Keuangan

Jangan Sia-siakan Uang Anda untuk Belanja 4 Barang ini dalam Kasus Isu Virus Corona

panic-buying

panic buying/https://www.cnbc.com/

Wabah virus corona yang saat ini telah menjadi pandemi dunia memang telah banyak membuat banyak perubahan perilaku masyarakat. Selain semakin intens menjaga kesehatan, perubahan perilaku masyakat ditengah wabah virus Covid-19 ini terlihat pada kegiatan membeli barang-barang secara massif. Kegiatan membeli barang dalam jumlah besar ditengah wabah virus corona ini dinilai oleh Regina Phelps selaku Pandemik Planner dan Pakar Manajemen Krisis adalah hal yang konyol. Meski mengakui bahwa perilaku tersebut merupakan respon alami, namun dikatakan Regina bahwa kegiatan membeli barang dengan keadaan panik ini merupakan hal yang sia-sia. Lebih lanjut menurut Regina, kegiatan membeli barang secara berlebihan bisa membuat dampak buruk yakni kelangkaan dan harga yang meroket. Dari sinilah seharusnya seseorang bisa mengendalikan kepanikannya dan bisa berbelanja secara bijak. Nah ditengah kondisi wabah virus corona seperti ini Regina dan para pakar keuangan lain menyarankan agar Anda tidak membuang-buang uang untuk beberapa hal berikut.

  1. Makanan yang Tidak Biasanya Anda Makan

Barang yang seharusnya tidak perlu Anda beli di saat wabah corona virus ini merebak adalah makanan yang tidak biasa dimakan. Ketika wabah virus corona sudah mulai menyebar di sebuah negara atau wilayah, memang banyak orang kemudian panik dan membeli segala kebutuhan manakan secara massif. Hal ini mereka lakukan atas dasar akan ketakutan pemerintah akan melakukan lockdown. Dari sinilah kemudian mereka datang ke supermarket untuk memborong segala jenis makanan yang bisa digunakan untuk bertahan hidup bila lockdown diterapkan. Menurut beberapa pakar keuangan, perilaku ini tidak tepat karena membeli segala kebutuhan makanan tanpa rencana bisa membuat Anda merugi. Sebab diantara barang-barang yang dibeli tentu akan ada makanan yang tidak disukai. Dari sini makanan yang tidak disukai ini akan sia-sia karena tidak dimakan. Jadi belilah makanan yang benar-benar dibutuhkan saja. Itu pu harus dilakukan tanpa perlu membelinya secara massif karena kita perlu berbagi dengan yang lain.

  1. Masker

Saat wabah virus corona melanda, produk yang satu ini memang menjadi komoditi yang paling banyak diincar masyarakat. Penggunaan masker dibutuhkan oleh mereka dengan alasan bisa menghindari penularan virus. Alasan ini memang ada benarnya bila dihubungkan dengan orang-orang tertentu seperti orang sakit, orang yang berhadapan dengan pasien dan juga orang-orang yang sulit menghindari kerumunan setiap harinya. Bila Anda masih sehat dan jarang berada di kerumunan setiap harinya maka sebenarnya masker ini tidaklah terlalu dibutuhkan. Organisasi kesehatan Dunia (WHO) sendiri mengatakan bahwa masker memang hanya diperlukan untuk orang yang sakit dan yang merawatnya saja. Bahkan beberapa pakar kesehatan menyatakan bahwa hanya mengandalkan masker saja untuk menghindari virus corona ini adalah hal yang sia-sia. Sebab, ada usaha yang lebih penting guna menghindari virus Covid-19 dari hanya menggunakan masker yakni mencuci tangan dan menjaga daya tahan tubuh.

  1. Suplai Alat Pembersih Lengkap

Corona bukan virus yang bisa bertahan lama pada benda mati. Mereka bisa bertahan hidup bila sudah menemukan inangnya yakni manusia. Dari sini bila Anda berpikir bahwa rumah harus steril dengan membersihkan semua bagian atau setiap sudut rumah, maka hal ini juga bukan tindakan yang tepat. Maka bila ada orang yang membeli banyak alat pembersih rumah dengan massif, tentu hal ini bukanlah sebuah tindakan yang benar. Kalaupun Anda ingin membersihkan rumah dari virus corona, maka beli saja cairan disinfektan saja. Sementara itu tindakan paling panting untuk dilakukan dalam memerangi virus covid-19 ini adalah rutin mencuci tangan dengan sabun.

  1. Filter Udara

Terakhir, pembelian yang sia-sia dilakukan saat merebaknya virus corona ini adalah membeli filter udara. Mereka yang membeli filter udara ini memiliki alasan bahwa virus bisa tertangkal dengan cara meningkatkan kualitas udara. Kenyataannya, virus corona ini bukan virus yang ditularkan melalui udara (kecuali dalam jarak dekat). Maka dari itu bila kamu membeli filter udara untuk di rumah, tentu hal ini merupakan hal yang sia-sia karena tidak akan banyak membantu.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: