Lainnya

Leader Wajib Paham, Inilah Cara Tepat Delegasikan Tugas Pada Bawahan

delegasi-tugas

Sebagai leader, Anda memang dituntut untuk memiliki kemampuan lebih dan beragam (multi-talenta) untuk mengurus bisnis. Tapi sehebat apapun Anda dalam mengelola usaha, diwaktu tertentu, Anda pasti akan membutuhkan orang lain untuk mengerjakan apa-apa yang selama ini Anda kerjakan. Dalam sebuah perusahaan, cara ini disebut dengan delegasi tugas. Tentu untuk mendelegasikan tugas, Anda memang tidak bisa sembarangan menyerahkannya pada bawahan. Apalagi bila apa yang Anda delegasikan adalah tugas yang penting, maka Anda harus lebih cermat dan berhati-hati dalam mendelegasikan tugas. Nah berikut ini adalah cara yang tepat untuk mendelegasikan tugas yang bisa dilakukan leader untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Sesuaikan Job Desc dengan Kemampuan Bawahan

Pertama, cara tepat yang bisa dilakukan leader untuk mendelegasikan tugas pada bawahan adalah menyesuaikan job decs sesuai kemampuan bawahan. Bawahan memang pastinya belum memiliki skill sehebat Anda. Apalagi ketika delegasi ini merupakan pengalaman pertama bagi bawahan, tentu Anda harus lebih berhati-hati. Untuk menghindari hasil yang buruk, pastikan Anda menyesuaikan job desc dengan kemampuan bawahan. Jangan memaksa bawahan untuk mengerjakan sesuatu diluar kemampuannya. Ini karena bila Anda memaksakannya bisa berakibat tugasnya jadi berantakan tanpa hasil. Tapi bila Anda memang memiliki waktu untuk mengajarkan cara mengerjakan tugas tersebut pada bawahan, maka Anda bisa saja menawarkannya pada mereka untuk mengerjakannya setelah proses training.

  1. Delegasikan Tugas dengan Cara yang Tepat dan Elegan

Untuk mendelegasikan tugas pada bawahan Anda memang tidak bisa seenaknya sendiri. Meski Anda seorang pimpinan dan mereka adalah bawahan Anda, pendelegasian tugas ini juga perlu tata cara yang saling menyamankan. Hal ini dilakukan agar pendelegasian ini nantinya bisa berjalan dengan baik dan optimal. Jadi untuk mendelegasikan tugas ini Anda perlu mendatangi secara langsung bawahan. Usahakan jangan mendelegasikan secara tak langsung seperti via telepon atau video call. Ketika bertemu, cobalah untuk berkomunikasi dengan bahasa sopan, santai dan tidak menggurui. Setelah itu sampaikan dan informasikan bahwa Anda ingin mendelegasikan tugas penting pada bawahan Anda tersebut. Sampaikan juga waktu deadline untuk delegasi tugas tersebut. Dalam hal ini Anda harus memberikan mereka pilihan untuk menerima atau menolaknya. Meski Anda adalah leader namun Anda tidak boleh memaksa mereka untuk harus menerima delegasi tugas tersebut.

  1. Katakan Bahwa Anda Sanggup Dampingi Bawahan bila Ada yang Masih Membingungkan

Bila bawahan mau menerima delegasi tugas dari Anda maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan sebagai seorang leader adalah menadampingi mereka. Anda memang tak bisa tiba-tiba langsung melepas mereka saat pendelegasian tugas. Pasalnya, bawahan bisa jadi masih binggung ketika mengerjakan tugas. Jadi katakan saja bila Anda sanggup untuk ditanya-tanya bila ada yang bawahan binggungkan. Dengan pernyataan bahwa Anda sanggup mendampingi bila ada yang dibinggungkan maka bawahan akan merasa tenang ketika mengerjakan tugas delegasi dari Anda.

  1. Selalu Tanyakan Progress Pekerjaan

Saat mengerjakan tugas delegasi, Anda sebagai leader tidak boleh cuek begitu saja. Pasalnya kecuekan dari Anda bisa menjadi pertanda bahwa tugas yang Anda delegasikan tidak terlalu penting. Maka saat bawahan mengerjakan tugas, Anda harus selalu melihat perkembangan atau progres-nya. Setelah beberapa hari Anda mendelegasikan tugas cobalah untuk bertanya pada bawahan Anda tentang progres tugas yang diberikan. Tahapan follow-up ini tentu akan sangat berguna bagi Anda yang ingin delegasi tugas berjalan dengan baik.

  1. Berikan Motivasi, Semangat dan Apresiasi

Terakhir, cara tepat sebagai seorang leader mendelegasikan tugas pada bawahan adalah memberikan semangat dan apresiasi pada bawahan. Saat mendelegasikan tugas, Anda sebagai leader bisa memberikan motivasi bahwa Anda tidak salah memilih orang untuk delegasi tugasnya. Sementara itu pada saat bawahan mengerjakan tugas, Anda bisa memberikan semangat supaya tugasnya bisa selesai tepat waktu dengan hasil yang baik. Sedangkan ketika mereka sudah mengerjakan tugas yang Anda delegasikan, pastikan juga Anda memberikan apresiasi pada mereka. Dengan motivasi, semangat dan apresiasi tentu proses delegasi tugas ini akan bisa berjalan dengan menyenangkan antara Anda dan bawahan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top