan sudah asyik dengan gadetnya ketika jam kerja sedang berlangsung maka bisa dipastikan produktivitas kerjanya akan menurun. Nah dari sini Anda yang ingin 5 jam kerjamu berkualitas maka mau tak mau Anda harus menon-aktifkan gadget sebelum memulai bekerja. Dengan mematikan gadget maka tidak akan ada benda terdekat yang mampu mengganggu produktivitas Anda.

  1. Buat Kesepakatan dengan Rekan Sekerja untuk Berbicara saat Jam Istirahat

Beriktunya, tips untuk membuat 5 jam kerjamu jadi lebih berkualitas dan produktif adalah dengan membuat kesepakatan dengan rekan sekerja untuk tidak berbicara ketika jam kerja. Buat kesepakatan bahwa pembicaraan hanya dapat Anda lakukan ketika jam istirahat tiba. Rekan sekerja memang bisa menjadi faktor yang dapat mengganggu produktivitas bila Anda selalu terlihat dalam pembicaraan yang tak penting. Nah untuk menghindari menurunnya produktivitas ini maka mau tak mau Anda harus memberikan pemahaman pada rekan kerja yang seringkali mengajak Anda bicara saat jam kerja. Katakan pada mereka bahwa untuk kebaikan bersama maka lebih baik ngobrol-ngobrol dilakukan ketika jam istirahat saja.

  1. Singkirkan Benda-benda yang Dapat Mengganggu Fokus Kerja

Terakhir, tips untuk menjadikan 5 jam kerja jadi lebih berkualitas dan produktif adalah dengan menyingkirkan benda-benda yang dapat menganggu fokus kerja. Di meja tempat kerja memang ada beberapa benda yang dapat mengganggu fokus kerja. Beberapa benda yang dapat mengganggu fokus kerja adalah makanan ringan atau camilan, mainan dan juga yang lainnya. Untuk makanan atau camilan, sebaiknya Anda tidak terlalu membiasakan diri untuk membawanya ke meja kerja, karena hal ini seringkali mengganggu produktivitas kerja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top