Tips

Masih Harus Bekerja Ditengah Wabah Virus Corona? Ini 6 Tips Supaya Tetap Aman

masker-cegah-virus-corona

masker cegah virus corona/https://muslimobsession.com/

Wabah virus corona memang semakin mengkhawatirkan. Ini terlihat dari data pasien positif dan meninggal yang terus meningkat setiap harinya. Meski terbilang sudah mencemaskan, tapi pemerintah ternyata masih belum memutuskan untuk mengambil kebijakan lockdown. Walau pemerintah telah menetapkan anjuran social distancing dan #DirumahAja, hal ini tetap dianggap belum kuat mengikat masyarakat. Buktinya beberapa profesi masih saja menjalankan aktivitas kerjanya setiap hari. Ditengah rasa khawatir dan kondisi ketidakpastian ekonomi seperti ini beberapa pekerja memang mau tak mau harus bekerja karena tuntutan. Nah bila Anda memang adalah salah seorang yang mau tak mau harus bekerja keluar rumah di tengah kondisi seperti sekarang, maka perlu menerapkan beberapa tips aman berikut ini.

  1. Jaga Jarak

Tips aman pertama yang bisa Anda jalankan ketika harus bekerja ditengah wabah virus corona adalah dengan selalu menjaga jarak. Kampanye social distancing dari pemerintah memang perlu Anda terapkan dengan serius bila ingin terhindar dari penularan virus corona. Apalagi bila Anda memang masih harus bekerja di luar rumah di tengah wabah seperti ini. Tentu menjaga jarak dengan orang lain (social distancing) menjadi sesuatu yang wajib dilakukan. Jadi pastikan Anda bisa menjaga jarak minimal satu meter dengan orang-orang di sekitar, termasuk rekan kerja atau atasan sekalipun. Anda tak perlu ragu ketika melakukan hal ini. Sebab, orang lain pastinya sudah paham dan mengerti dengan social distancing ini.

  1. Hindari Kerumunan

Ketika Anda berangkat atau pulang kerja dan masih menggunakan jasa transportasi umum maka Anda harus waspada. Sebab, dengan saat berada di transportasi umum maka Anda akan bersama-sama dengan penumpang lain yang bisa jumlahnya banyak. Dari kerumunan penumpang inilah potensi penyebaran covid-19 ini memang bisa terjadi. Lalu bagaimana solusinya? Untuk sementara cobalah untuk menghindari penggunaan transportasi umum. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan ojol mobil. Tapi melihat situasi transportasi publik yang sekarang sudah banyak menerapkan aturan social distancing, maka hal ini memungkinkan untuk Anda gunakan.

  1. Pakai Masker

Berikutnya, tips untuk tetap aman ketika masih harus bekerja di luar rumah saat wabah virus corona yakni dengan menggunakan masker. Bila Anda memang tidak bisa menghindari kerumunan, maka penggunaan masker bisa jadi solusinya. Dengan masker berkualitas baik, memang virus bisa ditangkal untuk tidak memasuki tubuh. Tapi meski memakai masker, Anda tidak boleh terlalu mengandalkannya. Sebab akan percuma bila Anda memakai masker tapi jarang mencuci tangan karena Covid-19 ini juga bisa menular dari tangan yang masuk ke tubuh. Maka dari itu harus diingat bahwa masker ini hanya berguna melindungi Anda dari penyebaran virus dari udara saja. Sementara itu untuk mencegah penularan corona dari tangan, maka Anda harus rajin mencuci tangan.

  1. Jaga Daya Tahan Tubuh

Virus corona memang akan lebih mudah menjangkiti orang-orang dengan daya tahan tubuh atau imunitas yang lemah. Maka dari sinilah Anda yang terpaksa harus bekerja di luar rumah dalam kondisi seperti ini, harus bisa menjaga daya tahan tubuh. Untuk bisa menjaga daya tahan tubuh ini sendiri Anda bisa menerapkan pola makan yang teratur, istirahat yang cukup dan juga mengkonsumsi makana yang bergizi. Cara lain untuk menjaga daya tahan tubuh adalah minum jamu. Mengkonsumsi beberapa suplemen kesehatan juga bisa jadi alternatif lain untuk menjaga daya tahan tubuh.

  1. Bawa Hand Sanitizer dan Rajin Cuci Tangan

Untuk menghindari penularan virus corona melalui sentuhan tangan, maka Anda memang diharuskan sering mencuci tangan dengan air dan sabun. Tapi ketika berada di luar rumah untuk bekerja, bisa jadi Anda akan kesulitan untuk mencari air dan sabun. Nah solusi untuk ini adalah hand sanitizer. Dengan mengoleskan atau menyemprotkan hand sanitizer setelah memegang sesuatu memang bisa membunuh virus yang menempel di tangan. Hand sanitizer sendiri memang menjadi alternatif pengganti mencuci tangan.

  1. Cuci Pakaian dan Mandi Setelah Pulang Bekerja

Terakhir, tips untuk tetap aman meski Anda terpaksa harus bekerja di luar rumah di tengah wabah covid-19 adalah dengan mencuci pakaian serta mandi setelah pulang bekerja. Setelah bekerja seharian di luar rumah, maka Anda memang tetap harus menjaga keluarga. Nah kita tidak ada yang tahu bila ada virus yang menempel di tubuh kita atau pada pakaian. Dari sini agar virus mati, Anda harus mandi setelah pulang kerja. Sementara itu untuk pakaian yang digunakan, Anda harus segera mencucinya dengan detergent antibacteri.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: