Lainnya

Jangan Sepelekan Perencanaan Bisnis, Sebab Ada Dampak Buruk Bila Anda Melewatkannya!

perencanaan-bisnis

Untuk menjalankan bisnis dengan baik maka Anda memang perlu membuat perencanaan yang baik pula. Seperti akan membuat gedung, bisnis juga memerlukan perencanaan agar saat nantinya dijalankan akan bisa berjalan lancar dan mengantar Anda pada kesuksesan. Meski perencanaan bisnis ini nampak begitu penting, namun sayangnya tidak sedikit pebisnis yang meremehkan dan menyepelekannya. Dengan dalih atau alasan terlalu ribet dan membutuhkan waktu untuk menyusunnya, para pebisnis ini jelas akan berhadapan dengan bahaya atau dampak buruk yang bisa menimpa bisnisnya. Nah, berikut ini adalah beberapa dampak buruk yang bisa menimpa bisnis Anda ketika menjalankan usaha tanpa perencanaan.

  1. Kebingungan Menentukan Strategi

Dampak buruk pertama yang bisa menimpa bisnis Anda ketika menjalankan usaha tanpa perencanaan adalah kebingungan menentukan strategi. Strategi bisnis memang ada banyak macamnya. Tapi untuk menjalankan bisnis, Anda tidak bisa menerapkan semua strategi. Anda harus memilih satu atau dua strategi untuk dieksekusi. Nah dengan adanya perencanaan bisnis sebelumnya, Anda akan bisa menentukan strategi tanpa ada rasa bimbang atau binggung. Tapi bila Anda belum punya perencanaan maka ketika akan menentukan dan memilih strategi bisnis, Anda akan mengalami kebingungan. Ini dikarenakan Anda tidak memiliki panduan atau acuan untuk menentukan strategi bisnis yang tepat dan sesuai dengan kondisi usaha Anda.

  1. Produk Anda Tidak Diminati Pasar

Berikutnya, dampak buruk bila Anda melewatkan perencanaan bisnis adalah produk Anda bisa tidak diminati pasar. Dalam perencanaan bisnis, Anda memang diharuskan untuk menentukan target pasar untuk bisnis. Nah dari target pasar inilah Anda bisa menguraikan karakteristik dari konsumen yang Anda sasar tersebut. Bila konsumen yang Anda target sudah cukup baik Anda uraikan maka Anda akan bisa menjalankan strategi yang bisa membuat produk Anda diminati pasar. Namun sebaliknya bila Anda tidak melakukan perencanaan bisnis maka Anda akan kesulitan membuat pasar tertarik dengan produk Anda. Alih-alih tertarik, tanpa perencanaan bisnis dan uraian karakteristik target pasar, maka produk Anda akan kalah bersaing dengan kompetitor karena tidak adanya minat dari konsumen.

  1. Kalah Menghadapi Kompetitor

Untuk sukses dalam berbisnis, Anda memang harus mampu mengalahkan kompetitor. Sebab semakin Anda mampu memenangkan persaingan bisnis maka akan semakin banyak konsumen yang datang dan memilih bisnis Anda. Ketika banyak konsumen yang membeli produk Anda maka bisnis pun akan berpeluang untuk meraih sukses. Tapi untuk bisa memenangkan persaingan dan sukses dalam bisnis, Anda harus memiliki perencanaan bisnis yang matang. Mengapa? Sebab dalam perencanaan bisnis ini Anda akan menyusun sebuah strategi dengan cermat dan detail bagaimana caranya menghadapi dan mengalahkan kompetitor. Namun bila Anda tidak melakukan perencanaan bisnis maka Anda akan kesulitan untuk bisa memenangkan persaingan.

  1. Tidak Mencapai Target

Dalam perencanaan, pastinya pebisnis akan menentukan target atau pencapaian bisnis dalam kurun waktu tertentu. Nah dengan penentuan target atau pencapaian bisnis yang terstruktur maka Anda akan bisa berpeluang lebih besar untuk meraih target dan pencapaian bisnis. Ini karena target yang disertai dengan sebuah perencanaan akan membuat usaha yang dilakukan menjadi efektif. Nah dari efektivitas inilah maka bisnis akan bisa mencapai target yang telah ditetapkan. Tapi bisnis yang dijalankan tanpa perencanaan, maka efektivitas strategi yang dijalankan akan tidak efektif. Dari usaha yang tidak efektif inilah maka akan sulit bagi sebuah bisnis mencapai target.

  1. Kemungkinan Gagal Jadi Lebih Besar

Terakhir, dampak buruk bisnis yang dijalankan tanpa perencanaan adalah kemungkinan gagal menjadi lebih besar. Ketika bisnis sudah tidak mampu mengalahkan persaingan dan selalu gagal mencapai target maka pastinya untuk mencapai sukses akan sangat sulit. Alih-alih meraih sukses, bisnis dengan kondisi seperti ini lebih berpeluang untuk mengalami kegagalan. Maka dari itu Anda yang tidak ingin bisnis mengalami kegagalan, maka Anda harus berusaha dengan membuat perencanaan yang matang.

Dalam bisnis dengan kemungkinan-kemungkinan yang ada memang membuat apapun bisa terjadi. Tapi meski demikian bukan berarti kita sebagai pebisnis lantas pasrah menerima apa yang akan terjadi nanti. Tapi sebagai pebisnis sejati Anda harus berusaha bagaimana mencoba untuk berusaha menjemput nasib dan meraih pencapaian yang lebih baik. Salah satu bentuk usaha menjemput nasib dan meraih hasil lebih baik adalah dengan membuat perencanaan bisnis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top