Keuangan

Mudik Dilarang, Inilah 5 Pos Pengeluaran yang Bisa Kamu Hemat

hemat-saat-dilarang-mudik

hemat saat mudik dilarang/https://www.radioidola.com/

Pemerintah pusat yang telah menetapkan pelarangan mudik tahun 2020 jelas membuat lebaran tahun ini akan mengalami perbedaan. Pelarangan mudik yang ditetapkan pemerintah sendiri bukan tanpa alasan. Pelarangan mudik ini dilakukan pemerintah untuk menghindari penyebaran virus corona atau Covid-19 ke daerah. Dari adanya pelarangan mudik tersebut maka Anda yang berada di daerah perantauan harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan tersebut. Setidaknya dari kebijakan pelarangan mudik ini kamu bisa mengambil hikmahnya. Dari aturan pelarangan mudik yang ada memang kita bisa mendapat beberapa hikmah seperti pos pengeluaran yang menjadi terhemat. Nah, berikut beberapa pos pengeluaran yang bisa dihemat dari adanya aturan pelarangan mudik tahun 2020.

  1. Biaya Transportasi

Pos pengeluaran pertama yang bisa kamu hemat karena harus menetap di tanah rantau adalah ongkos transportasi. Untuk mudik memang dibutuhkan biaya transportasi. Semakin jauh jarak tempat perantauan Anda dengan kampung halaman maka akan semakin mahal biaya atau ongkos transportasi yang harus ditanggung. Nah bila kamu tidak bisa mudik karena ada larangan tentu kamu bisa menyimpan biaya untuk membeli tiket transportasi tersebut. Walaupun kamu sebenarnya berencana mudik naik kendaraan pribadi, tetap saja akan ada ongkos yang harus dibayar. Bahkan untuk kendaraan pribadi kamu harus memikirkan ongkos bahan bakar dan juga ongkos perawatan atau sevis.

  1. Uang Perjalanan

Dalam perjalanan mudik ke kampung halaman, kamu tentu tidak akan hanya diam saja berada di kendaraan. Karena perjalanan yang panjang maka pastinya kamu membutuhkan makanan dan minuman untuk mengisi perut saat lapar dan haus. Dalam perjalanan mudik biasanya juga kita membutuhkan dana darurat untuk persiapan berjaga-jaga atas kejadian yang tak diinginkan. Nah dari sini terlihat bahwa mudik juga membutuhkan dana atau biaya selama berada di perjalanan. Untuk besarannya tergantung pada kebutuhan Anda selama di perjalanan. Bila Anda banyak jajan maka biaya uang perjalanan mudik pun akan semakin besar. Tapi bila kamu lantas tidak diperbolehkan mudik, maka biaya uang perjalanan ini tentu akan bisa disimpan.

  1. Buah Tangan untuk Orang Tua dan Saudara

Berikutnya, biaya atau pos pengeluaran yang bisa Anda hemat saat mudik dilarang adalah biaya buah tangan. Memang sudah menjadi tradisi saat lebaran tiba yaitu membawa buah tangan atau oleh-oleh untuk orangtua, keluarga dan sanak saudara di kampung. Tentu biaya untuk membeli buah tangan atau oleh-oleh ini tidaklah sedikit. Apalagi bila kamu mempunyai banyak anggota keluarga di kampung, maka akan semakin besar biaya untuk membeli buah tangan atau oleh-oleh tersebut. Namun ketika kamu tidak mudik karena ada larangan, maka biaya ini pun bisa dianulir dan disimpan untuk kebutuhan lain.

  1. Uang THR

Selain tradisi membawa oleh-oleh, pada saat lebaran di kampung tiba, muncul juga tradisi bagi-bagi uang THR. Uang THR ini biasanya akan dibagi pada sanak saudara di kampung, termasuk orangtua dan beberapa tetangga dekat. Uang untuk THR ini tentu juga tidaklah sedikit, apalagi bila kamu punya banyak saudara di kampung halaman. Tapi bila kamu memang harus menerima kenyataan tidak bisa mudik maka ambil saja hikmahnya bahwa kamu bisa menghemat uang untuk pengeluaran THR dan fokus mentransfer uang untuk orangtua saja.

  1. Uang untuk Rekreasi

Terakhir, uang atau pos pengeluaran yang bisa kamu hemat ketika tidak bisa mudik karena adanya larangan adalah biaya rekreasi. Ketika lebaran di kampung halaman, kamu tentu tidak hanya tinggal diam di rumah saja. Seringkali memang didapati mereka yang mudik ke kampung halaman ini akan melakukan tamasya atau rekreasi. Tentu biaya untuk rekreasi tersebut juga patut diperhitungkan karena biasa menguras kantong. Namun bila kamu tidak jadi mudik karena memang terbentur dengan peraturan maka biaya rekreasi ini akan bisa dihindari.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top